Rilis versi terakhir, Pengembangan Media Player Clasic dihentikan

Bagi anda yang hobi menonton video maupun movie, maka anda pasti kenal dengan salah satu pemutar video yang dikenal dengan nama Media Player Classic. Pemutar video yang lebih dikenal dengan MPC-HC ini merupakan pemutar video yang cukup populer pada awal tahun 2000-an. Namun ada kabar mengejutkan terkait dengan akan dihentikannya pengembangan dari Media Player Classic. Setelah keberadaannya selama 11 tahun Media Player Classic merilis versi terakhir dan memutuskan untuk menghentikan pengembangannya.

Penyebab kematian Media Player Classic

Seiring dengan munculnya berbagai macam pemutar video yang memiliki fitur lebih dibanding Media Player Classic menyebabkan pengguna beralih dan meninggalkan Media Player Classic. Hal ini tentu saja sangat berdampak kepada pengembangan Media Player Classic yang bersifat Open Source. Dengan beralihnya pengguna ke Pemutar Media yang lain, maka kemungkinan besar pengembang akan terus berkembang. Dengan alasan dan prediksi bahwa pengembang akan terus berkembang dan dalam waktu kedepan akan mencapai titik nol, maka Media Player Classic dihentikan pengembangannya setelah perilisan Media Player Classic versi 1.7.13.

Apa yang baru dari versi terakhir yang dirilis?

Meskipun sudah dihentikan pengembangannya, tetapi masih sempat dirilis versi terbaru yang tentu saja menjadi versi terakhir dari Media Player Classic ini. Versi ini dikenal dengan build MPC-HC 1.7.13. Berikut perubahan yang dibawa pada MPC-HC 1.7.13.
  • LAV Filter v0.70.2
  • MediaInfoLib v0.7.97
  • Little CMS v2.8 (d41071e)
  • ZenLib v0.4.35
  • Unrar v5.5.6
  • Mengharuskan prosesor CPU dengan instruksi SSE2
  • Tambahkan opsi menu konteks untuk menyalin URL subtitel
  • Beralih dari mint ke MinHook karena lebih aktif dipelihara
Baca juga  Fitur baru Windows 10 Creators Update
Memang sangat disayangkan dengan penghentian ini, karena salah satu yang sangat disukai dari MPC adalah adanya kemampuan untuk memainkan video UH 4K, satu hal dimana media player lain yang populer seperti VLC masih tertinggal dalam hal ini. Meskipun versi terakhir ini sudah mendukung video 4K, namun salah satu kelemahan dari MPC adalah karena sifatnya sebagai media player cross platform. Akhrinya, inilah banyak hal yang menjadi masalah berbagai produk open source, yaitu terus berkurangnya pengembang serta sumber daya keuangan.

Download MPC-HC 1.7.13

Jika anda tertarik untuk mencoba versi terakhir dari Media Player Classic yaitu MPC-HC 1.7.13, maka saat ini sudah beredar dan bisa anda download secara gratis. Silahkan klik link Download MPC-HC 1.7.13 untuk download Media Player Classic versi terakhir.

 

Itulah info terkait dihentikannya pengembangan Media Player Classic setelah merilis versi terakhir. Tapi anda tenanga saja, anda masih dapat menggunakannya dengan resiko tidak akan ada lagi update atau pembaharuan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »