Cara Menjadikan PC/Laptop Windows 10 sebagai WiFi Hotspot

Selamat siang wahai para pembaca sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menjadikan PC/Laptop dengan Sistem Operasi Windows 10 sebagai WiFi Hotspot. Kalau pada smartphone sudah umum digunakan WiFi Hotspot untuk membagikan jaringan, namun terdapat beberapa keluhan jika menggunakan smartphone salah satunya yaitu baterai smartphone akan terkuras lebih cepat, keluhan lainnya adalah jika menjadikan smartphone sebagai WiFi Hotspot adalah kuota paket data akan terkuras lebih cepat juga. Lain halnya jika menggunakan Laptop maka soal baterai tidak perlu khawatir karena baterai laptop kapasitasnya lebih besar, apalagi jika menggunakan PC yang tersambung langsung ke arus lisrik tanpa menggunakan baterai.
Jika menggunakan PC/Laptop sumber koneksinya tidak hanya kuota paket data seperti pada smartphone, anda juga dapat menggunakan WiFi, Maupun Ethernet (Kabel LAN) ditambah lagi caranya sangat mudah. Menurut saya ini sangat menguntungkan, Apabila lagi nongkrong di suatu tempat yang terdapat kabel LAN silahkan koneksikan ke PC/Laptop lalu bagikan pada yang lain. Atau kalau lagi nongkrong di WiFi corner atau WiFi yang berbayar, anda cukup bayar satu akun lalu bagikan ke yang lain, seperti ke Smartphone anda.
Menguntungkan bukan? Bagi saya ini sangat menguntungkan. Lalu bagaimana caranya? Langsung saja kita bahas lebih lanjut. Pada tutorial kali ini Sistem Operasi yang digunakan adalah Windows 10. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:
Langkah 1

Masuk ke Pengaturan atau Windows Settings pada Windows 10 anda.

 

Langkah 2

Pada menu yang terdapat pada Windows Settings pilih Network & Internet.

 

Langkah 3

Setelah masuk ke bagian Network & Internet, pada bagian tab sebelah kiri pilih Mobile Hotspot lalu pada tab sebelah kanan silahkan geser tombol off ke on, jika terdapat peringatan warna kuning seperti pada gambar, artinya anda PC/Laptop anda belum terkoneksi ke WiFi, Ethernet, atau Modem. Silahkan koneksikan terlebih dahulu.

 

Baca juga  Cara mengkonversi file Audio dan Video ke format lain menggunakan VLC
Langkah 4

Sampai pada step ini, Jaringan anda sudah aktif dan sudah dapat ditemukan pada perangkat lain, tetapi Nama jaringan dan Password jaringannya masih tidak karuan. Untuk mengubah nama dan password jaringan silahkan klik Edit.

Langkah 5

Setelah muncul kotak dialog Edit Network Info, Silahkan Ubah Network name sesuai dengan nama jaringan yang anda inginkan, kemudian ganti juga Network password sesuai dengan password yang anda inginkan, perlu diingat bahwa password jaringan minimal 8 karakter.

 

Langkah 5

Silahkan gunakan jaringan yang anda buat pada perangkat lain, Misalnya pada Smartphone anda.

 

Langkah 6

Pada PC/Laptop anda akan muncul daftar perangkat yang menggunakan jaringan anda. Perlu diingat bahwa maksimal perangkat yang bisa terkoneksi adalah 8 perangkat.

 

Langkah 7

Sekarang anda sudah berhasil membuat WiFi Hotspot menggunakan PC/Laptop.

Bagaimana menurut kalian, sangat mudah dan menguntukan bukan? Konfigurasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit, dan dapat digunakan sepuasnya. Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan selamat bebagi jaringan agar berguna bagi seluruh umat.

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป