5 Cara Membuat Password yang Bisa Kelabui Hacker dan Komputer

Sebuah Password adalah salah satu hal yang paling penting dan yang harus selalu kamu jaga, karena semua akun yang ada di internet dan komputer pastinya memiliki Password. Guna password sendiri adalah untuk mengamankan akun yang kamu miliki, agar tidak bisa digunakan orang lain.
Tetapi bagaimana jika password yang kamu buat terlalu mudah?
Hal ini tentu saja akan berdampak buruk pada akun tersebut, karena para Hacker dan Komputer bisa dengan mudah mendapatkan password yang kamu gunakan.
Karena itulah, dalam hal membuat password kamu harus menggunakan kata-kata yang cukup rumit, bahkan menggunakan simbol.
Agar password tersebut semakin aman dan tidak bisa dibobol oleh para Hacker.
Berikut ini saya ada tips untuk sobat yang ingin membuat password susah yang bisa mengelabuhi para hacker, dan juga program komputer yang bisa melacak password.
Silahkan baca hingga akhir.
 

Cara Membuat Password yang Menipu Kelabui Hacker dan Komputer

1.Buat Password yang Panjang



Tahukah kamu bahwa seorang Hacker memiliki sebuah program internet yang dapat melacak password seseorang dengan mudah?

Terutama jika password tersebut sangat pendek dan terlalu biasa, maka ia akan cepat menemukan password tersebut.
Karena itulah, sangat disarankan membuat password yang agak panjang, tetapi jangan terlalu ribet. Misalnya seperti “aku ingin pindah ke meikarta” dan kata-kata lainnya yang cukup panjang tapi mudah untuk kamu ingat.
Agar lebih aman tambahkan juga huruf besar dalam password dan beberapa angka.

2. Uji Password

 
 
Nah, setelah kamu berhasil membuat password yang kamu kira cukup panjang dan juga tidak mudah untuk ditebak orang lain, kini saatnya kamu menguji tingkat keamanan password tersebut.
Kamu bisa menggunakan situs seperti howsecureismypassword.netuntuk mengetahui seberapa aman password yang telah kamu buat tersebut.
Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke situs tersebut, lalu pada kolom pengujian password, silahkan masukkan password kamu.
Maka lihatlah, situs tersebut akan mengukur keamanan password kamu dengan cara menujukkan seberapa lama password kamu bisa diretas.
Jadi semakin lama password kamu untuk bisa diretas, maka semakin kuat pula password tersebut.

3. Gunakan Aplikasi

 
 
Untuk kamu yang tidak suka ribet-ribet buat dapetin password yang sudah, maka kamu bisa mendapatkannya secara instan dengan aplikasi pemberi password.
Misalnya saja seperti aplikasi 1Password, yang bisa membuat password dan mengingat password tersebut, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kelupaan password.
Aplikasi ini pun juga bisa menguji seberapa aman password kamu.
Aplikasi lainnya yang bisa kamu coba adalah KeePassdan LastPass.

4. Jangan Simpan Password di Browser

Browser yang terkenal seperti Safari, Mozilla, Chrome bisa saja menjadi celah bagi para Hacker untuk meretas dan mendapatkan seluruh password penggunanya yang telah menyimpan password di browser tersebut.
Karena password di browser Opera sendiri sudah pernah diretas tahun lalu.
Cara para peretas dalam mencuri password pun sangat licik, mereka hanya perlu berpura-pura menjadi pihak Google, lalu meminta kita untuk memasukkan password.
Apalagi jika memakai komputer bersama seperti Warnet, maka jangan pernah menyimpan password di komputer tersebut.

5. Gunakan Two-Factor Authentication

Dan yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan fitur Two-Factor Authentication untuk bisa membuat akun tersebut semakin aman jika suatu saat password kamu diretas.
Itulah Cara membuat password yang bisa menipu hacker dan komputer. Google pun telah menganjurkan untuk mengaktifkan fitur ini, agar lapisan keamanan bisa semakin tebal.

 

Dan jangan lupa juga untuk memverifikasi nomor hp atau email kamu, agar jika suatu saat lupa password, maka bisa meminta ulang dengan mengirim kode melalui sms atau email.
Baca juga  Fitur baru Bash Linux (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 Creators Update

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »