Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data

Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 1

 

Jika anda baru saja membeli sebuah Komputer atau Laptop baru, maka hal pertama yang harus anda cek adalah apakah sudah ada sistem operasi di dalamnya. Jika belum maka anda harus menginstall sistem operasi terlebih dahulu agar anda dapat menggunakan Komputer atau Laptop baru anda. Atau mungkin saja anda merasa bahwa sistem operasi yang anda gunakan sedang mengalami masalah, sehingga salah satu alternatif untuk membuatnya kembali normal adalah dengan melakukan Install Ulang. Anda dapat memilih sistem operasi apa saja yang hendak anda install pada PC/Laptop anda, termasuk Windows 8.1 yang dapat menjadi pilihan anda.

 

Meskipun kini sudah hadir Windows 10 tetapi Windows 8.1 tidak begitu saja kehilangan para penggemarnya. Dengan tampilan Metro UI yang menarik dan juga lumayan ringan menjadikan Windows 8.1 tetap diminati banyak pengguna Windows.

 

Jika anda hendak menginstall Windows 8.1 pada PC/Laptop anda, anda tidak perlu membawanya ke tempat service komputer yang biasanya harus dibayar hingga ratusan ribu. Melainkan anda dapat menginstall sendiri PC/Laptop anda karena caranya sangat mudah. Cara menginstall Windows 8.1 sebenarnya tidak jauh beda dengan cara menginstall 7, yang berbeda hanyalah pada proses konfigurasi dan pengaturannya.

 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa media yang dapat digunakan untuk menginstall Windows seperti CD/DVD atau Flashdisk. Tetapi saat ini yang cukup populer adalah menginstall Windows menggunakan Flashdisk. Alasannya karena kecepatan transfer Flashdisk lebih besar dari CD/DVD sehingga memungkinkan proses install lebih cepat selesai, selain itu banyak Notebook terbaru yang tidak mempunyai CD/DVD ROM sehingga alternatifnya adalah dengan menggunakan Flashdisk. Untuk itulah pada pembahasan kali ini akan dikupas tentang cara install Windows 8.1 dengan Flashdisk.

Jika saya install ulang, apakah data saya akan hilang?

Salah satu kekhawatiran yang sering melanda para pengguna Komputer yang hendak melakukan install ulang adalah takut kehilangan data. Sebenarnya hilangnya data atau tidak tergantung dari kehati-hatian anda. Jika anda berhati-hati dalam menghapus partisi dan hanya menghapus partisi Windows sebelumnya tanpa menyentuh partisi tempat anda menyimpan data, maka data anda tidak akan pernah hilang meskipun melakukan install ulang berkali-kali. Lalu bagaimana cara membedakan yang mana partisi Windows sebelumnya dan yang mana partisi data? caranya mudah, saat pertama kali masuk ke jendela partisi maka partisi Windows sebelumnya akan berwarna biru. Cara lain membedakannya dalah dengan melihat ukuran partisinya, makanya sebelum memulai install ulang perhatikan ukuran partisi Windows dan partisi tempat anda menyimpan data sehingga anda dapat membedakannya. Jadi sebenarnya anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data jika melakukan install ulang, selama anda berhati-hati dan teliti maka data anda akan aman-aman saja.

 

Baca juga  Cara mengaktifkan dark theme Windows 10 build 1511

Bagaimana cara install Windows 8.1 dengan Flashdisk?

Dalam melakukan proses install Windows ada dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap ekseskusi. Apa saja yang dilakukan pada tahap persiapan install Windows dan tahap eksekusi?

 

Tahap Persiapan:

Sebelum memulai proses install Windows 8.1, maka ada beberapa hal yang harus anda siapkan, sebagai berikut:
  • Yang pertama yang perlu anda siapkan adalah sebuah File Installer Windows 8.1, Biasanya dalam format .ISO atau .IMG. Hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih File Installer ini adalah, anda harus menyesuaikan dengan arsitektur Windows 8.1 yang hendak anda install. Jika anda hendak menginstall Windows 8.1 32 Bit maka anda harus menyiapkan File Installer Windows 8.1 32 Bit, begitupun jika hendak menginstall Windows 8.1 64 Bit.
  • Siapkan juga sebuah Flashdisk yang akan digunakan sebagai media penyimpanan installer Windows 8.1 nantinya. Ukurannya minimal 4 GB, ukurannya bisa saja lebih besar tergantung dari ukuran File Installer Windows 8.1 anda.
  • Jika anda sudah memiliki File Installer Windows 8.1 dan sebuah Flashdisk, maka persiapan yang terakhir yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah Bootable USB Windows 8.1. Bootable USB ini biasa juga disebut dengan Flashdisk Installer. Bootable USB Windows 8.1 ini yang akan digunakan untuk melakukan install Windows 8.1 nantinya. Untuk membuat sebuah Bootable USB atau Flashdisk Installer anda dapat melakukannnya dengan menggunakan software Rufus atau jika anda tidak memilikinya anda juga dapat membuat Bootable USB tanpa menggunakan Software tetapi hanya menggunakan CMD.
Setelah persiapan diatas selesai, maka anda sudah bisa masuk ke tahap eksekusi pada proses install Windows 8.1 ini.

Tahap Eksekusi:

Dalam menginstall Windows 8.1 caranya sangat mudah, anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini maka proses install Windows 8.1 pada PC/laptop anda akan sukses tanpa kendala.
Langkah 1
Pertama-tama matikan PC/laptop anda kemudian colok/masukkan Bootable USB Windows 8.1 yang sudah anda buat ke port USB PC/Laptop anda.
Langkah 2
Setelah itu masuk ke BIOS, caranya dengan menekan Tombol F2 pada keybord segera setelah menyalakan PC/laptop anda. Tombol untuk masuk ke BIOS ini bisa saja buka F2, tetapi ada beberapa tombol lain tergantung PC/Laptop anda seprti F8, DEL, ESC, dll.
Langkah 3
Setelah anda masuk ke BIOS silahkan pergi ke Tab Boot, disana anda akan melihat beberapa daftar perangkat seperti Hardisk (HDD), DVD, Flashdisk, dll. Anda dapat perhatikan bahwa yang berada pada urutan pertama adalah Hardisk (HDD) PC/Laptop anda, sedangkan Flashdisk yang merupakan Bootable USB Windows 8.1 berada di urutan sekian. Hal yang harus anda lakukan adalah memindahkan Flashdisk yang merupakan Bootable USB anda ke urutan pertama pada Boot Priority. Hal ini bertujuan agar ketika PC/laptop anda dinyalakan maka Bootable USB anda akan langsung dieksekusi sehingga proses install Windows 8.1 sudah dapat dilakukan. Untuk memindahkan Flashdisk anda ke urutan pertama pada Boot Priority anda dapat menggunakan tombol dan + sebagai navigasi untuk menggesernya keatas atau kebawah. Pada jenis PC/Laptop tertentu juga biasa digunakan F5 dan F6 sebagai tombol navigasi.
Langkah 4
Jika anda sudah memindahkan Flashdisk anda pada urutan pertama, silahkan simpan pengaturan BIOS anda dengan menekan F10 pada keyboard.
cara setting bios untuk install Windows
Langkah 5
Cara lain untuk mengakses Bootable USB adalah dengan menekan F12 segera saat PC/Laptop anda dinyalakan, kemudian pilih dan tekan enter pada Flashdisk anda. Tetapi tidak semua jenis PC/Laptop memiliki fungsi tombol ini.
Langkah 6
PC/Laptop anda akan restart, kemudian akan muncul sebuah teks dengan tulisan Press any key to boot from CD or USB…. Silahkan tekan tombol apa saja pada keyboard pada saat teks tersebut muncul.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 2
Langkah 7
Setelah itu akan muncul jendela Setup Windows 8.1. Pada tampilan awal anda harus memilih bahasa, format Waktu, dan Keyborad Input. Pada piihan bahasa silahkan pilih English, pada Format waktu silahkan pilih Indonesia, dan pada keyboard input silahkan pilih US dikarenakan type keyboard yang beredar di Indonesia adalah type US. Kemudian klik Next
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 3
Langkah 8
Pada jendela selanjutnya yang muncul silahkan klik Install Now.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 4
Langkah 9
Pada bagian license terms, centang/ceklis pada checkbox I accept the license terms kemudian klik Next.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 5
Langkah 10
Pada jendela selanjutnya anda harus memilih metode install. Terdapat dua pilihan yaitu Upgrade dan Custom (Advance). Pada kasus ini silahkan pilih Custom karena akan melakukan clean install dan menghapus Windows yang sebelumnya. Anda dapat memilih Upgrade jika hendak memperbaharui Windows 8.1 yang sudah ada sebelumnya tanpa menghapus data-data dan pengaturan Windowsnya.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 6
Langkah 11
Selanjutnya anda akan masuk ke pengaturan partisi Hardisk. Disini anda harus berhati-hati dalam menghapus partisi untuk menghindari hilangnya data anda.
Langkah 12
Jika PC/Laptop anda diinstall untuk pertama kalinya maka tentu saja belum terdapat pembagian partisi pada Hardisknya (Unalocated Space). Anda dapat membuat partisi baru dengan klik New. Anda harus membuat beberapa partisi sesuai keinginan anda, tetapi yang harus anda perhatikan adalah anda harus membuat sebuah partisi tempat dimana Windows 8.1 akan diinstall. Jika anda akan melakukan install Ulang atau pada PC/laptop anda sudah terdapat Windows sebelumnya, maka anda harus mneghapus partisi Windows yang sebelumnya. Silahkan klik pada Partisi Windows sebelumnya kemudian klik Delete. Jika anda salah hapus partisi maka anda akan kehilangan data anda. Setelah anda menghapus partisi Windows sebelumnya silahkan buat partisi baru dengan klik New. Setelah anda membuat partisi baru silahkan klik pada partisi baru yang sudah anda buat kemudian klik Next.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 7
Langkah 13
Proses Install Windows 8.1 akan berlangsung, silakan tunggu sampai prosesnya selesai. Proses ini akan membutukan waktu 20-30 menit tergantung kecepatan PC/laptop anda. Pada proses ini PC/Laptop anda akan restart beberapa kali. Perlu diperhatikan, saat PC/laptop anda restart dan muncul teks Press any key to boot from CD or USB… seperti pada poin ke-2 maka kali ini biarakan saja dan jangan tekan tombol apapun karena jika anda menekan tombol apa saja maka proses install akan terulang dari awal.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 8
Langkah 14
Setelah selesai, maka diperlukan beberapa waktu untuk persipan sebelum memasuki proses konfigurasi Windows 8.1 anda.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 9
Langkah 15
Pada proses konfigurasi Windows 8.1, maka yang pertama yang harus anda lakukan adalah memilih warna tema Windows 8.1 anda pada jendela Personalize dan mengisi PC name. Setelah itu klik Next.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 10
Langkah 16
Selanjutnya pada jendela Settings, silahkan pilih jenis pengaturan yang akan digunakan pada Windows 8.1 anda. Jika anda ingin menggunakan pengaturan yang direkomendasikan silahkan klik Use express settings. Anda juga dapat mengatur sendiri pengaturan Windows 8.1 anda dengan klik pada Costumize.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 11
Langkah 17
Kemudian pada jendela Your account anda dapat melakukan konfigurasi akun anda. Disini anda harus memasukkan Username dan Password. Password ini akan digunakan untuk login pada Windows 8.1 anda nantinya. Anda dapat mengatur password dan boleh juga dikosongkan. Disini terdapat tiga isian ketika anda hendak mengatur password yaitu anda harus memasukkan password, kemudian mengulanginya pada isian kedua, kemudian mengisi password hint yang merupakan petunjuk yang akan muncul jika anda lupa password. Kemudian klik Next.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 12
Langkah 18
Selanjutnya tunggu sampai Finalisasi settings selesai.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 13
Langkah 19
Silahkan login pada Windows 8.1 anda menggunakan password yang sudah anda atur sebelumnya.
Langkah 20
Yang terakhir, Windows 8.1 akan menginstall aplikasi bawaannya. Pada tahap itu anda harus menunggu lagi selama beberapa menit.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 14
Langkah 21
Setelah selesai maka proses install dan konfigurasi Windows 8.1 sudah selesai dan anda sudah dapat menggunakan Windows 8.1 pada PC/laptop anda.
Cara Install Windows 8.1 dengan Flashdisk tanpa kehilangan data 15

 

Setelah anda menginstall Windows 8.1, maka hal yang harus anda lakukan adalah menginstall Driver PC/laptop anda agar kinerjanya maksimal. Setelah itu silahkan install aplikasi yang anda butuhkan.

 

Itulah cara install Windows 8.1 menggunakan Flashdisk, bagaimana mudah kan? daripada anda harus membawanya ke tempat service dan menguras kantong anda untuk membayar biaya jasa install.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป