Perbedaan antara Google Maps dan Google Earth

Perbedaan antara Google Maps dan Google Earth
Pada saat pertama kali mengenal aplikasi peta berbasis Web yang sekarang disebut dengan Google Maps, anda mungkin berfikir bahwa keberadaan Google Earth sebenarnya tidak pernah ada, atau anda berfikir bahwa Google Maps sama saja dengan Google Earth. Pemikiran tersebut bisa saja dibenarkan dikarenakan Google Maps dan Google Earth mempunyai fungsi yang serupa yaitu untuk memudahkan anda menjelajahi dunia. Hal lain yang bisa saja membuat anda berfikir bahwa Google Maps dan Google Earth sama saja adalah karena pada Google Maps juga terdapat tampilan citra satelite yang terdapat pada Google Earth.

 

Meskipun Google Maps dan Google Earth mirip jika dipandang dari segi visual, namun tetap saja terdapat perbedaan yang membedakan kedua aplikasi yang berada dibawah naungan Google tersebut. Namun yang tidak kalah penting adalah bagaimana sejarah perkembangan kedua aplikasi tersebut yang dapat anda baca disini.

Google Maps vs Google Earth

Meskipun jika dipandang secara visual Google Maps dan Google Earth mirip, namun dari segi fungsi dan peruntukan aplikasi tersebut tentu saja berbeda.

Google Maps untuk navigasi lokal

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur Google Maps yang cukup terkenal seperti navigasi belokan demi belokan pada jalan, informasi lalu lintas real-time, jadwal sistem transit, dll. Terdapat juga fitur yang dapat menunjukkan kepada anda restoran terdekat dari lokasi anda berada, tempat wisata, pom bensin, atm, dll.

Jika diperhatikan secara seksama, fitur-fitur tersebut dapat digunakan sebagai alat navigasi lokal yang dapat menjadi alat bantu jika melakukan perjalanan. Bahkan pada update Google Maps yang terbaru memungkinkan anda terus membagikan lokasi anda menggunakan Smartphone yang memungkinkan anda memberitahukan lokasi anda kepada teman anda. Google maps juga dapat memberikan informasi secara rinci tentang apa saja yang dilakukan seharian dan tempat mana saja yang sudah dikunjungi.

Google Earth dibuat untuk penjelajah

Berbeda dengan Google Maps yang lebih fokus kepada navigasi lokal, Google Earth ditujukan untuk digunakan oleh para penjelajah untuk melihat tempat-tempat menarik yang dapat menjadi tujuan untuk dijelajahi. Pada dasarnya Google Earth merupakan sekumpulan Google Maps yang lebih mementingkan pengalaman pengguna dibandingkan utilitas. Bahkan pada update Google Earth yang terbaru telah ditambahkan semacam kartu pengetahuan yang berfungsi untuk menampilkan informasi lengkap dari suatu tempat.

 

Fitur yang tidak kalah menarik adalah sebuah fitur yang disebut dengan Vogayer. Vogayer adalah sebuah fitur yang akan menampilkan tempat-tempat yang dipilih menjadi sebuah tur virtual dalam bentuk cerita berbasis Maps. Bagian menariknya adalah vogayer menggambungkan gambar landscape berkualitas tinggi dari tempat-tempat acak.

 

Google Earth dapat melacak lokasi anda menggunakan chip GPS ponsel atau alamat IP yang digunakan saat anda browsing. Namun tidak seperti Google Maps yang menyimpan data tempat mana saja yang sudah anda kunjungi.

Mengapa terdapat Google Maps di Google Earth?

Jika anda amati pada Google Earth sebenarnya terdapat tampilan visual Google Maps. Inti dari Goole Earth adalah mengunjungi tempat yang berbeda secara virtual dalam banyak hal tanpa mengalami gangguan, untuk itulah dibutuhkan navigasi dari Google Maps. Meskipun Google Earth hampir mirip dengan Google Maps, namun Google Earth memiliki tujuan tersendiri, selain itu Google Earth telah membuat perubahan signifikan yang terdapat pada fitur Vogayer.

Itulah perbedaan anatara Google Maps dan Google Earth, silahkan anda gunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Baca juga  Cara Memperbaiki Smartphone Android Yang Mati Total

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป