Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows 1

Pada Sistem Operasi Windows tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Partisi Hardisk. Untuk dapat mengatur partisi pada Hardisk biasanya digunakan Huruf atau lebih akrab dikenal dengan sebutan Drive Letter. Drive Letter ini akan menjadi identitas suatu Partisi saat digunakan oleh system. Driver Letter tersebut diantaranya adalah Drive (C:) yang pastinya berisi file System Windows. Adapun File tempat penyimpanan data biasanya adalah Drive (D:) atau (E:).

 

Ketika anda menginstall Windows pada PC/Laptop, maka secara otomatis Huruf Partisi atau Drive Letter tersebut akan ditambahkan secara otomatis pada setiap Partisi. Huruf Partisi ini juga akan membuat urutan atau susunan tampilan Partisi pada File Explorer. Tentu saja, akan dimulai dari (C:), (D:), (E:), dan seterusnya.

 

Dengan konsisi tersebut, ada kalanya Huruf Partisi yang ada secara otomatis beserta urutannya tidak sesuai dengan keinginan. Misalnya saja, anda menginginkan suatu Partisi berada pada Drive (D:), melainkan oleh System disimpan pada Drive (E:). Jika kasus tersebut menimpa anda, maka jangan khawatir karena Huruf Partisi tersebut dapat diubah dengan mudah.

Cara mengubah Drive Letter Partisi Hardisk

Untuk mengubah Drive Letter atau Huruf Partisi pada Hardisk yang menggunakan Sistem Operasi Windows, caranya sangat mudah. Selain itu, anda juga tidak memerlukan tool tambahan atau aplikasi lain untuk melakukannya. Sebuah fitur untuk melakukan pengaturan ini sudah disediakan oleh Windows secara default. Yang perlu anda ketahui adalah bagaimana cara melakukannya. Untuk dapat mengubah atau mengganti Huruf Partisi pada Hardisk Windows, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Silahkan buka Disk Management, caranya anda bisa mencari Disk Management pada Start Menu Windows atau bisa juga dengan mengetikkan diskmgmt.msc pada jendela Run (WIN + R). Disini anda aka melihat Daftar Partisi yang terdapat pada Hardisk Anda, baik yang tampil pada File Explorer maupun yang tidak tampil. Sebagai catatan bahwa Partisi tidak akan tampil pada File Explorer jika tidak diberikan Huruf Partisi atau Drive Letter.

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows 2
Langkah 2
Untuk mengubah Huruf Partisi silahkan klik kanan pada Partisi yang hendak diubah Hurufnya kemudian pilih Change Drive Letter and paths…. Misalnya disini yang akan diubah adalah Partisi (F:) menjadi Partisi (E:).

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows 3
Langkah 3
Pada jendela yang muncul klik pada Huruf Partisinya kemudian klik Change….

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows 4
Langkah 4
Kemudian pada jendela selanjutnya, silahkan pilih Huruf Partisi baru yang diinginkan pada menu dropdown Assign the following drive letter:. Jika sudah selesai silahkan klik Ok. Jika muncul peringatan silahkan pilih Yes.

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows 5

 

Sekarang anda sudah berhasil mengubah Huruf Partisi atau mengubah Drive Letter partisi pada hardisk anda. Namun, bagaimana jika hendak menukar Huruf partisi. Misakan Drive (D:) hendak ditukar dengan Drive (E:), tujuannya bisa saja agar partisi hardisk pada PC/Laptop anda terurut dan sesuai kehendak.

Menukar Drive Letter partisi Hardisk

Pada langkah-langkah diatas, anda dapat mengubah Huruf partisi dan menggantinya dengan huruf partisi yang belum digunakan sebelumnya. Namun, bagaimana jika anda hendak mengubah huruf partisi dan mengubahnya menjadi huruf yang sudah digunakan pada Partisi lain, atau anda hendak menukarnya. Tentu saja anda juga dapat melakukannya menggunakan tool bawaan Windows ini. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Buka kembali Disk Management.
Langkah 2
Disini yang perlu anda lakukan adalah silahkan hapus dulu drive partisi yang akan dijadikan target. Misalnya anda hendak mengubah Partisi (E:) menjadi (D:), namun partisi (D:) sudah digunakan pada partisi lain, maka silahkan hapus terlebih dahulu Drive Partisi (D:). Silahkan klik kanan pada partisi (D:) kemudian pilih Change Drive Letter and Paths….
Langkah 3
Pada jendela yang muncul silahkan klik pada Drive partisi yang akan dihapus hurufnya, kemudian klik Remove. Jika sudah selesai, silahkan klik Ok.

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows 6
Langkah 4
Ssekarang anda sudah berhasil menghapus Drive Partisi yang hendak digunakan untuk Drive Letter Partisi yang baru. Selanjutnya anda bisa mengubah Huruf Partisi seperti pada Langkah-langkah diatas.

 

Itulah cara mengganti Huruf Partisi pada Hardisk Windows, Cara ini tentu saja sangat mudah dan anda tidak harus menggunakan tool atau aplikasi lain karena sudah tersedia pada bawaan Windows. Tentu saja cara ini bisa digunakan untuk membuat partisi anda lebih rapi. Perlu diketahui juga bahwa cara ini bisa dilakukan pada Windows 7,8/8.1, dan Windows 10.
Baca juga  Cara Mudah Mengetahui Password WiFi Menggunakan CMD

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป