CCleaner Terkena Hack, Ini yang Harus Dilakukan Pengguna

CCleaner Terkena Hack, Ini yang Harus Dilakukan Pengguna 1

Jika anda merupakan salah satu dari pengguna setia software CCleaner, maka ada kabar buruk yang harus diketahui. CCleaner yang merupakan software utilitas yang berfungsi agar PC/Lpatop dalam keadaan smooth atau dalam performa terbaik baru-baru ini dikabarkan telah diretas oleh Hacker yang kemudian menyusupkan Malware kedalamnya.

 

Singkatnya, produk CCleaner baik untuk PC/Laptop, Smartphone maupun yang berbasis cloud ini telah disusupi oleh hacker dan weaponized dengan malware yang sangat berbahaya dan dapat mengganggu keamanan data anda. Jadi bisa dikatakan bahwa pengguna CCleaner saat ini sedang dalam keadaan bahaya.

Malaware jenis apa yang terdapat pada CCleaner?

Seorang peneliti keamanan cyber di Cisco Talos menyebutkan bahwa aplikasi bersih-bersih gratis ini telah di hack dan banyak sekali perangkat yang dalam bahaya. CCleaner ini telah menjadi target para hacker dengan menambahkan sebuah ‘pintu belakang’ yang bisa digunakan untuk memasukkan malware, ransomware dan keyloggers ke dalam aplikasi tersebut.

CCleaner Terkena Hack, Ini yang Harus Dilakukan Pengguna 2

 

Lebih lanjut, temuan Cisco Talos menyebutkan jika aplikasi CCleaner versi 5.33 yang tersedia pada rentang waktu 15 Agustus – 12 September telah dimodifikasi untuk memasukkan Malware Floxif yang merupakan malware downloader yang akan mengumpulkan informasi mengenai sistem yang telah terjangkiti dan mengirimkan data yang ada ke C&C server milik hacker. Jadi malware jenis ini bisa dikategorikan sebagai malware mata-mata.

Apa saja informasi yang dilihat Malware Floxif?

Karena Malware Floxif ini merupakan jenis malware mata-mata, maka tentu saja akan membahayakan data serta privacy yang tersimpan pada perangkat anda. Malware ini akan mengumpulkan informasi seperti nama komputer, daftar aplikasi yang terinstall, daftar aplikasi yang sedang berjalan, alamat MAC, alamat IP dan informasi lainnya.

 

Peneliti di Talos kemudian mengatakan bahwa malware ini hanya bekerja pada Windows yang menggunakan arsitektur 32 Bit. Malware ini juga bisa membuat user logout secara paksa dari komputer jika sebelumnya tidak login sebagai Administrator.

Cara mengatasi Malware pada CCleaner

Bagi anda para pengguna CCleaner, maka anda tidak perlu terlalu panik dengan adanya pemberitaan ini. Pasalnya, anda bisa melakukan tindakan agar perangkat yang digunakan bisa segera terbebas dari Malware yang menginfeksi CCleaner ini.

 

Menindak lanjuti permasalahan yang menimpa produk mereka, maka pihak perusahaan Piriform yang merupakan pengembang aplikasi CCleaner telah melakukan perbaikan baik pada CCleaner versi online maupun versi offline. Perbaikan tersebut telah dikemas dalam sebuah produk CCleaner versi terbaru. Jadi agar bisa terhindar dari malware ini, anda tidak harus berhenti menggunakan software CCleaner atau melakukan uninstall pada software tersebut, yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan update ke CCleaner versi terbaru.

 

Agar bisa terhindar dari malware yang menginfeksi CCleaner, maka anda harus segera melakukan update ke versi yang lebih tinggi yaitu versi 5.34 atau setelahnya. Untuk melakukan update tersebut caranya sangat mudah, cukup dengan mendownload CCleaner versi terbaru disini kemudian menginstallnya pada perangkat anda.

 

Setelah anda melakukan pembaharuan terhadapa software CCleaner yang terinstall pada perangkat anda, maka tidak perlu lagi khawatir akan ancaman malware yang telah menginfeksi software CCleaner. Dengan demikian, anda bisa kembali menggunakan software CCleaner dengan baik agar PC/laptop yang digunakan bisa tetap dalam kondisi terbaik.

 

Itulah informasi terkaitĀ CCleaner yang disusupi malware dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi, selama anda selalu melakukan tindakan antisipasi dan pencegahan, maka bisa dipastikan bahwa perangkat anda akan selalu dalam kondisi baik-baik saja.
Baca juga  5 Cara Membuat Password yang Bisa Kelabui Hacker dan Komputer

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate Ā»