Cara Melakukan Screenshoot (Tangkapan Layar) di Windows

Cara Melakukan Screenshoot (Tangkapan Layar) di Windows 1
Bagi anda pengguna Smartphone, mungkin sudah menjadi hal biasa ketika melakukan tangkapan layar atau screenshoot pada Smartphone. Hal ini biasanya dilakukan untuk membagikan atau menyimpan gambar hasil screenshoot tersebut. Mungkin anda pernah memikirkan untuk melakukan tersebut pada PC/Laptop anda. Hal tersebut sangat mungkin, karena bagi anda pengguna Windows terdapat beberapa cara untuk melakukan Screenshoot pada layar PC/Laptop yang menggunakan Sistem Operasi Windows.

Cara melakukan Screenshoot di Windows

Untuk melakukan screenshoot pada Windows terdapat beberapa cara. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak membutuhkan atau tidak mengharuskan anda menginstall aplikasi tambahan karena fitur yang akan digunakan sudah tersedia pada bawaan Windows.

Screenshoot Menggunakan Snipping Tool

Untuk mengambil tangkapan layar atau screenshoot pada Windows, baik Windows 7, Windows 8/8.1 dan Windows 10 maka cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan tool Snipping Tool. Snipping Tool ini tidak perlu anda install, karena sudah tersedia pada bawaan Windows. Bagaimana cara mengambil tangkapan layar atau screenshoot menggunakan Snipping Tool?
Langkah 1
Buka program Snipping Tool dengan cara ketik Snipping Tool pada Start Menu.
Langkah 2
Pada jendela Snipping Tool, anda bisa mengatur mode screenshoot seperti full screen snip, free from snip, dan mode lainnya.
Langkah 3
Setelah mengatur mode, klik New untuk mulai mengambil tangkapan layar (screenshoot) pada Windows.

Cara Melakukan Screenshoot (Tangkapan Layar) di Windows 2
Langkah 4
Setelah selesai mengambil gambar screenshoot, simpan gambar tersebut dengan klik pada icon Save, silahkan simpan pada direktori dan nama file sesuai keinginan anda.

Screenshoot Menggunakan Tombol PrtSc atau Print Screen pada Keyboard

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, bahwa pada Keyboard sebenarnya sudah tersedia tombol khusus untuk melakukan screenshoot pada Windows. Tombol PrtSc atau Print Screen adalah sebuah tombol yang dibuat khusus untuk mengambil tangkapan layar. Tapi berbeda dengan melakukan screenshoot menggunakan snipping tool yang dapat mengatur area mana saja yang akan diambil sebagai hasil screenshoot. Jika anda menggunakan metode ini, maka secara dafault akan mengambil seluruh area layar sebagai hasil screenshoot. Bagaimana melakukannya?
Langkah 1
Silahkan tekan tombol PrtSc pada keyboard.
Langkah 2
Setelah anda menekan tombol tersebut, maka hasil tangkapan layar sebenarnya sudah ada dalam clipboard tetapi tidak ditampilkan. Untuk menampilkannya silahkan buka Photo Editor seperti Paint kemudian lakukan paste dengan menekan tombol kombinasi Crtl + V pada Keyboard.
Cara Melakukan Screenshoot (Tangkapan Layar) di Windows 3
Langkah 3
Simpan foto hasil tangkapan layar tersebut dengan menekan icon Save.

Screenshoot Menggunakan Screenshoot area khusus Windows 10

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk melakukan screenshoot adalah dengan menggunakan tombol kombinasi untuk menggunakan fitur Screenshoot area. Namun cara ini hanya tersedia pada Windows 10. Bagaimana melakukannya?
Langkah 1
Tekan tombol kombinasi Win + Shift + S untuk mengaktifkan fitur Screenshoot area. Untuk menentukan area mana yang akan diambil, klik pada area tertentu yang akan menjadi titik awal pengambilan gambar kemudian drag dan lepaskan ke titik terakhir sehingga akan dihasilkan sebuah gambar berbentuk rectangle.
Cara Melakukan Screenshoot (Tangkapan Layar) di Windows 4
Langkah 2
Namun sama seperti ketika menggunakan tombol PrtSc dimana hasilnya tidak akan langsung ditampilkan. Untuk menampilkannya silahkan buka Photo Editor seperti Paint kemudian lakukan Paste dengan menekan Ctrl + V pada Keyboard. Untuk menyimpan gambar hasil tangkapan layar klik icon Save pada aplikasi Paint.

 

Itulah beberapa cara melakukan screenshoot pada Windows. Namun, perlu diketahui bahwa cara tersebut hanya akan bekerja jika anda sudah masuk ke dalam Windows dan tidak pada Locksceen Windows. Namun, anda juga dapat melakukan Screenshoot pada Lockscreen Windows meskipun menggunakan cara berbeda.
Baca juga  Tips mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Yang Hilang Setelah Upgrade Windows 10

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป