Apakah pengisian baterai Smartphone lebih cepat jika dihubungan dengan USB 3.0?

Apakah pengisian baterai Smartphone lebih cepat jika dihubungan dengan USB 3.0?
Apakah anda sering menggunakan port USB Laptop untuk mengisi daya Smartphone? Jika ya, maka akan timbul sebuah pertanyaan ‘Apakah pengisian baterai akan lebih cepat jika dihubungkan ke port USB 3.0?’. Jawaban dari pertanyaan ini akan anda temukan pada pembahasan kali ini.

 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka begitu juga terjadi peningkatan pada port USB. Anda pasti sudah tahu bahwa port USB 3.0 lebih baik dari port USB 2.0 jika diukur dari kecepatan transfer data. Namun bagaimana jika diukur dari daya listrik yang mampu disalurkan ke Smartphone saat dilakukan pengisian baterai Smartphone.

 

Sudah diketahui bersama bahwa port USB pada Komputer atau Laptop dapat digunakan untuk mengisi daya baterai Smartphone. Perlu diketahui juga bahwa ternyata tidak semua jenis port USB mempunyai kemampuan menghantarkan arus yang sama. Dalam spesifikasi port USB 1.0 dan 2.0 mampu menghantarkan arus hingga 500mA, sedangkan port USB 3.0 dapat menghantarkan arus hingga 900mA.

 

Perlu diketahui juga bahwa anda dapat melakukan pengisian daya menggunakan port USB tanpa khawatir terjadinya ledakan. Sementara pengisi daya yang lebih kuat dapat dengan mudah memenhi permintaan input pada perangkat yang lebih kuat, baterai dapat memompa daya ekstra ke perangkat yang kurang kuat dan merusaknya.

Apakah pengisian daya Smaprtphone akan lebih cepat pada port USB 3.0?

Jawaban dari pertanyaan tersebut tidaklah begitu mudah. Bisa ya, tidak, dan mungkin saja. Terlepas dari kemampuan port USB Komputer atau Laptop yang menggunakan USB 2.0 atau 3.0, jawabannya sangat bergantung pada kemampuan perangkat Smartphone anda. Jika perangkat Smartphone anda tidak dirancang untuk menerima daya lebih saat dilakukan pengisian ulang, maka baterai tidak akan terisi lebih cepat.

 

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, kebanyakan Smartphone hanya akan menerima input 500mA ketika dilakukan pengisian yang dihubungkan pada port USB. Disisi lain, beberapa perangkat yang memiliki kernel yang sudah dimodifikasi sehingga mampu menerima input daya lebih dari 500mA, maka pengisian akan berlangsung lebih cepat jika dihubungkan ke port USB 3.0 pada Komputer atau Laptop.

 

Selain faktor port USB dan kemampuan Smartphone dalam menerima daya, hal lain yang juga perlu diperhatikan jika ingin pengisian daya Smartphone berlangsung lebih ceppat adalah jenis kabel USB yang digunakan. Sama seperti Smartphone dan port USB 3.0, kabel USB yang anda gunakan juga harus memiliki kemampuan transfer daya lebih dari 500mA. Jadi, jangan berharap pengisian daya akan berlangsung lebih cepat jika menggunakan kabel USB 1.0 atau 2.0.

 

Jadi, Apakah pengisian daya baterai akan lebih cepat jika dihubungkan pada port USB 3.0? jawabannya adalah hal tersebut mungkin jika perangkat anda mempunyai kemampuan menerima daya yang lebih dari 500mA dan juga jika anda menggunakan kabel USB 3.0 yang dapat menghantarkan daya listrik lebih dari 500mA.
Baca juga  Google Resmi Memperkenalkan Android 8.0 sebagai Android Oreo

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป