Cara Mematikan Komputer dengan Timer (Autoshutdown menggunakan CMD)

Cara Mematikan Komputer dengan Timer (Autoshutdown menggunakan CMD) 1
Pernahkah anda terfikir untuk membuat Komputer atau Laptop anda mati secara otomatis? Misalnya anda sedang menunggu proses yang dilakukan komputer dan bosan memantaunya terus sehingga ingin set timer 5 menit dimana komputer akan mati dalam waktu 5 menit. Ada banyak cara untuk melakukannya, anda bisa menggunakan atau menginstall program tambahan atau bisa juga memanfaatkan tool bawaan Windows seperti CMD.

Mengatur Timer Autoshutdown dengan CMD

Hanya dengan bermodalkan Command Prompt yang ada pada Windows, anda dapat mengatur waktu dimana Komputer atau Laptop akan mati sendiri. Yang perlu anda ketahui hanyalah perintah cmd yang digunakan untuk mengatur timer autoshutdown pada Komputer atau Laptop. Lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Buka Command Prompt dan jalankan sebagai Administrator. Caranya silahkan buka Start Menu kemudian ketikkan Command Prompt, klik kanan pada Command Prompt lalu pilih Run as Administrator.
Cara Mematikan Komputer dengan Timer (Autoshutdown menggunakan CMD) 2
Langkah 2
Untuk mengatur timer autoshutdown dengan CMD, pada jendela CMD ketik perintah berikut kemudian tekan Enter pada Keyboard.
shutdown -s -t 60
Perhatikan perintah tersebut, perintah ini adalah perintah untuk melakukan shutdown pada Komputer dalam waktu 60 detik. -s disini maksudnya metode yang digunakan adalah shutdown, dan -t 60 adalah timer yang diatur dan hitungannya dalam detik. Misalkan anda ingin mengatur timer 2 menit silahkan tulis -t 120.
Cara Mematikan Komputer dengan Timer (Autoshutdown menggunakan CMD) 3
Langkah 3
Tidak hanya metode Shutdown yang bisa dilakukan, anda juga bisa melakukan Restart, Log off, dan Hibernate. Berikut perintahnya

Shutdown -s : Shutdown
Shutdown -r : Restart
Shutdown -l : Log Off
Shutdown -h : Hibernate

 

Sekarang anda sudah berhasil membuat timer autoshutdown pada Komputer atau Laptop yang akan mematikan Komputer sesuai dengan timer yang diatur.

Membatalkan Timer Autoshutdown

Setelah anda mengatur timer autoshutdown, bagaimana jika tiba-tiba anda harus membatalkan timer tersebut karena ada sesuatu yang harus dilakukan dan Komputer tidak boleh mati dalam jangka waktu tertentu. Anda dapat membatalkan timer yang sudah dibuat dengan menggunakan perintah abort pada CMD, silahkan ketik perintah berikut pada CMD kemudian tekan Enter pada Keyboard.
shutdown -a
Cara Mematikan Komputer dengan Timer (Autoshutdown menggunakan CMD) 4

 

Itulah cara mematikan Komputer dengan timer, cara ini tentu saja sangat praktis karena anda tidak perlu menginstall aplikasi shutdown timer tambahan atau semacamnya, melainkan hanya menggunakan perintah CMD.
Baca juga  Mengubah Fungsi Tombol Power pada Laptop OS Windows

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป