Apa perbedaan antara Update dan Upgrade?

Apa perbedaan antara Update dan Upgrade
Bagi anda pengguna komputer maka anda pasti sering dan akrab dengan istilah Update dan Upgrade. Namun, sebagian besar menganggap bahwa Update dan Upgrade sama saja, padahal terdapat perubahan antara mengupdate dan mengupgrade komputer maupun perangkat lainnya. Meskipun keduanya melibatkan peragkat lunak tetapi ada perbedaan antara kedua metode ini.

Apa itu Update?

Saat anda melakukan sebuah pembaharuan pada perangkat lunak dan mengakibatkan perubahan pada aplikasi atau sistem operasi sedemikian rupa tetapi tidak mempengaruhi struktur utama dari perangkat lunak tersebut, hal ini disebut dengan Update. Jadi proses Update hanya akan melakukan hal-hal seperti perbaikan bug, patch keamanan, penambahan dukungan Driver dan perbaikan lainnya.

 

Proses Update biasanya tidak butuh waktu lama, hanya beberapa menit karena ukurannya yang kecil. Kata kecil tentu saja relatif, tergantung dari besarnya ukuran perbaikan yang tersedia. Jadi pada dasarnya proses Update hanya menambahkan beberapa perubahan atau mengubah fitur yang sudah ada sebelumnya, tetapi tidak mengubah struktur utama dari perangkat lunak. Hal ini biasa ditandai dengan peningkatan build dari suatu perangkat lunak.

Apa itu Upgrade?

Bila serangkaian perubahan yang dilakukan pada perangkat lunak cukup signifikan dan cukup berarti, serta terjadi perubahan pada struktur utama perangkat lunak tersebut, maka hal ini disebut dengan Upgrade. Hal ini tentu saja berbeda dengan Update yang hanya melakukan perubahan kecil tanpa mengubah struktur utama dari perangkat lunak. Salah satu contoh proses Update adalah melakukan perubahan pada perangkat lunak seperti Windows 10, misalnya sebelumnya menggunakan Windows 10 build 10422 kemudian dilakukan Update ke Windows 10 build 10563.

 

Upgrade sebagian besar mencakup pada perubahan penting pada GUI dan berbagai fitur serta opsi baru yang tidak terdapat pada versi sebelumnya. Karena perubahan yang dilakukan sangat besar maka sudah bisa dipastikan bahwa ukurannya akan sangat besar hingga beberapa gigabyte, selain itu proses Upgrade tentu saja jauh lebih lama jika dibandingan dengan proses Update. Salah satu contoh proses Upgrade adalah melakukan perubahan dari Windows 8 ke Windows 10.

Update vs Upgrade

Update Gratis

Ketika anda melakukan proses Update maka penyedia perangkat lunak pada umumnya tidak akan mengenakan biaya dari proses tersebut. Hal ini tentu saja diakibatkan karena yang dilakukan hanyalah perubahan dari bug yang ada sebelumnya maupun perubahan kecil lainnya. Berbeda halnya jika anda melakukan Upgrade, maka anda harus membeli perangkat lunak yang baru secara terpisah.

Upgrade lebih besar dan kompleks

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pada proses update perubahan yang dilakukan bisa dikatakan sangat besar. Proses instalasi Upgare lebih rumit dan kesannya membosankan, kerena jumlah data yang perlu diganti sangat banyak dan ukurannya sangat besar. Hal ini tentu saja akan memakan waktu beberapa jam hingga proses Upgrade selesai.

 

Itulah perbedaan dari proses Update dan proses Upggrade, dan dapat diperoleh kesimpulan bahwa proses Update hanya melakukan perubahan kecil dan waktunya relatif singkat, Sedangkat proses Upgrade melakukan perubahan yang besar hingga pada struktur utama dari suatu perangkat lunak, dan akan memakan waktu yang lama.
Baca juga  Perbedaan Windows 10 S dengan Windows 10 Pro

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป