Apa itu Bash Linux?

 

Selamat malam gan, gimana kabarnya saya berharap semuanya baik-baik saja. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya bisa kembali berbagi kepada agan-agan semua. Kali ini saya akan bahas tentang sesuatu yang sempat booming bagi kalangan pengguna WIndows 10, apa itu? yaitu kehadiran Bash Linux pada Windows 10. Nah pada kesempatan kali ini saya akan bahas tentang Apa itu Bash linux?

 

Bash adalah Unix Shell dan Bahasa  Perintah yang ditulis oleh Brian Fox untuk proyek GNU sebagai pengganti perangkat lunak bebas untuk Bourne Shell (Wikipedia). Shell atau bahasa perintah ini pertama kali dirilis pada tahun 1989 dan telah didistribusikan secara luas karena merupakan shell default pada distribusi Linux dan MacOS. Kemudian pada tahun 2016 shell ini juga disediakan oleh Microsoft pada produknya yaitu Windows 10 Anniversary Update, Meskipun tidak di install secara default.

 

Bash adalah prosessor perintah yang biasanya berjalan di jendela teks, dimana pengguna jenis perintah yang menyebabkan tindakan. Bash juga dapat membaca perintah dari file yang disebut script.Soal penamaan, Bash adalah singkatan dari Bourne Again Shell yang merupakan versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne.

 

Pemrograman bash shell itu sendiri adalah pemrograman kumpulan perintah menggunakan script yang ditulis kedalam bahasa shell, sehingga nantinya dapat dieksekusi oleh sistem operasi. Pada linux sendiri, penggunaan bash ini dijalankan pada terminal. Bukan terminal kereta api ya gan. Tapi terminal adalah sebuah program semacam Command Prompt pada Windows. Seperti diketahui bersama bahwa Pada Windows 10 Anniverasy Update sudah dilengkapi dengan fitur bash ini. Jadi apakah kita bisa menggunakan perintah-perintah yang terdapat pada linux? Ya tentu saja. tapi seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Bash Shell tidak di install secara default jadi harus d aktifkan dulu. Bagaimana caranya? Silahkan baca Cara agar dapat menggunakan bash linux pada Windows 10.

 

Sekian pembahasan tentang Apa sih bash linux, semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Terima Kasih
Baca juga  6 Fitur Terbaru iPhone X Yang Patut Diketahui
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »