Cara Mematikan TouchPad Laptop saat Mouse Terpasang

Cara Mematikan TouchPad Laptop saat Mouse Terpasang 1

Pada Laptop memang disediakan TouchPad yang berfungsi sebagai alat navigasi untuk menggerakkan kursor. TouchPad ini sebenarnya mempunyai fungsi yang sama seperti Mouse, bedanya adalah TouchPad sudah build-in pada Laptop dan Mouse merupakan perangkat eksternal atau perangkat tambahan. Tapi, meskipun fungsi TouchPad memiliki fungsi yang sama dengan Mouse, banyak orang yang lebih suka dan lebih nyaman menggunakan Mouse dibanding menggunakan TouchPad.

 

Bagi anda yang sering menggunakan Mouse pada Laptop, seringkali terjadi kondisi dimana TouchPad tidak akan langsung mati secara otomatis ketika Perangkat Mouse disambungkan ke Laptop. Dengan kondisi seperti ini maka bisa saja mengganggu anda karena adanya dua input untuk kursor, selain itu jika anda melakukan navigasi menggunakan mouse dan tidak sengaja menyentuh TouchPad maka kursor akan berpindah dari tempat yang anda inginkan.

 

Jika anda tidak senang dan merasa terganggu dengan kondisi adanya dua input kursor tersebut, maka anda dapat mematikan fungsi TouchPad sehingga hanya akan ada satu input kursor yaitu dari Mouse.

Cara mematikan TouchPad pada Laptop

Jika anda hendak mematikan TouchPad pada Laptop, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Mulai dari menekan Tombol yang tersedia pada Laptop, serta melalui Control Panel.

Mematikan Touchpad Laptop melalui tombol pada Keyboard

Sebenarnya, beberapa jenis Laptop telah dilengkapi dengan satu tombol khusus pada Keyboard yang berfungsi untuk mematikan atau mengaktifkan Touchpad. Tapi, hal yang perlu diketahui adalah bahwa masing-masing jenis Laptop mempunyai tombol yang berbeda bentuk dan penempatannya.

 

Misalnya, jika anda menggunakan Laptop Lenovo maka untuk mematikan atau mengaktifkan TouchPad Laptop cukup dengan menekan F6 atau anda bisa melihat icon Touchpad yang diberi tanda strep. Jika anda menggunakan Laptop Acer, maka anda dapat mematikan atau mengaktifkan Touchpad dengan menekan tombol Fn + F7 pada Keyboard. Jika anda menggunakan Laptop Asus, cukup dengan menekan tombol Fn + F9 untuk mematikan Toucpad, dan tekan sekali lagi untuk mengaktifkan kembali.

Cara Mematikan TouchPad Laptop saat Mouse Terpasang 2

 

Jika Laptop yang anda gunakan bukan salah satu dari contoh diatas, maka jika Laptop anda dilengkapi dengan tombol ini akan ditemukan sebuah tombol dengan icon Touchpad dan biasanya terletak antara tombol F1-F12.

Mematikan Toucpad Laptop melalui Control Panel

Jika ternyata pada Laptop anda tidak tersedia sebuah Tombol khusus yang bisa digunakan untuk mematikan Touchpad Laptop, maka cara lain yang bisa anda gunakan adalah mematikan Touchpad melalui Control Panel. Cara ini bisa anda lakukan pada Windows 7, Windows 8/8.1, serta Windows 10. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1

Buka Control Panel dan pergi ke Hardware and Sound. Dibawah Opsi Device and Printers klik menu Mouse.

Cara Mematikan TouchPad Laptop saat Mouse Terpasang 3
Langkah 2

Pada langkah ini klik pada tab Device Settings yang terletak paling Kanan. Kemudian sesuaikan dengan Laptop anda, jika menggunakan Synaptics Touchpad maka klik Disable kemudian klik Apply. Jika yang digunakan adalah ELAN Touchpad silahkan klik Stop Device kemudian klik Apply. Dengan demikian Touchpad pada Laptop anda akan menjadi nonaktif.

Cara Mematikan TouchPad Laptop saat Mouse Terpasang 4

 

Itulah cara mematikan Toucpad pada Laptop ketika Mouse terpasang. Dengan demikian anda tidak akan lagi merasa terganggu dengan adanya dua input pada kursor.
Baca juga  5 Cara screenshot di windows 10

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป