Cara melindungi halaman File PDF dari Copy Paste

Cara melindungi halaman File PDF dari Copy Paste

Jika anda seorang yang sering membuat karya ilmiah atau makalah lalu kemudian dipublikasikan dalam format PDF. Akan sangat menjengkelkan jika anda sudah capek-capek membuat makalah ataupun karya ilmiah kemudian setelah dipublish, ide atau tulisan yang telah anda tuangkan dalam halaman PDF dicopy seenaknya oleh orang lain tanpa meminta izin terlebih dahulu.

 

Saat ini sudah tersedia banyak program untuk mengunci file PDF, jika anda menggunakan program enkripsi file tersebut maka file PDF anda tidak akan dapat dicopy. Namun terdapat celah dari program tersebut yang mengakibatkan munculnya program dekripsi file PDF yang sebelumnya telah dienkripsi. Jika orang lain menggunakan program dekripsi tersebut, maka file PDF yang sebelumnya anda enkripsi dapat dienkripsi kemudian file PDF anda dapat dicopy seenaknya. Hal ini tentu saja akan membuat anda jengkel atau bahkan sampai dirugikan.

 

Jika anda merasakan hal tersebut, maka anda dapat mengantisipasi masalah tersebut dengan melakukan cara lain untuk melindungi file PDF anda dari copy paste tanpa izin. Cara ini berbeda dengan melakukan enkripsi pada file PDF anda. Anda dapat mengunci halaman tertentu atau semua halaman yang ingin anda ingin enkripsi. Setelah anda mengunci halaman tertentu atau semua halaman PDF yang anda buat, maka orang lain tidak akan dapat mengcopy halaman PDF yang telah anda kunci tersebut.

Melindungi File PDF dari Copy Paste

Untuk mengunci halaman tertentu pada File PDF yang telah anda buat, maka anda dapat menggunakan program PDF Anti-Copy. Program ini dapat mengunci halaman tertentu pada File PDF yang telah anda buat, agar halaman tertentu tersebut isinya tidak dapat dicopy oleh orang lain. Selain mengunci halaman tertentu anda juga dapat mengunci semua halaman pada File PDF anda.

 

Program PDF Anti-Copy tersedia dalam dua versi, yaitu dalam berntuk installer dan dalam bentuk Protable. Untuk mengunci halaman tertentu pada halaman PDF, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
Langkah 1

Anda harus memiliki program PDF Anti-Copy yang dapat anda download disini. Anda dapat memilih untuk download yang versi Installer atau versi Portable.

Baca juga  Cara download File ISO Windows 7,8, dan 10 langsung dari server Microsoft
Langkah 2

Jalankan program PDF Anti-Copy.

Langkah 3

Untuk memilih file PDF yang halamannya ingin anda kunci, silahkan klik pada icon Folder kemudian browse file PDF anda.

Cara melindungi halaman File PDF dari Copy Paste 2

 

Langkah 4

Anda dapat memilih halaman mana saja yang ingin anda kunci dengan memberi ceklis pada kolom Anti-Copy yang sejajar dengan baris pada kolom Page Number.

Langkah 5

Jika anda ingin menandai semua halaman anda kunci, maka silahkan klik pada icon Ceklis, untuk membatalkan semua pilihan halaman anda silahkan klik pada icon Undo.

Langkah 6

Untuk memilih tempat anda menyimpan file PDF yang telah dikunci halamannya, silahkan tulis direktori anda pada isian Save the PDF to: atau anda juga dapat memilih direktori dengan klik Browse.

Langkah 7

Setelah anda memilih halaman yang ingin dikunci dan letak direktori tempat anda akan menyimpan file PDF yang telah dikunci halamnnya. Silahkan klik Start Now! untuk memulai proses penguncian halaman.

Cara melindungi halaman File PDF dari Copy Paste 3

 

Langkah 8

Tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah selesai maka akan muncul sebuah file PDF baru.

Setelah anda mengunci halaman tertentu pada File PDF dengan cara diatas, maka akan muncul sebuah file PDF baru. File PDF baru yang muncul tersebut merupakan file PDF yang halamannya telah dikunci. Halaman yang terkunci tergantung pada halaman mana saja yang anda pilih pada proses diatas. Jika anda ingin mempublikasikan karya ilmiah atau tulisan anda dalam format PDF, silahkan publikasikan file PDF baru yang halamannya telah dikunci tersebut. Dengan begini orang lain tidak dapat lagi melakukan copy paste pada isi atau tulisan dari makalah anda.

 

Itulah cara mengunci halaman tertentu pada File PDF. Cara ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang tidak ingin isi karya ilmiah atau tulisannya dicopy paste oleh orang lain tanpa seizin anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป