Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7

Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7 1
Windows Update merupakan sebuah fitur yang bertujuan agar Sistem Operasi Windows yang digunakan selalu dalam keadaan terbaharui. Pada proses Update yang dilakukan melalui Windows Update biasanya dilakukan perbaikan bug, penambahan patch security dan service terbaru, serta perbaikan dan pembaharuan lainnya. Dengan demikian Windows Update akan membuat Sistem Operasi Windows anda selalu dalam keadaan aman dan up to date.

 

Meskipun dengan adanya manfaat tersebut, terkadang Windows Update tidak terlalu dibutuhkan dan bahkan hendak dimatikan saja. Salah satu alasannya adalah karena perubahan yang terjadi tidak terlalu terasa sementara PC/Laptop anda akan melakukan update secara otomatis pada saat tersedia pembaharuan. Karena pembaharuan yang berlangsung secara otomatis sehingga banyak pengguna yang tidak menyangka bahwa akan dilakukan pembaharuan, sehingga pada saat PC/Laptop dimatikan dan proses install pembaharuan sedang berlangsung beberapa pengguna akan menjadi bosan karena proses shutdown atau restart menjadi lebih lama.

Bagaimana mematikan Windows Update pada Windows 7?

Jika anda tidak membutuhkan Windows Update pada Windows 7, atau bahkan hendak mematikannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Masuk ke Control Panel, caranya dengan klik Control Panel di Start Menu atau dengan menekan Win + R lalu ketik control panel lalu tekan enter.

 

Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7 2
Langkah 2
Pada jendela Control Panel silahkan klik pada System and Security.

 

Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7 3
Langkah 3
Kemudian pilih Windows Update pada jendela System and Security.

 

Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7 4
Langkah 4
Untuk melakukan perubahan pada pengaturan Windows Update, klik Change Setting pada tab sebelah kiri.

 

Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7 5
Langkah 5
Untuk mematikan Windows Update pada Windows 7, ubah Install Update automatically (recomended) menjadi Never chech for update (not recomended).

 

Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7 6

Apa yang terjadi jika Windows Update dimatikan?

Jika anda mematikan Windows Update pada Windows 7 anda, maka tentu saja ada resiko yang harus anda tanggung. Resiko tersebut adalah Windows 7 anda tidak akan mendapatkan pembaharuan jika terdapat update terbaru untuk Windows 7. Dengan demikian, jika ada bug maka tidak akan ada perbaikan, patch security dan service tidak akan diperbaharui sehingga jika ada jenis malware baru maka Windows 7 anda akan menjadi lebih rentan.

Mengaktifkan kembali Update Windows pada Windows 7

Jika anda hendak mengaktifkan kembali Windows Update pada Windows 7 anda, maka caranya sangat mudah. Silahkan ubah kembali ubah Never chech for update (not recomended) menjadi Install Update automatically (recomended). Anda juga dapat memilih opsi lain, seperti Download updates but let me choose whether to install them untuk mendownload Update Windows 7 tetapi tidak menginstallnya secara otomatis melainkan anda bebas menginstallnya kapan saja, dan opsi satunya lagi yaitu anda bebas memilih waktu kapan saja untuk download Update Windows dan menginstallnya kapan saja

 

Itulah cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7, cara ini dapat anda gunakan jika anda merasa tidak perlu melakukan update secara berkala pada Windows 7 anda atau anda merasa terganggu dengan adanya Windows Update.
Baca juga  Cara membersihkan Drive hingga 20 GB setelah update Windows

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป