Apa itu Ransomware?

Apa itu Ransomware?

Baru-baru ini dunia digital dibuat heboh dengan adanya pemberitaan terkait Ransomware. Berdasarkan kabar terbaru bahwa Ransomware ini sudah digunakan untuk menyerang dua Rumah Sakit yang ada di Jakarta. lebih lanjut Keminfo kemudian membuat himbauan agar masyarakat selalu berhati-hati dalam berinteraksi dalam dunia digital. Lalu muncul pertanyaan, sebenarnya apa itu Ransomware?

Apa itu Malware Ransomware?

Ransomware alias Rogueware atau Scareware merupakan sebuah malware yang membatasi akses ke sistem komputer anda dan menuntut anda agar memberikan uang tebusan agar pembatasan dihapus. Ransomware ini akan melakukan enskripsi pada file yang terdapat di Komputer anda sehingga anda tidak akan dapat menggunakan file tersebut.

Dari mana asal Ransomware

Ransomware dibuat oleh scammers yang sangat berpengetahuan luas dalam pemrograman komputer. Ransomware bisa masuk ke komputer anda melalui attachment email atau melalui browser anda jika kebetulan anda sedang mengunjungi situs yang terinfeksi dengan malware tersebut. Malware ini juga dapat mengakses komputer anda melalui jaringan komputer yang anda gunakan.

Apa yang dilakukan Ransomware

Ada berbagai jenis malware Ransomware, Namun pada dasarnya semuanya akan mencegah anda menggunakan PC anda secara normal, kemudian pelaku akan meminta anda melakukan sesuatu sebelum anda dapat menggunakan PC anda.

Apa itu Ransomware?

 

Mereka dapat menargetkan pengguna PC mana saja, entah itu komputer di rumah, jaringan perusahaan, maupun server yang digunakan oleh sebuah organisasi atau pemerintah. Secara rinci Ransomware dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Mencegah anda mengakses Windows
  • Enskripsi file sehingga anda tidak dapat menggunakannya
  • Menghentikan aplikasi tertentu agar tidak dapat berjalan (seperti browser)
Baca juga  File Explorer baru yang tersembunyi di Windows 10 Creators Update

Jika PC anda sudah diserang dengan Malware Ransomware, amaka selanjutnya pelaku akan menuntu anda agar membayar uang tebusan untuk mendapatkan akses ke PC atau file anda. Tetapi, tidak ada jaminan bahwa jika anda sudah membayar uang tebusan maka anda akan mendapatkan akses ke PC atau file anda lagi.

Bagaimana mengenali Ransomware?

Jika anda penasaran bagaimana cara mengenali Ransomware, maka sangat mudah. Sudah jelas bahwa saat perangkat anda terinfeksi dengan malware Ransomware ini, maka anda tidak akan dapat mengakses file pada PC anda atau bahkan anda tidak akan dapat mengakses sistem pada PC anda secara keseluruhan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu Ransomware?. Tetap berhati-hati dan jaga keamanan PC/Laptop anda.
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป