Cara mematikan notifikasi suara pada Windows

Cara mematikan notifikasi suara pada Windows 1

 

Secara default pada Windows terdapat notifikasi suara yang akan berbunyi ‘beep’ ketika terjadi kesalahan pada pengoperasian Windows. Hal ini berlaku pada semua versi Windows. Notifikasi tersebut berfungsi untuk memberitahu pengguna bahwa sedang terjadi kesalahan dan juga bisa berguna sebagai peringatan untuk pengguna. Namun nitifikasi suara tersebut tidak selamanya berguna dan bahkan bisa mengganggu pengguna.

 

Jika anda sedang mendengarkan film atau sedang menonton film, sementara pada waktu yang sama terjadi kesalahan pada Windows anda maka notifikasi suara akan berbunyi. Notifikasi suara ini tentu saja akan mengganggu anda yang sedang mendengarkan musik atau menonton film.

 

Jika anda merasa terganggu dengan adanya suara ‘beep’ tersebut maka anda dapat mematikannya. Jika anda takut akan terjadinya kesalahan sementara tidak disadari karena tidak adanya notifikasi suara, maka anda dapat mengaktifkan notifikasi visual pada Windows anda.

Cara mematikan notifikasi suara pada Windows

Untuk mematikan suara ‘beep’ yang akan berbunyi jika terjadi sebuah kesalahan dalam pengoperasian Windows, caranya sangat mudah. Siahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Buka Control Panel dan navigasikan ke
Control PanelHardware and Sound
Langkah 2
Pada jendela Control Panel klik Change system sounds.
Cara mematikan notifikasi suara pada Windows 2
Langkah 3
Pada bagian Sound Scheme ubah pengaturan yang sebelumnya Windows Default menjadi No Sounds. Kemudian Klik Apply untuk menyimpan perubahan.
Cara mematikan notifikasi suara pada Windows 3

 

Sampai disini anda sudah berhasil mematikan notifikasi suara pada Windows. Sekarang jika terjadi kesalahan pada pengoperasian Windows maka tidak akan ada lagi suara ‘beep’ sebagai pemberitahuan. Sebagai gantinya anda dapat mengaktifkan notifikasi visual pada Windows. Cara ini dapat anda lakukan pada semua versi Windows.

 

Itulah cara mematikan notifikasi suara pada Windows yang dapat anda gunakan jika merasa terganggu dengan notifikasi suara tersebut. Jika anda berubah fikiran dan hendak mengaktifkannya kembali, maka silahkan ubah kembali Sound Scheme dari No Sound menjadi Windows Default.
Baca juga  Tips mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Yang Hilang Setelah Upgrade Windows 10
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป