Cara membuat daftar isi otomatis pada Ms. Word

Dalam pembuatan sebuah dokumen berupa buku, makalah, skripsi serta dokumen lainnya, salah satu komponen yang sangat penting adalah adanya daftar isi. Adanya daftar isi dapat membantu pembaca mencari informasi yang ingin diketahui dalam sebuah dokumen secara cepat. Tapi bagaimana jika dokumen yang dibuat terdiri dari ribuat halaman dan ratusan poin yang harus dimasukkan ke daftar isi. Hal ini akan sangat merepotkan jika dilakukan secara manual. Apalagi jika dikemudian hari ada perubahan halaman, maka akan lebih repot lagi mengatur halaman pada daftar isi secara manual.
Pada bagian ini akan dibahas bagaimana membuat daftar isi secara otomatis. Keuntungan dari daftar isi otomatis adalah, Tidak perlu mengetik secara manual isi konten daftar isi beserta halamannya, serta jika dikemudian hari terdapat perubahan pada halamannya, tidak perlu repot mencocokkan ulang halaman dan kontennya pada daftar isi melainkan cukup update saja daftar isi otomatis yang sudah dibuat makan halaman dan konten akan disesuaikan secara otomatis. Namun terlebih dahulu harus Menambahkan nomor halaman pada dokumen.
Agar lebih mudah dipahami, terlebih dahulu kita bagi dokumen yang telah dibuat menjadi beberapa level dalam sebuah daftar isi. Misalnya bab utama kita jadikan sebagai level 1, sub bab nya kita jadikan sebagai level 2, dan seterusnya. Seperti yang terlihat pada gambar.

Perbedaan tiap level adalah, semakin tinggi levelnya maka tulisannya akan semakin menjorok ke dalam.

Langkah-langkah membuat daftar isi otomatis:
Langkah 1

Blok pada salah satu kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai level 1. Misalnya Bab utama dokumen anda. Kemudian klik Ribbon Reference pada Ms. Word anda lalu klik pada Dropdown Add Text dan pilih Level 1.

 

Baca juga  Cara Menghapus dan Mengubah Product Key Ms. Office 2016
Langkah 2

Blok pada salah satu kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai level 2. Misalnya sub bab dokumen anda. Kemudian klik Ribbon Reference pada Ms. Word anda lalu klik pada Dropdown Add Text dan pilih Level 2.

 

Langkah 3

Lakukan langkah yang sama untuk level 3 dan seterusnya. -Lakukan langkah 1, 2, atau 3 untuk menambahkan kata atau kalimat lain pada daftar isi, sesuai dengan levelnya.

Langkah 4

Setelah anda menambahkan semua kata atau kalimat yang akan dimasukkan ke daftar isi, maka saatnya menampilkan daftar isi yang kita buat. Silahkan klik pada halaman tempat kita akan menempatan daftar isi yang telah dibuat, Klik pada Ribbon Reference kemudian pilih Table of Contents, Silahkan klik pada format daftar isi yang diinginkan. Maka Semua kata atau kalimat yang telah ditambahkan akan termuat dalam halaman daftar isi beserta halamnnya.

 

Mudah kan, jadi anda tidak perlu lagi ngetik daftar isi secara manual. Apabila kurang faham silahkan sampaikan pertanyaan pada kolom komentar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป