Cara membuat Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows partisi hardisk GPT

 

Kemajuan teknologi yang sangat pesat mengakibatkan munculnya inovasi-inovasi baru. Begitu juga dengan perkembangan Firmware komputer. Jika selama ini dikenal Firmware BIOS, yang jika ingin install windows maka harus mengatur boot option pada BIOS. Sekarang sudah tersedia Firware terbaru yang bernama UEFI sebagai generasi penerus dari BIOS yang sudah tergolong teknologi usang.

Apa itu UEFI dan Perbedaannya dengan BIOS?

UEFI adalah singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface yang merupakan sebuah standar terbaru firmware interface untuk PC yang dirancang untuk menggantikan BIOS (Basic Input/Output System). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu UEFI dan Perbedaannya dengan BIOS silahkan baca Perbedaan Legacy BIOS dan UEFI.

Cara membuat Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows

Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan jika ingin membuat USB Bootable UEFI untuk keperluan instalasi Windows, Bisa dengan menggunakan Software Rufus dan bisa juga tanpa menggunakan software apapun. Pada tutorial ini hanya akan dibahas Cara membuat Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows dengan menggunakan Software Rufus. Untuk tutorial Cara membuat Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows tanpa menggunakan software silahkan baca Cara membuat installer Windows tanpa software. Perlu diketahui bahwa jika ingin menginstall Windows pada Firmware UEFI maka Hardisk harus menggunakan Partisi GPT bukannya MBR, untuk mengetahui apa itu GPT dan MBR silahkan baca Perbedaan partisi GPT dan MBR.

Baiklah langsung saja bagaimana cara membuat Bootable UEFI dengan software Rufus:

Langkah 1

Siapkan bahan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu sebuah Flashdisk minimal 4 GB, File ISO Windows yang akan diinstall dan juga software Rufus yang bisa anda download disini.

Baca juga  Cara mengatur kinerja processor untuk menghebat battery laptop
Langkah 2

Hubungkan USB Flashdisk ke Komputer.

Langkah 3

Jalankan Software Rufus.

Langkah 4

Atur Settingannya seperti pada gambar di bawah ini.

 

Pada Poin 1 silahkan pilih USB Flashdisk anda.
Pada poin 2 silahkan ubah skema partisi dan target system menjadi ‘GPT partition scheme fo UEFI’.
Pada Poin 3 silahkan masukkan label/nama flashdisk sesuai keinginan anda.
Pada Poin 4 pilih jenis disk ‘ISO Image’.
Pada Poin 5 Silahkan pilih file ISO Windows anda.
Pada Poin 6 silahkan klik start untuk memulai proses pembuatan bootable.

 

Langkah 5

Tunggu sampai proses loading pembuatan Bootable selesai, setelah itu anda sudah bisa menggunakannya untuk menginstall Windows.

Demikian cara membuat Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan agar yang lain juga kebagian tahu. Sekian dan Terima kasih.
11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป