Cara membuat Flashdisk Bootable menggunakan Rufus

Cara membuat Flashdisk Bootable menggunakan Rufus

 

Jika anda hendak melakukan proses install ulang Windows baik itu install Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10 maka anda memerlukan sebuah Bootable atau installer Windows. Installer Windows bisa berupa CD/DVD atau Flashdisk. Tapi saat ini sebagian besar menggunakan flashdisk sebagai USB Installer karena Notebook terbaru tidak disertai dengan pembaca CD/DVD. Agar Flashdik anda dapat digunakan untuk proses install Windows, maka anda harus membuatnya menjadi Bootable USB terlebih dahulu.

Apa itu Bootable USB?

Booatble USB atau Flashdisk Bootable adalah sebuah Flashdisk yang telah dimasukkan installer Windows kedalamnya. Bootable Flashdisk ini nantinya akan digunakan sebagai alat untuk menginstall Windows. Jenis Flashdisk yang bisa dibuat menjadi Bootable USB adalah Flashdisk biasa jenis apa saja, selama masih bisa digunakan dan tidak rusak. Falshdisk yang sudah dibuat menjadi Bootable USB nantinya tetap bisa digunakan sebagai penyimpanan data lain.

Cara membuat Bootable USB untuk instalasi Windows

Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan jika ingin membuat USB Bootable UEFI untuk keperluan instalasi Windows, Bisa dengan menggunakan Software Rufus dan bisa juga tanpa menggunakan software apapun. Pada tutorial ini hanya akan dibahas Cara membuat Bootable USB atau Flashdisk installer untuk instalasi Windows dengan menggunakan Software Rufus. Untuk tutorial Cara membuat Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows tanpa menggunakan software silahkan baca

Cara membuat installer Windows tanpa software.

Baiklah langsung saja bagaimana cara membuat Bootable USB atau Flashdisk Bootable dengan software Rufus:

Langkah 1

Siapkan bahan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu sebuah Flashdisk minimal 4 GB, File ISO Windows yang akan diinstall dan juga software Rufus yang bisa anda download disini.

Baca juga  Cara Mematikan Komputer dengan Timer (Autoshutdown menggunakan CMD)
Langkah 2

Hubungkan USB Flashdisk ke Komputer.

Langkah 3

Jalankan Software Rufus.

Langkah 4

Atur Settingannya seperti pada gambar di bawah ini.

Cara membuat Flashdisk Bootable menggunakan Rufus

Pada poin 1 silahkan pilih USB Flashdisk anda.
Pada poin 2 silahkan ubah skema partisi dan target system menjadi MBR partition scheme for BIOS and UEFI.
Pada poin 3 silahkan masukkan label/nama flashdisk sesuai keinginan anda.
Pada poin 4 Silahkan pilih file ISO Windows anda dengan mengklik icon disk.
Pada poin 5 silahkan klik start untuk memulai proses pembuatan Flashdisk bootable.

Langkah 5

Tunggu sampai proses loading pembuatan Bootable selesai, setelah itu anda sudah bisa menggunakannya untuk menginstall Windows.

Demikian cara membuat Bootable USB atau Flashdisk Bootable menggunakan Rufus, Flashdisk yang sudah dibuat menjadi Bootable nantinya dapat anda gunakan untuk install ulang Windows dan masih dapat digunakan untuk menyimpan data lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป