Apakah mengosongkan ruang penyimpanan dapat mempercepat PC/Laptop?

Apakah mengosongkan ruang penyimpanan dapat mempercepat PC/Laptop?

Jika anda sering mencari informasi cara mempercepat kinerja PC/laptop maka anda akan menemukan salah satu tips yaitu mempercepat PC/Laptop dengan mengosongkan ruang penyimpanan. Dalam tips tersebut dinyatakan bahwa semakin banyak ruang kosong pada Komputer maka Komputer akan semakin cepat. Namun apakah hal tersebut benar ataukah hanya sekedar sebuah mitos?.

Muncul banyak pertanyaan apa yang membuat kinerja PC/Laptop semakin lambat, apakah memang karena faktor ruang penyimpanan, atau hanya karena kesalahan konfigurasi pada system. Meskipun kondisi PC/Laptop yang semakin melambat tidak akan terasa pada awalnya, namun seiring dengan penggunaannya yang mengharuskan anda mengisi ruang penyimpanan sehingga ruang kosong yang tersedia semakin sedikit. Hanya masalah waktu sebelum anda merasakan system yang lambat dan anda akan mulai berfikir untuk mengosongkan ruang penyimpanan agar PC/Laptop dapat kembali bekerja dengan cepat. Namun, sebenarnya ada kesalahpahaman bahwa mengosongkan ruang penyimpanan akan mempercepat PC/Laptop anda. Berikut penjelasannya.

Mengosongkan ruang penyimpanan tidak mempercepat PC/Laptop, namun mengurangi kemungkinan fragmentasi file

Para pengguna PC/Laptop yang masih pemula sering menerima bantuan atau saran untuk mengosongkan ruang penyimpanan yang bertujuan untuk kemajuan revitalisasi sistem yang digunakan. Secara sederhana, dengan menghapus program dan file yang tidak dibutuhkan atau tidak digunakan dan PC/Laptop anda akan bekerja seperti waktu anda pertama kali menggunakannnya. Namun tentu saja hal tersebut keliru.

Kebenaran yang jarang diketahui adalah, bahwa mengosongkan ruang penyimpanan tidak benar-benar mempercepat kinerja PC/Laptop. Sebagai gantinya memberi ruang kosong pada penyimpanan dengan menghapus program atau file yang tidak dibtuhkan akan mengurangi kemungkinan fragmentasi file. Fragmentasi file merupakan alasan nomor satu mengapa penyimpanan atau hard drive mulai berjalan lambat setelah digunakan beberapa bulan. Jadi sebenarnya yang menjadi masalah adalah fragmentasi file, jika fragmentasi file tidak deperiksa secara teratur, maka akan memperlambat PC/Laptop anda tanpa anda sadari.

Baca juga  Cara Upgrade Windows 7 Ke Windows 8

Apa itu Fragmentasi File?

Fragmentasi file jika didefinisikan secara sederhana merupakan kondisi ketika file tersebar pada seluruh penyimpanan atau hard drive dan hadir dalam satu lokasi yang kontinu. Fragmentasi terjadi ketika anda menghapus file dari hard drive anda, dan akan ada celah kecil pada hard drive yang menjadi ruang bebas untuk membuat data baru.

Kemudian, jika anda menulis data yang lebih baru dan jika data itu kebetulan ditulis pada bagian drive yang terfragmentasi, file tersebut akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diakses pada saat anda mencoba membukanya. Misalnya, jika anda baru saja mendownload film baru dan ingin menontonnya tapi butuh waktu lebih lama sampai media player memainkan film tersebut.

Hasil dari fragmentasi adalah file lain pada bagian defragment drive akan tetap berfungsi sepertia biasa, namun file yang lebih baru akan mengalami penurunan kinerja karena tidak ada lagi blok ruang kosong yang tersisa. Jika anda terus-menerus menghapus file untuk menambah ruang kosong pada pada penyimpanan dan kemudian menambahkan data baru, anda hanya akan menambahkan kesenjangan blok kecil yang akan terus berkontribusi terhadap fragmentasi.

Cara mencegah Fragmentasi

Terdapat banyak cara meningkatkan kecepatan PC/laptop dan tidak satupun yang terkait erat dengan mengosongkan ruang penyimpanan. Cara paling mudah adalah dengan mengupgrade penyimpanan yang ada ke Solid State Drive (SSD) berbasis sata. SSD akan membuat PC anda bekerja lebih kencang jika dibandingkan menggunakan drive biasa. Namun, SSD masih memerlukan biaya lebih dari drive biasa dan jika anggaran anda tidak mencukupi untuk melakukan upgrade drive ke SSD, maka hal-hal seperti caching, hardware-level buffering, dan penyesuaian nilai pada registeri dapat menjadi solusi alternatif.

Baca juga  3 Smartphone Canggih Masa Depan Yang Akan Mengubah Segalanya!

Sebagai langkah awal, jangan menjalankan banyak program pada latar belakang terutama jika program tersebut tidak dibutuhkan atau tidak digunakan. Program tersebut seperti antivirus, dan perangkat lunak yang terpasang pada startup login. Hal lain yang dapat anda lakukan adalah defragment drive yang digunakan setiap bulan, namun jika anda melakukannya terlalu sering maka akan mengakibatkan kerugian bukan malah keuntungan karena akan mengurangi umur drive anda.

Jadi kesimpulan dari pertanyaan apakah mengosongkan ruang penyimpanan dapat mempercepat PC/Laptop adalah bahwa mengosonhkan ruang penyimpanan bukanlah alasan untuk mempercepat PC melainkan penyebab kecepatan PC berkurang adalah karena penyimpanan kurang terfragmentasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป