Daftar perintah CMD yang wajib diketahui

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui

Jika anda merupakan pengguna setia Windows, maka anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah tool bawaan Windows yaitu Command Prompt. Command Prompt juga lebih dikenal dengan singkatannya yaitu CMD. Pada CMD anda bisa menjalankan perintah tertentu dengan mengetikkan kode atau perintah pada jendela CMD. Namun yang sering menjadi kendala bagi pengguna Windows adalah ketika tidak mengetahui perintah apa yang harus diketikkan pada jendela CMD.

 

Contoh sederhana misalnya anda hendak mematikan program yang berjalan secara paksa dikarenakan program tersebut membuat PC/Laptop anda melambat atau program tersebut Not Responding, sebenarnya bisa anda lakukan melalui task manager, tetapi mengakses task manager akan sedikit lebih lama dan akan lebih cepat jika anda menggunakan Command Prompt atau CMD. Tapi yang jadi masalah adalah ketika anda tidak mengetahui perintah apa yang harus diketikkan ketika hendak mematikan program yang sedang berjalan secara paksa.

 

Untuk itulah anda perlu mengetahui perintah-perintah dasar pada Command Prompt yang wajib atau harus anda ketahui. Perintah-perintah tersebut tentu saja akan membantu dan memudahkan anda dalam bekerja menggunakan PC/Laptop kesayangan anda.

Perintah CMD yang wajib diketahui

 

Demi menunjang dan membatu mempercepat pekerjaan anda dalam menggunakan PC/laptop kesayangan anda, maka anda sebaiknya mengetahui perintah dasar Command Prompt berikut ini:

1. ipconfig

ipconfig merupakan sebuah perintah pada yang dapat anda tuliskan pada jendela CMD untuk mengetahui alamat IP, subnet mask, default gateway, dan lainnya. Alat ini akan sangat berguna dalam mengatasi masalah TCP/IP.

  • Untuk melihat ip, alamat subnet mask: ipconfig
  • Untuk melihat semua informasi TCP/IP:ipconfig/all
  • Untuk melihat cache DNS lokal: ipconfig/displaydns
  • Untuk menghapus isi DNS lokal: ipconfig/flushdns
Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 2

2. systeminfo

Perintah systeminfo pada CMD merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk menampilkan informasi konfigurasi system operasi lokal maupun remote system. Perintah ini akan menampilkan Host name local maupun remote, jenis dan versi sistem operasi, product key, versi BIOS, jenis dan model PC/laptop, info processor, dan masih banyak lagi informasi lainnya.

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 3

3. tasklist dan tskill

tasklist merupakan sebuah perintah untuk menampilkan semua program yang berjalan pada sistem operasi anda. Jika anda biasanya melihat program yang berjalan melalui Task Manager, maka anda juga dapat melihatnya melalui Commanda Prompt dengan mengetik perintah tasklist. Sementara tskill dapat anda gunakan untuk mengehntikan atau mematikan secara paksa program yang sedang berjalan. Hal ini akan sangat bermanfaat jika anda hendak menghentikan program yang membuah PC/Laptop anda lag atau program tersebut not responding. Untuk mematikan program secara paksa dapat anda lakukan dengan melihat nama program setelah anda mengetikkan perintah tasklist kemudian silahkan ketikkan taskkill namaprogram.exe. Misal anda hendak mamatikan program Chrome.exe, maka pada jendela CMD silahkan ketikkan tskill chrome.exe

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 4

4. type

Perintah type pada Command Prompt dapat anda gunakan untuk membaca dokumen teks pada jendela Command Prompt. Anda dapat membaca banyak dokumen teks secara terus menerus pada jendela CMD. Untuk melakukannya cukup dengan mengetik type filename.txt pada jendela CMD.

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 5

5. netstat

Perintah netstat ini berfungsi untuk mengetaui siapa saja yang membuat koneksi ke komputer anda. Outputnya akan meneydiakan informasi berharga dari semua koneksi dan port listenign, termasuk executable yang digunakan dalam koneksi. Selain informasi tersebut, anda juga dapat mengetahui statistik Ethernet.

  • Menampilkan semua informasi koneksi: netstat -a
  • Menampilkan macam koneksi dalam bentuk numerik: netstat -n
  • Menampilkan nama executable: netstat -b
Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 6

6. net

Perintah net pada Command Prompt sangat bermanfaat bagi anda yang sering bermain dengan jaringan. Perintah ini dapat digunakan untuk mengunpdate, memperbaiki atau melihat jaringan atau melakukan setting jaringan. Untuk melengkapi perintah net, terdapat beberapa perintah tambahan yang dituliskan setelah perintah net, diantaranya, ACCOUNTS, COMPUTER, CONFIG, CONTINUE, FILE, GROUP, HELP HELPMSG, LOCALGROUP PAUSE, SESSION, SHARE, START, STATISTICS, STOP, TIME, USE, USER, VIEW.

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 7

7. nslookup

Dalam menjelajahi internet, DNS (Domain Name Service) adalah kunci yang memungkinkan anda menggunakan nama atau alamat website yang mudah diingat tanpa harus mengingat alamat IP dari sebuah website. Namun, jika terjadi masalah, nslookup bisa digunakan sebagai alat emecahan masalah untuk melakukan pengujian dan troubleshooting server DNS. Untuk mengetahui semua perintah CMD terkait dengan nslookup, silahkan ketik nslookup help pada jendela CMD.

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 8

8. ping dan tracert

Perintah ping dapat anda gunakan untuk menguji apakah host tertentu dapat dijangkau di jaringan IP, jadi perintah ping dapat anda gunakan untuk mengecek kestabilan koneksi suatu jaringan. Dengan perintah ping anda juga dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengakses suatu jaringan atau website. Untuk menggunakan perintah ping pada Command Prompt, silahkan ketik ping url/ip. Misalnya anda hendak melakukan ping ke wesite google, maka silahkan ketikkan ping www.google.com. Sedangkan tracert berguna untuk menentukan rute yang diambil oleh paket di jaringan IP. Untuk menggunakan tracert silahkan ketik tracert url/ip.

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 9

9. gpresult

Perintah gpresult pada CMD digunakan untuk melakukan verifikasi semua pengaturan kebijakan yang berlaku untuk pengguna atau komputer tertentu.

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 10

10. netsh

Perintah netsh dapat anda gunakan untuk memantau dan melakukan konfigurasi Windows anda. Perintah netsh dapat dilakukan untuk Konfigurasi antarmuka, Konfigurasi protokol routing, Konfigurasikan filter, Konfigurasikan rute, Konfigurasikan perilaku akses jarak jauh untuk router akses jarak jauh berbasis Windows yang menjalankan Layanan Routing and Remote Access Server (RRAS), Tampilkan konfigurasi router yang sedang berjalan di komputer manapun. Contoh sederhana yang menggunakan perintah netsh adalah memetikan firewall Windows dengan dengetikkan netsh firewall set opmode disable pada jendela CMD.

Daftar perintah CMD yang wajib diketahui 11
Itulah daftar perintah Command Prompt yang wajib anda ketahui sebagai pengguna setia Sistem Operasi Windows. Perintah-perintah tersebut akan mempermudah anda dalam melakukan pekerjaan anda.
Baca juga  4 Tips Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป