Begini cara Facebook menghancurkan hidupmu

Begini cara Facebook menghancurkan hidupmu 1
Facebook merupakan situs sosial media terbesar saat ini, penggunanya sudah lebih dari 2 Miliar akun di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri pengguna Facebook sudah mencapai 100 Juta lebih, jumlah yang sangat besar ini membuat Indonesia menduduki posisi ketiga sebagai negara pengakses Facebook terbanyak. Sehingga jangan heran kalau masyarakat sudah pasti mengenal bahkan menjadi pengguna aktif dari Facebook. Jumlah ini tentu saja akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

 

Semakin populer suatu layanan, maka tentu saja akan semakin besar dampaknya pada kehidupan manusia. Hal ini tentu saja berlaku juga pada penggunaan Facebook sebagai layanan Media sosial. Dampak yang diberikan bisa berupa hal yang positif tetapi bisa juga bersifat negatif bahkan menjadi mala petaka. Beberapa contoh hal positif yang bisa diperoleh pengguna Facebook adalah, kemudahan berkomunikasi kepada teman baik yang jauh maupun dekat, bisa menjadi tempat untuk mencari teman yang sudah lama tidak saling komunikasi, ada juga yang memanfaatkan Facebook sebagai sarana promosi dari Produk atau Usaha yang dibangunnya, dan manfaat positif lainnya.

 

Selain manfaat positif tersebut, tentu saja akan ada manfaat negatif yang dapat dihasilkan. Dampak negatif ini bisa saja tidak anda sadari ketika sudah terlalu nyaman menggunakan Facebook, bahkan hal tersebut dapat merusak hidup anda.

Apa saja dampak negatif Facebook yang dapat merusak hidup anda?

Jika anda menggunakan Facebook dengan tidak semestinya atau secara tidak wajar, maka tentu saja akan memberikan sebuah dampak yang dapat mengubah hidup anda. Tetapi perubahan yang terjadi bukanlah ke arah yang positif tetapi malah merusak kehidupan anda. Bagaimana facebook bisa merusak hidup anda? silahkan simak ulasan berikut.

1. Membuat ketagihan dan sulit dihentikan

Begini cara Facebook menghancurkan hidupmu 2
Jika anda tidak menyadarinya bahwa ketika anda sudah menjadi pengguna aktif Facebook maka anda akan menjadi ketagihan. Banyak yang tidak menyangka bahwa Facebook bisa menjadi seperti Narkoba yang membuat anda kecanduan dan tidak akan bisa berhenti. Bagaimana ini bisa terjadi?

 

Sadar atau tidak, Facebook memang dirancang untuk membuat anda betah menggunakannya. Semakin lama anda mengakses Facebook maka anda akan semakin banyak melihat iklan maupun kiriman yang membuat anda tertarik untuk melihatnya, ketika anda melihat iklan atau tulisan tersebut, maka anda akan melihat iklan atau tulisan lainnya, dan begitu seterusnya sehingga anda tidak akan dapat berhenti. Sedangkan jika anda sadar maka anda akan berfikir bahwa tidak ada keuntungan dari apa yang anda lakukan sebelumnya.

2. Membuang waktu berharga

Begini cara Facebook menghancurkan hidupmu 3
Sisi negatif lain dari Facebook yang dapat membuat hidup anda menjadi lebih buruk adalah banyak waktu anda yang terbuang sia-sia. Semakin lama anda berada dalam dunia Facebook, maka akan semakin banyak waktu anda yang terbuang secara percuma. Padahal waktu yang terbuang tersebut seharusnya bisa anda gunakan untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat dan berguna bagi kehidupan anda. Hal ini tentu saja tidak akan anda sadari ketika sedang asik membaca status, mengomentari status, menyukai status, dan lainnya. Anda mungkin akan sadar ketika sudah terlalu banyak waktu yang anda lewatkan.

3. Membuat Depresi

Begini cara Facebook menghancurkan hidupmu 4
Sebagian besar pengguna Facebook hanya akan menampilkan sisi baik dari dirinya di Facebook. Sedangkan sisi buruk yang terjadi dalam kehidupannya tidak akan diungkap sama sekali. Hal ini akan menimbulkan pemikiran bahwa kehidupan teman-teman mereka lebih baik dan lebih bahagia. Dengan adanya pemikiran seperti ini maka secara tidak langsung akan menimbulkan perasaan depresi dan merasa terpuruk karena kehidupannya tidak lebih baik dari teman-temannya. Padahal bisa saja pada kehidupan nyata kehidupannya malah jauh lebih lebih baik dari kehidupan teman-temannya, hanya saja teman-temannya tersebut tidak mengungkan siis buruknya di Facebook.

4. Menjadi narsis dan suka pamer

Begini cara Facebook menghancurkan hidupmu 5
Dari rasa depresi yang dihasilkan maka akan menimbulkan sifat aneh lainnya, salah satunya adalah munculnya sifat narsis dan suka pamer. Hal ini tentu saja didasari dari sifat ‘tidak mau kalah’. Ketika memperoleh sesuatu yang baik, maka dengan seketika sifat narsis akan muncul dan memamerkan sifat tersebut di media sosial. Tujuannya tentu saja untuk memperlihatkan kepada teman-temannya bahwa kehidupannya sedang baik dan bahagia.
5. Menurunkan kemampuan komunikasi
Begini cara Facebook menghancurkan hidupmu 6
Ketika pengguna Facebook sudah kecanduan, maka perhatian utamanya hanya akan tertuju pada akun Facebooknya. Hal ini akan berakibat kepada berkurangnya sifat sosial dan komunikasi. Anda pasti sering menjumpai dalam sebuah forum dimana masing-masing orang sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan terutama bagi para remaja karena dapat mengakibatkan pembunuhan karakter.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Pada dasarnya Facebook sama sekali tidaklah buruk dan akan sangat menjadi sarana yang sangat bermanfaat. Contoh kecilnya adalah anda bisa menjalin komunikasi dengan teman lama, bisa menjadi sarana diskusi dengan teman yang jauh, atau bisa menjadi ajang promosi. Hal ini tentu saja kembali pada diri anda, jika anda menggunakan sebagaimana mestinya maka tentu saja hal positif yang akan anda peroleh. Tetapi, jika anda menggunakan Facebook secara tidak wajar, maka anda akan merusak hidup yang seharusnya bisa lebih baik.

 

Itulah beberapa dampak negatif Facebook yang akan merusak hidup anda. Jadi semuanya kembali kepada pribadi masing-masing, gunakanlah Facebook dengan bijak dan sewajarnya agar anda bisa memperoleh manfaat yang positif dari Facebook dan tidak akan dirugukan sama sekali.
Baca juga  Cara Mengatasi File RAR Corrupt yang mempunyai Recovery Record

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป