Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo

Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 1


Sudah menjadi hal biasa bahwa setiap peningkatan versi dari Suatu Produk baik berupa Aplikasi maupun Sistem Operasi, maka sudah pasti terdapat fitur baru yang akan hadir pada versi baru tersebut dan tidak terdapat pada versi sebelumnya. Setelah Google meresmikan Android 8.0 sebagai Android Oreo, maka anda pasti penasaran mengenai fitur menarik apa yang akan hadir di Android Oreo (8.0) yang pastinya tidak terdapat pada versi Android sebelumnya.

Fitur menarik yang akan hadir di Android Oreo

Android Oreo memang belum tersedia di Ponsel yang kompitabel secara umum, namun secara khusus kabarnya Android Oreo bisa didapatkan jika anda memiliki Ponsel Google Pixel, Google Pixel XL, Nexus 6P, Nexus 5P, dan Pixel C. Namun, tidak ada salahnya meskipun belum tersedia secara umum, anda mengetahui terlebih dahulu apa saja keunggulan dan fitur pembaharuan dari Sistem Operasi sejuta umat ini.

Fitur keamanan semakin membaik
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 2


Tidak ada yang mengatakan bahwa pada versi Android sebelumnya dibekali dengan fitur keamanan yang buruk, namun tentu saja pada Android Oreo ini dibekali dengan fitur keamanan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Fitur ini memang tidak akan terlihat banyak atau tidak akan anda rasakan secara langsung dalam penggunaan sehari-hari. Namun, Android Oreo akan menjamin adanya peningkatan keamanan terhadap perangkat yang disertakan pada Google Play Protect. Fitur ini akan memindai aplikasi secara otomatis dan sistem secara keseluruhan, kemudian meningkatkan dukungan enkripsi agar data-data pengguna tetap aman.
Proses Booting lebih cepat
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 3
Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri dari suatu Sistem Operasi adalah kecepatan Booting saat perangkat dihidupkan. Melihat hal tersebut, Android Oreo akan meningkatkan waktu Booting perangkat yang lebih cepat. Kabar terbaru bahwa yang dijadikan pembanding adalah Google Pixel saat ini. Android Oreo akan memberikan Booting yang kecepatannya dua kali lebih cepat dari Google Pixel saat ini.
Fitur Picture in Picture (PiP)
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 4
Fitur Picture in Picture ini sebenarnya sedang menjadi hal yang ramai dikembangkan pada Pengembang Sistem Operasi. Sebelumnya fitur PiP ini sudah hadir sebagai fitur baru di Windows 10. Fitur Picture in Picture ini memungkinkan video tetap muncul meskipun tampilan aplikasinya diperkecil. Dengan adanya fitur ini anda bisa menjalankan program lainnya dalam satu perangkat tanpa harus mematikan video tersebut. Meskipun demikian, tidak semua aplikasi memiliki dukungan ini karena dari sisi aplikasinya sendiri harus memiliki dukungan terhadap fitur Picture in Picture ini.
Notification Dots
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 5
Notification Dots adalah sebuah fitur yang akan menampilkan pemberitahuan berupa balon percakapan jika ada notifikasi dari aplikasi yang terdapat di Beranda. Notification Dots memungkinkan layar perangkat anda penuh dengan notifikasi. Sebab ketika ada notifikasi dari aplikasi yang ada di beranda, maka tidak hanya angka di sudut kanan atas saja yang muncul, namun pemberitahuan itu akan berupa balon percakapan yang menampilkan isi dari notifikasi tersebut. Hal ini tentu saja akan membuat layar Ponsel menjadi cukup padat dan penuh.
Emoji model baru
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 6
Bagi anda yang sering menggunakan Emoji dalam memberikan ekspresi tanpa teks, maka ini merupakan kabar baik. Google akan menambahkan 60 karakter emoji baru dan telah mengubah desain dari emoji yang lama. Sehingga dengan adanya penambahan emoji ini, maka pengungkapan ekspresi menggunakan emoji akan menjadi lebih semarak.
Tampilan Pengaturan yang baru
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 7
Tampilan pengaturan memang selalu berubah hampir pada setiap peningkatan versi. Pada Android Oreo, Menu Pengaturan akan membuat anda pungling. Meskipun tidak terlalu samar, namun terdapat beberapa perubahan yang membuat sedikit canggung dalam menjalankan menu ini. Hal ini disebabkan adanya perubahan dalam tampilan pengaturan di Android Oreo. Tampilannya lebih sederhana dan tidak dibagi-bagi dalam bentuk grup sebagaimana menu sebelumnya.
Instant App yang bisa dipasang secara default
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 8
Instant App ini sebenarnya sudah ada pada versi sebelumnya yaitu sejak hadirnya Android Marshmallow. Namun, pada Android Oreo Instant App bisa diatur secara default. Maksudnya adalah, jika pada jaman Android Marshmallow perlu ada sebuah klik untuk menjalankannya, pada Android Oreo bisa terpasang secara otomatis atau by default.
Fitur pengisian otomatis (Autofill)
Fitur Baru dan Menarik yang Akan Hadir di Android Oreo 9
Jika anda pengguna Google Chrome, maka anda sudah pasti pernah merasakan bagaimana fitur Autofill bekerja. Namun perbedaannya adalah, pada Google Chrome datanya tersimpan di cookies browser dan tentu saja hal ini tidak berlaku pada aplikasi Android. Pada Android Oreo, fitur pengisian otomatis atau autofill ini bisa dilakukan. Artinya Android Oreo bisa mengingat data login pengguna di Aplikasi yang terdapat pada Ponsel tersebut. Tentu saja fitur ini dapat diaktifkan dengan persetujuan pengguna.

 

Itulah fitu baru dan menarik yang akan hadir pada Android Oreo. Bagaimana, penasaran untuk mencobanya? Jika anda memiliki Ponsel Google Pixel, Google Pixel XL, Nexus 6P, Nexus 5P, dan Pixel C maka tidak perlu khawatir karena akan ada Update ke Android Oreo nantinya.
Baca juga  Fitur baru yang batal hadir pada Windows 10 Creators Update

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »