Membuat monitor/laptop biasa menjadi layar sentuh (touchscreen), begini caranya!

Membuat monitor/laptop biasa menjadi layar sentuh (touchscreen), begini caranya! 1
Laptop ataupun Personal Computer saat ini merupakan salah satu gadget yang sudah menjadi kebutuhan penting untuk melengkapi kehidupan sehari-hari. Berbagai macam jenis dan model Laptop ditawarkan oleh berbagai vendor. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, muncullah sebuah teknologi yang memungkinkan anda untuk mengontrol perangkat anda hanya dengan menyentuh pada layar atau dikenal dengan istilah touchscreen (layar sentuh). Dan tentu saja tidak butuh waktu lama teknologi layar sentuh ini sudah ditanamkan pada Laptop. Berbagai inovasi terus berkembang, seperti misalnya hadirnya laptop 2 in 1 yang didukung dengan layar touchscreen sehingga dapat juga dijadikan layaknya sebuah tablet.

 

Dengan dukungan fitur yang sangat bervariasi seperti layar sentuh yang digunakan, maka tentu saja akan menambah harga atau nilai jual dari Latop layar sentuh tersebut. Harga Laptop layar sentuh yang sangat mahal inilah yang menjadi penyebab tidak semua kalangan pengguna gadget bisa menikmati Laptop dengan layar toucscreen yang diakibatkan karena keterbatasan dana. Namun, anda jangan khawatir karena anda masih bisa berbangga hati dan berbahagia karena saat ini Laptop biasa sudah bisa disulap menjadi layar sentuh. Jika anda mempunyai sebuah monitor atau laptop biasa (non touchscreen) maka anda bisa mengubahnya menjadi sebuah layar touchscreen.

Mengubah layar biasa menjadi layar sentuh (Touchscreen)

Laptop sederhana dan masih layak pakai dapat anda ubah menjadi laptop layar sentuh, begitu juga dengan monitor lama namun masih berfungsi normal dapat anda buat menjadi monitor layar sentuh. Cara membuat laptop menjadi layar sentuh (touchscreen) sangatlah mudah, anda hanya memerlukan sebuah perangkat tambahan plug & play yang disebut dengan nama AirBar. Perangkat ini memiliki bentuk yang sangat sederhana, yaitu bentuk persegi panjang dan tipis. AirBar merupakan produk besutan sebuah perusahaan startup asal Swedia, Neonode.
Membuat monitor/laptop biasa menjadi layar sentuh (touchscreen), begini caranya! 2

Bagaimana cara kerjanya?

AirBar dilengkapi dengan sebuah kabel USB yang bisa disambungkan ke Laptop anda. Cara kerja AirBar sangat sederhana, Anda terlebih dahulu harus menancapkan kabel USB AirBar ke Laptop anda kemudian simpan AirBar pada bagian bawah layar Laptop. Jika anda menggunakan Personal Computer maka tancapkan kabel USB AirBar pada CPU lalu tempel AirBar pada bagian bawah monitor. Ketika anda sudah menyambungkan AirBar ke Laptop anda dengan menghubungkan kabel USB tadi, maka AirBar akan memproyeksikan cahaya yang tak terlihat di seluruh layar.

 

Ketika jari anda atau alat bantu seperti pena atau kuas menutupi cahaya tersebut, maka jari anda atau benda tersebut bereaksi tanpa benar-benar menyentuhnya. Sentuhan tersebut akan ditransformasikan sehingga seolah-olah layar yang anda sentuh adalah sebuah layar dengan teknologi touchscreen. AirBar dapat dipasangkan dengan berbagai jenis ukuran Laptop atau layar monitor mulai dari ukuran 11.6 inch, 13.3 inch, 14 inch, sampai 15.6 inch. Nantinya AirBar akan dirilis untuk perangkat komputer yang memiliki layar dengan dimensi yang lebih luas.
Membuat monitor/laptop biasa menjadi layar sentuh (touchscreen), begini caranya! 3

Berapa harga perangkat AirBar?

Soal urusan harga anda tidak perlu risau, karena tentu saja tidak akan semahal Laptop layar sentuh. Harga gadget AirBar hanya dibanderol senilai 70 USD atau sekitar Rp. 940.000,- untuk semua ukuran layar yang tersedia. Jadi bagi anda yang ingin menikmati rasanya menggunakan Laptop layar sentuh namun dana terbatas, maka anda dapat membuat laptop anda menjadi layar sentuh dengan bantuan perangkat AirBar ini. Dan tentu saja dana yang anda keluarkan tidak terlalu banyak, karena AirBar hadir dengan harga yang tergolong murah.
Baca juga  Microsoft menggelar event #MSBuild, Apa itu?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป