Fitur baru Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 Creators Update

Fitur baru Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 Creators Update

Bagi anda yang mengikuti perkembangan Windows, khususnya Windows 10 tentu sudah tidak asing lagi dengan berita hadirnya linux pada Windows 10. Lebih tepatnya bash linux sudah dapat digunakan pada Windows 10. Namun fitur ini tidak langsung aktif setelah anda install Windows 10, anda harus mengaktifkan fitur bash linux (Windows Subsystem for Linux) terlebih dahulu.

Pertama kali hadirnya fitur bash linux ini ditanamkan pada Windows 10 Annyversary Update. Bash linux pada Windows 10 ini masih menggunakna bash milik ubuntu 14.04 dengan fitur yang masih alakadarnya saja. Namun sepertinya microsoft benar-benar serius untuk menanamkan linux pada Windows. Seiring dengan pembuatan Windows 10 Creators Update mereka juga menambahkan banyak fitur baru pada bash linux (Windows Subsystem for Linux).

Apa saja fitur baru bash linux (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 Creators Update

Menggunakan Ubuntu 16.04

Berbeda dengan bash linux pada Windows 10 Annyversary Update yang hanya menggunakan Ubuntu 14.04 dengan fitur alakadarnya. Windows 10 Creators Update menggunakan bash linux (Windows Subsystem for Linux) milik Ubuntu 16.04. Artinya anda dapat menggunakan perintah-perintah Ubuntu 16.04 tanpa harus install Ubuntu 16.04. Untuk mengetahui versinya silahkan jalankan command ‘lsb_release -a’. Namun diingatkan sekali lagi, anda harus mengaktifkan fitur bash linux (Windows Subsystem for Linux) terlebih dahulu.

Lebih Banyak Kompabilitas

Selain peningkatan versinya, pada Windows 10 Creators Update, Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) memeiliki kompabilitas yang lebih luas, antara lain:

  • Core tools: apt, sed, grep, awk, top, tmux, ssh, scp, etc.
  • Shells: Bash, zsh, fish, etc.
  • Dev tools: vim, emacs, nano, git, gdb, etc.
  • Languages & platforms: Node.js & npm, Ruby & Gems, Java & Maven, Python & Pip, C/C++, C# & .NET Core & Nuget, Go, Rust, Haskell, Elixir/Erlang, etc.
  • Systems & Services: sshd, Apache, lighttpd, nginx, MySQL, PostgreSQL
  • dan masih banyak lagi
Baca juga  Microsoft memperkenalkan Windows 10 Fall Creators Update

Support Ifconfig dan network Connection

Fitur baru Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 Creators Update

Pada Windows 10 Creators anda juga dapat menggunakna ‘ifconfig’ untuk melihat konfigurasi network adapter yang tersedia.

Support Ping dan ICMP Network

Fitur baru Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 Creators Update

Jika anda pernah mencoba melakukan ping menggunakan bash linux (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 Annyversary Update, maka anda tidak akan bisa melakukannya karena memang belum tersedia. Namun pada Windows 10 Creators Update anda sudah dapat melakukan ping.

Integrasi Windows dan Linux yang lebih erat

Pada Windows 10 Creators Update anda dapat menjalankan Aplikasi Windows dari bash linux (Windows Subsystem for Linux) dan begitu juga sebaliknya anda dapat menjalankan aplikasi Linux dari Windows.

Selain fitur-fitur tersebut, masih banyak fitur baru lainnya pada Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) yang terdapat pada Windows 10 Creators Update, antara lain:

  • Support Notifikasi Perubahan File (INOTIFY)
  • Peningkatan TCP socket & IPv6
  • Peningkatan Windows Console & Command-Line
  • Peningkatan VT Sequence
  • Dukungan warna 24-bit
  • Dukungan terhadap mouse
  • Dukungan Symlinks di Windows untuk non-administrator
  • Serta peningkatan lain pada fitur Bash Linux (Windows Sysbsytem for Linux)

Meskipun dengan kehadiran fitur-fitur baru tersebut, Microsoft menegaskan bahwa pengembangan Linux pada Windows 10 masih jauh dari kata tuntas. Pada mayor update berikutnya mereka akan meningkatkan fitur dan kemampuan dari Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) ini.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป