Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi (C:)

Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 1
Ada kalanya ketika anda hendak menginstall Aplikasi pada Windows, dimana ruang kosong yang tersedia pada Partisi C sudah tidak cukup lagi untuk menampung aplikasi yang hendak di install tersebut. Pada kasus seperti ini, tentu saja anda tidak akan bisa manambahkan aplikasi lain kecuali anda menghapus salah satu aplikasi yang telah terpasang pada PC/Laptop anda untuk menambah ruang kosong pada Partisi C.

 

Namun, sebenarnya menghapus aplikasi yang sudah terinstall di PC/Laptop bukanlah satu-satunya cara untuk menambah ruang kosong pada Partisi C. Anda dapat dengan leluasa menambah maupun mengurangi kapasitas atau ukuran dari partisi C. Tools yang digunakan sebenarnya bisa saja bisa dengan menggunakan Drive Manager yang sudah disediakan Windows, tetapi anda akan kehilangan data anda karena harus menghapus partisi terlebih dahulu agar bisa dipindahkan kapasitasnya ke partisi C. Namun anda tenang saja, karena ada tools yang dapat anda gunakan untuk mengubah ukuran partisi tanpa harus kehilangan data. Tool tersebut adalah Aomei Partition Assistant. Oleh karena itu anda harus menginstall Aomei Partition Assistant Terlebih dahulu agar dapat digunakan pada PC/Laptop anda.

Menambah kapasitas Partisi C

Jika ruang kosong yang tersedia pada Partisi C PC/laptop anda sangat sedikit, sementara anda harus menginstall aplikasi yang ukurannya lebih besar dari ruang kosong tersebut, maka anda dapat menambah ukuran atau kapasitas dari Partisi C PC/Laptop anda. Anda dapat mengambil kapasitas dari partisi lain seperti Partisi D untuk kemudian dipindahkan ke Partisi C. Bagaimana caranya? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Jalankan Program Aomei Partition Assistant.
Langkah 2
Agar dapat menambah kapasitas Partisi C, maka anda harus membuat ruang kosong terlebih dahulu yang akan ditambahkan ke dalam Partisi C. Ruang kosong tersebut dapat anda peroleh dengan mengurangi ukuran dari partisi tetangga seperi Partisi D. Untuk melakukannya klik kanan pada partisi D, kemudian pilih resize partition.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 2
Langkah 3
Pada kotak dialog Move and Resize Partition, anda akan melihat sebuah bar panjang yang mewakili kapasitas ruang partisi D. Yang berwarna Lebih gelap merupakan Partisi yang sudah terisi sedangkan yang lebih terang adalah kapasitas partisi yang masih kosong. Silahkan drag dari ujung bar untuk mengurangi partisi D, ukurannya sesuaikan dengan yang anda butuhkan. Anda dapat melihat kapasitas ruang kosong yang akan tercipta nantinya pada bagian Unalocated space before. Setalah anda mengurangi partisi D dan membuat ruang kosong klik Ok.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 3
Langkah 4
Anda akan melihat adanya ruang kosong yang sudah dibuat dengan nama Unalocated. Kemudian Klik Apply.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 4
Langkah 5
pada jendela Pending Operations klik Procced.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 5
Langkah 6
Tunggu sampai proses resize Partisi D selesai.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 6
Langkah 7
Selanjutnya partisi kosong tersebut akan dimasukkan ke Partisi C. Klik kanan pada Partisi C kemudian pilih resize Partition.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 7
Langkah 8
Pada jendela Move and Resize Partition anda akan melihat bar partisi C dan ruang kosong yang ada di sebelah kanan bar partisi. Drag ujung kanan bar partisi C untuk mengambil ruang kosong agar dimasukkan ke Partisi C. Kemudian klik Ok.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 8
Langkah 9
Anda akan melihat bahwa ruang kosong yang sebelumnya dibuat sudah tidak ada lagi karena sudah digabungkan dengan Partisi C. Klik Apply.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 9
Langkah 10
Pada jendela Pending Operations klik Procced.
Langkah 11
Anda sudah berhasil menambah kapasitas Partisi C.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 10

Mengurangi kapasitas Partisi C

Ada kalanya ketika anda membeli sebuah PC/Laptop baru atau anda menggunakan hardisk baru yang sudah terinstall Windows di dalamnya, terkadang ukuran atau kapasitas dari partisi C sangat besar dan kesannya mubazir. Untuk itu anda dapat mengurangi ukuran partisi C dan juga dapat dipindahkan ke partisi lain seperti Partisi D. Untuk mengurangi kapasitas Partisi C silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Jalankan Program Aomei Partition Assistant, kemudian klik kanan pada partisi C dan pilih Resize Partition.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 11
Langkah 2
Pada kotak dialog Move and Resize Partition, anda akan melihat sebuah bar panjang yang mewakili kapasitas ruang partisi C. Yang berwarna Lebih gelap merupakan Partisi yang sudah terisi sedangkan yang lebih terang adalah kapasitas partisi yang masih kosong. Silahkan drag dari ujung kanan bar untuk mengurangi partisi C, ukurannya sesuaikan dengan yang anda butuhkan. Anda dapat melihat kapasitas ruang kosong yang akan tercipta nantinya pada bagian Unalocated space after. Setalah anda mengurangi partisi C dan membuat ruang kosong klik Ok.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 12
Langkah 3
Anda akan melihat bahwa kapasitas Partisi C sudah berkurang dan adanya ruang kosong yang sudah dibuat dengan nama Unalocated. Kemudian Klik Apply.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 13
Langkah 4
pada jendela Pending Operations klik Procced. Pada jendela informasi yang menyatakan bahwa dibutuhkan Reastart, pilih Yes.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 14
Langkah 5
Tunggu sampai proses resize Partisi C pada Aomei Partition Assistant PreOS Mode selesai.
Langkah 6
Selanjutnya, partisi kosong yang anda buat dari Partisi C dapat digabungkan ke Partisi D agar dapat digunakan untuk menyimpan data. Klik kanan pada Partisi D kemudian pilih resize Partition.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 15
Langkah 7
Pada jendela Move and Resize Partition anda akan melihat bar partisi D dan ruang kosong yang ada di sebelah kiri bar partisi. Drag ujung kiri bar partisi D untuk mengambil ruang kosong agar dimasukkan ke Partisi D. Kemudian klik Ok.
Cara menambah atau mengurangi kapasitas Partisi C 16
Langkah 8
Anda akan melihat bahwa ruang kosong yang sebelumnya dibuat sudah tidak ada lagi karena sudah digabungkan dengan Partisi D. Klik Apply.
Langkah 9
Pada jendela Pending Operations klik Procced.
Langkah 10
Anda sudah berhasil mengurangi kapasitas Partisi C dan mengalihkannya ke Partisi lain.

 

Itulah cara menambah dan mengurangi kapasitas Partisi C. Cara ini tentu saja akan sangat bermanfaat jika ruang kosong Partisi C anda sangat kecil atau malah terlalu besar, karena anda dapat mengurangi atau menambah kapasitas Partisi C tanpa kehilangan data. Perlu diketahui juga bahwa cara ini juga bisa diterapkan untuk mengurangi atau menambah Partisi yang lain tanpa kehilangan data.
Baca juga  Cara download File ISO Windows 7,8, dan 10 langsung dari server Microsoft
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป