Waspada, gambar bisa digunakan untuk hack smartphone/pc anda

Waspada, gambar bisa digunakan untuk hack smartphone/pc anda
Kabar mengejutkan bahwa Salah satu aplikasi sosial media yaitu Whatsapp baru-baru ini telah memperbaiki bug yang memungkinkan akun anda diretas (hack) hanya dengan mengklik gambar, kok bisa?
Bug berbahaya itu berjalan pada proses latar belakang aplikasi berjalan pada smartphone/pc anda dalam fitur gambar dan file multimedia lainnya tanpa diketahui oleh pengguna. Metode yang digunakan adalah gambar atau file multimedia lainnya telah disisipkan virus.
Cara yang digunakan oleh hacker cukup dengan mengirimkan anda gambar yang telah disisipkan virus tadi, kemudian jika anda membuka gambar tersebut maka sang hacker sudah memiliki akses terhadap smartphone/pc anda. Tentu saja anda tidak akan mengetahuinya karena prosesnya berjalan pada latar belakang aplikasi. Sehingga anda akan menganggap bahwa tidak terjadi apa-apa padahal smartphone/pc anda telah disusupi.
Metode ini disebut dengan istilah exploit, yaitu hacker menyisipkan virus kedalam suatu file baik berupa gambar, document, dll kemudian mengirimkannya kepada target. Jika si target sudah membuka file tersebut sekali saja maka sang hacker sudah dapat mengakses perangkat yang digunakan si target untuk membuka file tersebut.

Bagaimana cara mengatasinya?

Sangat disarankan agar selalu berhati-hati dalam menggunakan smartphone/pc anda. Jika ada file, gambar, video atau file lain yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal, maka jangan pernah membuka atau bahkan menyimpannya karena bisa saja ada orang yang berniat jahat untuk mengakses perangkat anda. Motifnya bisa bermacam-macam seperti untuk mengetahui privacy anda, melakukan pembajakan terhadap akun sosial media anda, atau hanya sekedar iseng-iseng belaka.
Jadi, Waspadalah!!!
Baca juga  Tutorial Cara Membuat CCTV Dengan Smartphone Android

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป