BootLoop pada Android, penyebab dan cara mengatasinya

BootLoop pada Android, penyebab dan cara mengatasinya 1

Ada kalanya kejadian aneh menimpa para pengguna Android, salah satunya adalah ketika menyalakan Smartphone Android tiba-tiba saja tidak bisa booting atau hanya mentok di logo. Kejadian seperti ini memang sangat menjengkelkan sekaligus sangat mengkhawatirkan. Tapi apa sebenarnya yang terjadi pada kasus seperti itu?

 

Keadaan dimana ketika Smartphone Android dan tidak bisa masuk ke system atau tidak bisa booting, Restart berulang-ulang, atau layar hanya mentok di logo Smartphone. Padahal anda merasa tidak menekan tombol apa-apa. Jika Smartphone Android anda tertimpa hal seperti ini, maka Android kesayangan anda sedang ditimpa salah satu penyakit Android yang dikenal dengan BootLoop.

Apa itu BootLoop?

Jika ditinjau dari kata dari istilah tersebut, maka akan ditemukan dua suku kata yaitu Boot dan Loop. Boot adalah suatu proses yang terjadi saat perangkat baru saja dinyalakan sebelum masuk ke sistem, sedangan Loop dapat diartikan sebagai pengulangan atau berulang. Jadi BootLoop merupakan suatu kondisi dimana proses Booting berlangsung secara terus menerus atau berulang-ulang. Dalam kasus seperti ini biasanya Sistem tidak akan bisa di akses, Tampilan layar hanya mentok pada animasi booting, dan terkadang perangkat restart berulang-ulang secara terus menerus.

Apa penyebab BootLoop

Mengingat BootLoop merupakan kondisi dimana sistem tidak dapat diakses, maka penyebab utama pasti dari sistem. Khusus pada Android, ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan BootLoop, diantaranya:
  • Terjadi kesalahan pada proses instalasi aplikasi.
  • Terjadi kegagalan saat melakukan Root.
  • Mengubah isi script pada sistem sehingga mengakibatkan crash.
  • Kesalahan dalam memasang font pihak ketiga.
  • Menghapus file sistem baik disengaja maupun tidak disengaja.
Baca juga  HP Android Layar Quad HD Terbaru

Itulah beberapa penyebab terjadinya BootLoop pada perangkat Android, namun tidak bisa dipungkiri bahwa BootLoop juga dapat diakibatkan oleh hal lain seperti akibat suhu Smartphone yang terlalu panas, sering melepas baterai saat masih digunakan, dan lain sebagainya.

Bagaimana mengatasi BootLoop pada Android?

Jika Smartphone Android anda terkena BootLoop maka anda tidak perlu langsung panik dan buru-buru membawanya ke tempat service. Masih ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menyelamatkan Android anda yang sedang BootLoop. Tindakan yang dapat anda lakukan diantaranya:
  • Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menyelamatkan Android anda yang BootLoop adalah dengan melepas baterai. Setelah melepas baterai silahkan tunggu hingga 24 jam kemudian pasang lagi lalu nyalakan Smartphone Android anda.
  • Jika cara pertama tidak berhasil, anda dapat mencoba melakukan factory reset. Factory reset merupakan sebuah langkah untuk kembali ke pengaturan awal. Namun karena sistem tidak dapat diakses dan factory reset biasanya dilakukan pada pengaturan sistem, maka anda harus melakukan factory reset pada recovery mode.Untuk mengakses recovery mode silahkan tekan tombol Power + Volume – secara bersamaan, kemudian cari menu factory reset.
    BootLoop pada Android, penyebab dan cara mengatasinya 2
  • Cara terakhir yang dapat anda lakukan jiak kedua cara tersebut tidak berhasil adalah dengan melakukan Flashing Frimware. Flashing Frimware ini sama halnya dengan melakukan install ulang pada komputer. Untuk melakukan Flashing Frimware Android, silahkan baca caraya disini.
Itulah ulasan tentang apa itu BootLoop pada Android, penyebab, dan cara mengatasinya. Jadi, jika Smartphone anda terkena BootLoop jangan panik dan lakukan langkah praktis untuk mengatasinya.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป