Apa itu Windows 10 S? serta kelebihan dan kekurangannya

Apa itu Windows 10 S? serta kelebihan dan kekurangannya

Microsoft telah memperkenalkan versi baru Windows 10 yang bernama Windows 10 S pada awal Mei 2017 tepatnya pada 2 Mei 2017. Muncul banyak pertanyaan, apa itu Windows 10 S apa kelebihan dan kekurangannya serta apa yang membedakan Windows 10 S dengan versi Windows 10 yang lain.

Apa itu Windows 10 S?

Windows 10 S merupakan versi baru Windows 10 yang merupakan versi Windows 10 yang paling ringan dan ditujukan untuk para pelajar. Windows 10 S merupakan versi Windows yang diperuntukkan khusus bagi pelajar sebaimana inisial ‘S’ yang merupakan singkatan sari ‘School’. Windows 10 S mampu menghadirkan perangkat Windows yang lebih simple, murah, namun tetap fungsional. Windows 10 S akan menjadi varsi Windows 10 yang dapat deperoleh dengan harga murah, hal ini bertujuan untuk mengganggu peredaran Google Chromebook yang sering kali menjadi pilihan para pelajar karena harganya yang murah.

Kelebihan Windows 10 S

Windows 10 S merupakan versi Windows yang hadir dengan harga murah dan diperuntukkan bagi pelajar. Namun tentu saja meskipun harganya murah namun tetap fungsional karena dibekali kelebihan yang tidak dimiliki versi Windows 10 yang lain. Windows 10 S disebut-sebut sebagai versi Windows 10 yang paling ringan, hal ini bertujuan untuk membantu mempercepat pekerjaan para pelajar yang menjadi target pasar Windows 10 S. Kelebihan lainnya adalah waktu login yang begitu cepat pada Windows 10 S. Jika dibandingkan dengan versi Windows 10 yang lain, waktu login Windows 10 S lebih cepat 15 detik, hal ini dikarenakan semua aplikasi Windows 10 S merupakan aplikasi UWP yang sudah disesuaikan untuk Windows 10. Hal menarik lainnya adalah, Windows 10 S dapat diupgrade ke Windows 10 Pro kapan saja, namun tentu saja dengan sedikit tambahan biaya.

Baca juga  Rilis versi terakhir, Pengembangan Media Player Clasic dihentikan

Kekurangan Windows 10 S

Windows 10 S hadir sebagai versi Windows 10 yang paling ringan dengan waktu login lebih cepat 15 detik dibandingkan dengan versi Windows 10 yang lain. Hal yang membuatnya sangat ringan adalah karena aplikasi yang digunakan pada Windows 10 S adalah aplikasi UWP yang sudah disesuaikan dengan Windows 10. Aplikasi UWP merupakan aplikasi yang hanya bisa di download dari Windows Store. Windows 10 S hanya bisa menggunakan aplikasi yang diinstall dari Windows Store, artinya Windows 10 S tidak dapat dipasangi aplikasi Win32 atau aplikasi berbasis Dekstop. Jadi jika anda mencari dan download aplikasi dekstop, maka anda tidak akan dapat menginstallnya pada Windows 10 S. Solusinya anda bisa mencari aplikasi serupa pada Windows Store kemudian menginstallnya melalui Windows Store. Namun jika aplikasi yang anda butuhkan memang tidak tersedia di Windows Store, maka anda dapat upgrade Windows 10 S ke Windows 10 Pro kemudian menginstall aplikasi dekstop yang anda butuhkan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Windows 10 S serta kelebihan dan kekurangannya, jika anda tertarik silahkan ikuti terus perkembangan Windows 10 S.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป