Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui

Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 1
Google Chrome merupakan salah satu Browser populer yang memiliki banyak pengguna yang berasal dari seluruh dunia. Hal ini tentu saja karena fitur yang ditawarkan. Namun tidak semua fitur yang terdapat pada Browser besutan Google ini sudah diketahui, masih ada fitur menarik lainnya yang sangat berguna namun belum banyak diketahui oleh pengguna Browser ini.

Fitur Menarik Google Chrome

Jika anda penasaran apa saja fitur menarik Google Chrome yang mungkin saja belum anda ketahui, silahkan simak uraian berikut.

Menyimpan Artikel secara offline

Fitur menarik yang pertama adalah sebuah fitur yang memungkinkan anda menyimpan sebuah halaman Web secara online Hal ini akan sangat bermanfaat jika ada informasi penting yang terdapat pada sebuah halaman Web, sementara anda tidak dapat online setiap saat, maka anda dapat menyimpan halaman tersebut agar dapat dibaca secara offline dikemudian hari.

 

Untuk melakukannya sangat mudah, cukup tekan CTRL + S pada keyboard. Kemudian pada jendela yang muncul silahkan ubah nama serta direktori tempat anda akan menyimpan halaman Web tersebut. Cara kedua adalah klik kanan pada halaman Web yang akan disimpan kemudian pilih Save As.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 2

Menyimpan halaman Web pada dokumen PDF

Selain anda dapat menyimpan sebuah halaman Web pada sebuah halaman Web offline, anda juga dapat menyimpan sebuah halaman Web menjadi sebuah dokumen PDF. Cara melakukannya cukup dengan tekan CTRL + P pada keyboard atau klik kanan pada halaman Web kemudian pilih Print. Pada jendela yang muncul Ubah Destination menjadi Save as PDF. Klik Save, Lalu ubah nama dokumen sesuai keinginan anda dan tentukan dimana anda akan menyimpan dokumen PDF tersebut.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 3

Incognito Mode (Mode Penyamaran)

Pada Google Chrome terdapat sebuah fitur yang memungkinkan anda melakukan browsing secara Privat. Fitur ini dikenal dengan nama Incognito Mode, jika anda menggunakan mode ini saat melakukan Browsing, maka browsing data anda seperti cache, cookies, history, dan browsing data lainnya tidak akan tersimpan. Berebeda halnya jika anda menggunakan mode standar maka semua data browsing anda akan tersimpan di server Google. Bagaimana menggunakan fitur ini? Klik kanan pada ikon Costumize atau titik tiga yang ada pada pojok kanan atas kemudian pilih New incognito window, atau anda juga dapat mengaktifkan fitur ini dengan menekan CTRL + SHIFT + N pada keyboard.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 4
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 5

Translate Halaman Web

Pada Google Chrome juga tersedia sebuah fitur yang sangat menarik dan bermanfaat. Fitur tersebut adalah fitur Translate this page. Dengan adanya fitur ini anda dapat menerjemahkan sebuah halaman Web tanpa harus mengcopy halaman tersebut kemudian ditranslate pada situs Google Translate. Fitur ini akan sangat bermanfaat jika anda sedang mengakses situs asing dan tidak mengerti bahasa yang digunakan situs tersebut, maka anda dapat menerjemakan halaman web tersebut ke bahasa yang anda mengerti.

 

Anda juga tidak usah hawatir mengenai ketersediaan bahasa yang bisa diterjemahkan, karena selama bahasa tersebut bisa di translate pada Google Translate maka bahasa tersebut juga akan tersedia pada fitur translate Google Chome ini. Bagaimana cara menggunakannya? Klik kanan pada halaman Web yang hendak anda translate, kemudian pilih Translate to English. Akan muncul sebuah popup pada pojok kanan atas Google Chrome, Jika anda ingin translate halaman Web tersebut ke bahasa Inggris dan tidak ingin mengubah bahasa maka lanngsung saja klik Translate. Tetapi, jika anda ingin mengubah bahasa klik Options pada Popup tersebut. Pada page lenguage ubah bahasa yang digunakan halaman Web yang akan diterjemahkan, dan pada translation lenguage pilih halaman Web tersebut akan diterjemahkan ke bahasa apa. Setelah itu klik Translate. Maka maka halaman Web anda akan diterjemahkan ke bahasa yang anda pilih. Perlu diketahui bahwa cepat atau lambatnya proses penerjemahan tergantung dari kecepatan internet anda.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 6

Google Chrome Task Manager

Selain pada Windows yang tersedia Task Manager, Google Chrome juga menyediakan Task Manager. Fitur Task Manager ini berfungsi untuk melihat apa saja yang berjalan saat anda menggunakan Browser Google Chrome. Anda dapat memantau penggunaan memory dan CPU pada tab dan ekstensi yang sedang berjalan pada Google Chrome. Hal ini akan sangat bermanfaat jika anda merasa Browser Google Chrome anda lambat, maka anda dapat memantau tab atau ekstensi yang penggunaan memory dan CPUnya sangat besar sehingga membuat Google Chrome anda lambat.

 

Untuk membuka Task Manager Google Chrome dapat anda lakukan dengan klik ikon Costumize kemudian arahkan kursor pada More Tools kemudian pilih Task Manager. Cara lain untuk membuka Task Manager Google Chrome adalah klik pada area Google Chrome kemudian tekan SHIFT + Esc pada keyboard.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 7

Reopen closed tab

Pada Google Chrome juga tersedia sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk membuka kembali Tab yang terakhir ditutup. Hal ini akan sangat bermanfaat jika anda tidak sengaja menutup Tab pada Google Chrome, atau Google Chrome anda blank dan tertutup secara paksa maka anda dapat membuka seklaigus semua Tab yang terbuka sebelum Google Chrome anda ditutup. Bagaimana menggunakannya? Klik pada ikon costumize dan arahkan kursor pada History Disana anda akan melihat Tab yang telah ditutup, silahkan klik Tab tersebut untuk mengembalikannya. Cara lainnya adalah dengan menekan CTRL + SHIFT + T pada keyboard.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 8

Melihat Source Code Halaman Web

Jika anda melihat sebuah halaman Web yang mungkin menarik dari segi visual atau ada fitur pada halaman tersebut yang membuat anda penasaran, maka anda dapat melihat kode dari halaman Web tersebut. Mungkin fitur ini lebih efektif dan bermanfaat bagi para Web Developer. Bagaimana melihat Source Code halaman Web? Klik kanan pada halaman Web tersebut kemudian pilih View page source atau bisa juga dengan menekan CTRL + U pada keyboard. Kemudian akan terbuka sebuah tab baru yang berisi source kode halaman Web yang anda buka.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 9

Mengedit halaman Web

Jika anda sedang membuka sebuah halaman Web dan hendak mengutak-atik atau mengeditnya, maka pada Google Chrome juga tersedia fitur seperti itu. Jika anda merupakan seorang Web Developer yang hendak melakukan Costumize pada Website anda, maka anda dapat mengubah dan mengutak-atik terlebih dahulu menggunakan fitur inspect yang disediakan oleh Google Chrome sebelum menerapkannya pada Web Editor anda. Bagaimana cara melakukannya? Silahkan klik kanan pada halaman Web kemudian pilih Inspect atau anda juga dapat melakukannya dengan menekan CTRL + SHIFT + I pada keyboard.
Fitur menarik Google Chrome yang belum diketahui 10

 

Itulah beberapa fitur menarik Google Chrome yang sangat berguna namun masih belum diketahui. Sekarang anda sudah mengetahuinya dan dapat menggunakan fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.
Baca juga  Cara Mematikan TouchPad Laptop saat Mouse Terpasang
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »