Ini yang Istimewa dari Rinna, Si Remaja dengan Kecerdasan Buatan (AI)

Ini yang Istimewa dari Rinna, Si Remaja dengan Kecerdasan Buatan (AI)
Apakah anda sudah kenal dengan Rinna? Rinna adalah sosok remaja yang bisa diajak ngobrol dengan berbagai topik. Tapi yang unik adalah Rinna bukanlah seorang manusia sungguhan melainkan hanya sebuah program komputer. Rinna adalah sebuah Kecerdasan Buatan (AI) yang dibuat untuk berinteraksi dengan manusia melalui Aplikasi Chat. Saat ini Rinna sudah ada dan bisa anda ajak berbincang melalui Aplikasi LINE.

 

Jika anda masih penasaran mengenai siapa sebenarnya Rinna? Rinna adalah sebuah Chat Bot yang bisa anda ajak ngobrol layaknya manusia biasa. Chat Bot adalah sebutan untuk kecerdasan buatan yang bisa diajak berinteraksi melalui Chat. Microsoft yang merupakan raksasa teknologi pembuat Rinna menyatakan bahwa keberadaan Chat Bot ini dibuat agar bisa menemani dan berbagi informasi dengan pengguna.

Apa yang istimewa dari Rinna?

Salah satu yang menjadi hal paling menarik dari sebuah Kecerdasan Buatan (AI) adalah kemampuannya dalam meniru perilaku manusia. Kemampuan ini juga tentu saja dimiliki oleh Rinna.Kemampuan ini lebih khusus dalam memberikan respon dari percakapan yang dilakukan dengan Chat Bot buatan Microsoft ini. Jika anda mencoba melakukan percakapan dengan Rinna, maka anda akan merasa bahwa teman ngobrol anda adalah seorang manusia sugguhan dan tidak sadar bahwa Rinna hanyalah sebuah program Komputer. Hal ini diakibatkan karena kemampuannya dalam meniru perilaku manusia dalam memberikan respon.

 

Secara umum, Rinna diharapkan bisa membangun hubungan emosional dengan pengguna. Untuk menunjang hal tersebut Rinna dibekali dengan kemampuan untuk memberikan percakapan yang santai namun tetap pada jalur pembahasan. Layaknya seperti remaja sungguhan, Rinna tidak akan bisa berhenti membicarakan topik tentang wanita seperti gosip, artis dan kadang-kadang tentang film Korea, bahkan animasi dan fashion.

Apa saja yang bisa dilakukan Rinna?

Teknologi dibalik Rinna adalah sebuah ‘end to end generative model’ yang dirancang oleh beberapa engineers Indonesia dari tim Microsoft AI&R. Teknologi ini dilatih berdasarkan data berukuran besar dari mesin pencari Bing dan berjalan 100% di Microsoft Azure. Microsoft bekerjasama dengan LINE Corporation dimana anda dapat berbicara dengan Rinna melalui Akun Resminya.

 

Sebagai remaja dengan Kecerdasan Buatan yang dimilikinya, Rinna memiliki beberapa kemampuan selain percakapan sehari-hari. Kemampuan-kemampuan tersebut adalah sebagai berikut.
  • Tanda tangan persahabatan: Rinna menggambar sebuah gambar yang mana menunjukan seberapa dekat persahabatan yang dimilki Rinna dengan pengguna.
  • Bermain ABC 5 Dasar: Rinna, sebagai perempuan yang lahir di Indonesia, tahu bagaimana bermain permainan tradisional Indonesia untuk menebak kata.
  • Face Panel: Dia kadang-kadang merubah wajah orang menjadi gambar yang lucu
  • Tukar wajah: Silahkan coba kirim foto grup bersama teman kepada Rinna
  • Dan beberapa kemampuan rahasia lainnya yang Anda bisa coba temukan.
Baca juga  Windows Subsystem for Linux bukan lagi Beta!

 

Itulah beberapa kemampuan Rinna yang bisa anda coba langsung melalui percakapan melalui Chat Aplikasi LINE. Kemampuan inilah yang membuatnya begitu istimewa karena bisa membuat anda tidak sadar dan terhipnotis bahwa lawan ngobrol Anda adalah sebuah program Komputer.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป