Membuat Vaksin Petya (NotPetya) agar komputer kebal infeksi

Membuat Vaksin Petya (NotPetya) agar komputer kebal infeksi 1

 

Mengingat bahwa Petya Wiper bukanlah sebuah Ransomware yang dapat anda bayar jika hendak data anda kembali, tetapi sebuah Wiper yang akan merusak data anda secara permanen. Maka anda perlu melakukan tindakan pencegahan agar hal buruk tersebut tidak menimpa komputer anda. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat sebuah vaksin Petya (NotPetya).

 

Banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya anda bisa membuat sendiri sebuah vaksin yang akan mencegah terjadinya infeksi Petya Wiper. Layaknya sebuah Biovirus, maka sebuah vaksin akan berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga berlaku pada komputer, dimana vaksin akan berperan untuk membuat komputer kebal dari infeksi Petya Wiper.

Bagaimana cara membuat Vaksin Petya?

Cara membuat Vaksin Petya sangatlah mudah jika dibandingkan dengan manfaatnya. Anda hanya perlu membuat tiga buah file di C:Windows dan mengubah hak aksesnya menjadi Read Only. Ketiga File tersebut adalah:

  • perfc
  • perfc.dat
  • perfc.dll
Untuk membuat ketiga file tersebut, silhkan ikuti langkha-langkah berikut:
Langkah 1
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menampilkan ekstensi pada File Explorer. Caranya dengan membuka File Explorer > view > Options.Kemudian pada tab view hilangkan tanda centang pada opsi Hide extensions for known file types lalu klik Apply.

 

Membuat Vaksin Petya (NotPetya) agar komputer kebal infeksi 3
Langkah 2
Buka C:Windows dan cari notepad.exe lalu copy notepad.exe tersebut sebanyak tiga kali yang akan menghasilkan tiga file baru yaitu:

  • notepad โ€“ Copy.exe
  • notepad โ€“ Copy (2).exe
  • notepad โ€“ Copy (3).exe

 

Membuat Vaksin Petya (NotPetya) agar komputer kebal infeksi 3
Langkah 3
Ubah nama (rename) ketiga file tersebut menjadi:

  • perfc(tanpa ekstensi)
  • perfc.dat
  • perfc.dll

Jika muncul notifikasi konfirmasi, klik saja Yes.

Baca juga  Cara download File ISO Windows 10 Creators Update langsung dari server Microsoft

 

Membuat Vaksin Petya (NotPetya) agar komputer kebal infeksi 4
Langkah 4
Selanjutnya ubah hak akses ketiga file tersebut dengan cara Klik kanan masing-masing pada file > Properties lalu pada jendela yang muncul centang read-only.

 

Membuat Vaksin Petya (NotPetya) agar komputer kebal infeksi 5
Sekarang anda telah selesai membuat Vaksin Petya (NotPetya) yang akan membuat komputer anda kebal dari inveksi atau serangan Petya Wiper.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป