Cara menghapus File secara permanen tanpa memindahkannya ke Recycle Bin

Cara menghapus File secara permanen tanpa memindahkannya ke Recycle Bin 1

 

Membuang atau membuang sebuah File atau Folder merupakan hal yang biasa dilakukan dalam menggunakan PC/Laptop. Alasan kenapa menghapus file dilakukan bisa karena file tersebut bersifat penting dan rahasia, sehingga tidak ingin diketahui oleh orang lain. Alasan lain adalah karena ingin menambah ruang penyimpanan kosong pada Hardisk.

 

Namun, secara default ketika anda menghapus sebuah file dengan menekan tombol Delete pada keyboard, maka file tersebut sebenarnya tidak benar-benar hilang dari Hardisk anda melainkan hanya dipindahkan ke Recycle Bin. Dengan demikian File atau Folder tersebut masih dapat dikembalikan dengan melakukan Restore dari Recycle Bin. Hal ini juga tidak akan menambah ruang penyimpanan kosong pada Hardisk anda karena File tersebut masih ada dalam Hardisk PC/Laptop anda. Lalu bagaimana cara menghapusnya agar benar-benar hilang dari hardisk PC/Laptop?

 

Sebenarnya anda bisa menghapus File atau Folder secara permanen dan tidak akan dipindahkan ke Recycle Bin dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard. Jika biasanya ketika anda hanya menekan tombol Delete ketika menghapus sebuah File maupun Folder, maka jika anda hendak menghapus File atau Folder secara permanen anda harus menekan tombol Shift + Delete pada keyboard. Tapi bukan itu yang menjadi inti pembahasan. Yang akan dibahas adalah bagaimana menghapus file secara permanen tanpa memindahkannya ke Recycle Bin hanya dengan menekan tombol Delete saja.

Menghapus File secara permanen tanpa memindahkannya ke Recycle Bin

Dalam rangka menjaga kerahasiaan suatu File maupun menambah ruang penyimpanan kosong pada Hardisk, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Klik kanan pada Recycle Bin di Dekstop, kemudian pilih Properties.
Cara menghapus File secara permanen tanpa memindahkannya ke Recycle Bin 2
Langkah 2
Pada jendela Recycle Bin Properties, Beri tanda centang pada opsi Dont’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted. dan Display delete confirmation dialog.Kemudian klik Apply.
Cara menghapus File secara permanen tanpa memindahkannya ke Recycle Bin 3

 

Itulah cara agar ketika anda menghapus sebuah File atau Folder secara permanen, tanpa memindahkan File atau Folder tersebut ke Recycle Bin. Selain itu anda hanya perlu menekan tombol Delete pada keyboard dan tidak perlu menekan tombol kombinasi Shift + Delete, ketika anda memilih Yes pada jendela yang muncul ketika anda menghapus File atau Folder, maka File atau Folder tersebut akan dihapus secara permanen tanpa dipindahkan ke Recycle Bin.
Baca juga  Cara agar dapat menggunakan bash linux pada Windows 10

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป