Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit

Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit 1

 

Jika anda hendak menggunakan Turbo Pascal pada Windows baik pada Windows 7, Windows 8/8.1 maupun pada Windows 10, maka anda harus menginstall program Turbo Pascal terlebih dahulu. Namun Banyak yang belum mengetahui bahwa Turbo Pascal sebenarnya hanya bisa digunakan pada Windows yang menggunakan arsitektur 32 Bit, yang artinya tidak bisa digunakan pada Windows 64 Bit.
Jika anda menggunakan Windows yang menggunakan arsitektur 64 bit dan hendak menggunakan atau sangat butuh pada program Turbo Pascal ini, maka anda tidak perlu khawatir karena anda tidak perlu melakukan Install Ulang Windows 32 Bit hanya agar dapat menggunakan Turbo Pascal. Sebenarnya anda masih bisa menggunakan Turbo Pascal meskipun menggunakan Windows dengan arsitektur 64 Bit, tetapi memerlukan cara khusus.

Cara menggunakan Turbo Pascal pada Windows 64 Bit

Agar dapat menggunakan Turbo Pascal pada Windows yang mempunyai arsitektur 64 Bit, maka anda memerlukan sebuah Emulator yaitu DosBox. Emulator ini akan membuat Turbo Pascal masih tetap bisa digunakan pada Windows 64 Bit. Bagaimana caranya? silahkan simak lagkah-langkah berikut.
Langkah 1
Pastikan anda sudah memiliki Program DosBox dan Turbo Pascal. Jika belum memilikinya, anda bisa download program DosBox disini dan program Turbo Pascal disini.
Langkah 2
Install Program DosBox pada PC/Laptop anda yang menggunakan Windows 64 Bit.
Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit 2
Langkah 3
Extrak program Turbo Pascal. Setelah anda Ekstrak, maka akan muncul sebuah folder ‘Turbo Pascal’. Copy folder tersebut ke Drive C:.
Langkah 4
Buka program DOSBox Options. Anda dapat mencarinya pada Start Menu. Jika DOSBox Options sudah dibuka maka akan terbuka Notepad.conf yang ditampilkan menggunakan Notepad. Pada jendela Notepad tersebut, tambahkan kode berikut dibawah baris terakhir.
mount c c:TurboPascal
c:
Kemudian Simpan perubahan dengan menekan CTRL + S pada keyboard lalu tutup jendela Notepad tersebut.
Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit 3
Langkah 5
Jalankan Program DOSBox, pada jendela DOSBox ketikkan perintah berikut kemudian tekan Enter.
binturbo

atau

bintpx

 

Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit 4
Langkah 6
Sekarang anda sudah bisa menggunakan Turbo Pascal meskipun menggunakan Windows 64 Bit.

 

Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit 5

 

Setelah anda berhasil menjalankan Turbo Pascal pada Windows 64 Bit, terkadang terdapat beberapa masalah misalnya ketika anda klik pada area Turbo Pascal yang dijalankan menggunakan Emulator DOSBox, maka kursor akan terkunci sehingga tidak dapat digunakan diluar area Turbo Pascal.

Mengatasi kursor yang terkunci di area Turbo Pascal

Jika anda menjalankan Turbo Pascal dan mendapat masalah dimana kursor akan terkunci didalam area Turbo Pascal setelah klik pada area tersebut, maka anda dapat mengatasinya dengan cara yang sangat mudah. Buka kembali DOSBox Options, kemudian cari tulisan autolock=true lalu ubah menjadi autolock=false. Sekarang kursor tidak akan terkunci pada area Turbo Pascal.
Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit 6

 

Itulah cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit. Dengan cara ini tentu saja anda dapat menggunakan Turbo Pascal pada PC?Laptop anda yang menggunakan Windows 64 Bit tanpa harus install ulang Windows. Cara ini akan bekerja dengan baik pada Windows 7 64 Bit, Windows 8/8.1 64 Bit maupun pada Windows 10 64 Bit.
Baca juga  Cara Mematikan Komputer dengan Timer (Autoshutdown menggunakan CMD)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป