Apakah Defragment Disk perlu dilakukan?

Apakah Defragment Disk perlu dilakukan?

Saat ini fragmentasi mengakibatkan komputer melambat. Sekarang, Sistem Operasi modern berusaha mengatasinya dengan proses defragment disk pada Drive dan menjalankannya secara terjadwal. Jiak anda menggunakan SSD, fragmwntasi disk tidak ada gunanya. Namun pada system yang lebih tua dengan Windows xp, salah satu kebutuhan adalah menjalankan proses defragment secara manual.

Anda mungkin telah mendengar tentang kebutuhan teknologi defragging PC untuk membuatnya lebih cepat. Ini sering direkomendasikan sebagai cara untuk meningkatkan kinerja PC. Tapi, Apakah Anda tahu arti dari defragmentasi disk? Apakah Anda tahu seberapa sering Anda perlu defrag drive penyimpanan Anda?

Nah, seperti namanya, defragmentasi disk terdengar sesuatu seperti menempatkan kembali potongan-potongan ke tempatnya. Dalam hal manajemen PC, berhubungan dengan mengambil semua potongan data yang tersebar di hard drive Anda dan membawa mereka ke tempatnya.

Bagaimana fragmentasi disk terjadi?

Kebanyakan hard drive PC memiliki pola berputar dan mereka menyimpan data di tempat yang berbeda. Saat menulis beberapa data baru, blok diciptakan dengan perintah yang berurutan. Ketika file akan dibagi antara blog berbeda jauh, fragmentasi terjadi. Akibatnya, proses file membaca memakan waktu lebih lama.

Ketika defragmentasi disk berlangsung, blok-blok tersebut dibuat kembali berurutan, membuat pekerjaan membaca file lebih mudah. Dengan demikian, compacts data dan menghapus kesenjangan antara bagian yang berbeda dari file, sehingga mempercepat PC Anda.

Haruskah saya defrag komputer pribadi saya secara manual?

Lewatlah sudah masa ketika defragmentasi disk adalah tugas rutin untuk menjaga PC sehat. Sistem operasi modern seperti Windows 8.1, Windows 10, MacOS, dll melakukan proses ini secara teratur dan otomatis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang itu.

Baca juga  Inilah 5 HP Android Dengan Menggunakan Papan Ketik Qwerty

Defragmentasi disk pada Windows Windows 7, Vista, 8.1, 10

Disk Defragmenter berjalan secara otomatis pada Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, MacOS. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak, Anda dapat mencari “defrag” pada Windows 7, Vista, 8.1 dan 10 sistem dan pastikan bahwa itu berjalan sesuai jadwal. Pada MacOS, proses ini berjalan secara otomatis dan Anda tidak perlu melakukan apa-apa.
Apakah Defragment Disk perlu dilakukan?

Defragmentasi disk pada Windows XP

Hanya jika Anda terjebak dengan Windows XP PC, Anda perlu defragmentasi sistem anda secara manual. Hanya membuka menu Start, Run terbuka, ketik dfrg.msc dan tekan Enter. Ini akan membuka aplikasi Disk Defragmenter yang akan menunjukkan pilihan untuk defragment masing-masing drive. Anda dapat mengaturnya untuk berjalan di jadwal atau menjalankannya secara manual.

Jangan menggunakan defragmentasi disk sambil menggunakan SSD

Jika sistem komputer Anda berbasis SSD, Anda tidak perlu defragmentasi. Mereka tidak menggunakan pola berputar sehingga tidak mengambil waktu ekstra untuk membaca dari berbagai belahan drive. sistem operasi modern menjalankan optimasi SSD sendiri.

Sekian dan semoga bermanfaat.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »