Google Meluncurkan Google Play Protect, Apa itu?

Google Meluncurkan Google Play Protect, Apa itu? 1

Google memang tidak henti-hentinya membuat publik khusunya para pengguna Android terkesima dengan setiap produk atau layanan baru yang dihadirkan. Beberapa waktu yang lalu Google secara resmi meluncurkan sebuah layanan atau fitur baru yang bernama Google Play Protect. Sepintas jika mendengar namanya anda akan berfikir bahwa layanan ini untuk melindungi data atau semacamnya, intinya untuk keamanan. Tapi apakah benar seperti itu? apa itu sebenarnya Google Play Protect?

Contents

Apa itu Google Play Protect?

Bagi anda pengguna Android maka secara otomatis pada Smartphone kesayangan anda akan terpasang Google Play Protect saat melakukan Update. Mungkin anda masih bingung dan tidak tahu pasti fungsi dari layanan ini. Google Play Protect adalah sebuah fitur atau layanan keamanan baru untuk perangkat Android yang anda gunakan. Fitur ini berfungsi untuk melindungi perangkat Android anda dari aplikasi yang kemungkinan berpotensi menimbulkan bahaya (malware).

 

Google Play Protect akan memberikan peringatan jika menemukan aplikasi yang berpotensi bahaya dan menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari perangkat Android anda secara otomatis bila diperlukan. Dengan adanya fitur ini maka Ponsel Android kesayangan anda akan terhindar dari aplikasi yang bisa mengancam keamanan data serta privacy anda.

Cara kerja Google Play Protect

Jika anda mengaktifkan fitur Google Play Protect, maka secara otomatis layanan ini akan memeriksa aplikasi saat didownload. Fitur Google Play Protect ini akan memeriksa aplikasi secara berkala. Jika menemukan aplikasi yang berpotensi bahaya, Google Play Protect akan menghentikan aplikasi tersebut agar tidak dijalankan.

Google Meluncurkan Google Play Protect, Apa itu? 2

 

Selain tindakan tersebut, tindakan lain yang akan dilakukan oleh Google Play Protect jika menemukan aplikasi yang berpotensi bahaya adalah:

  • Memberikan peringatan kepada anda. Jika terdapat aplikasi yang terdeteksi sebagai bahaya bagi perangkat Android anda maka anda akan diberikan pemberitahuan sekaligus peringatan agar menghapus aplikasi tersebut.
  • Menghapus aplikasi secara otomatis. Dalam beberapa kasus, jika terdapat aplikasi yang berpotensi bahaya (malware) maka anda tidak akan mendapatakan notifikasi untuk menghapus aplikasi tersebut melainkan fitur ini akan memberikan anda pemberitahuan bahwa Aplikasi berbahaya tersebut telah dihapus secara otomatis.
Baca juga  Apa itu Teknologi Solid State Drive (SSD)?

 

Itulah ulasan terkait apa itu Google Play Protect dan bagaimana cara kerjanya. tentu saja kehadiran fitur ini dimaksudkan untuk memberikan keamanan lebih pada Smartphone Android anda.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป