Cara mengembalikan file yang tiba-tiba hilang di android

Cara mengembalikan file yang tiba-tiba hilang di android
Kenapa file di Kartu Memori kok tiba-tiba hilang? Mungkin masalah tersebut sedang menimpa anda karena tiba-tiba koleksi photo, musik dan video tiba-tiba hilang dari kartu memori, padahal anda tidak merasa menghapusnya. Tentu itu sangat membingungkan, Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan file yang hilang dari kartu memori hp android tersebut?
file yang tiba-tiba hilang

Beberapa hal yang bisa menyebabkan file tidak tampak atau hilang tiba-tiba dari kartu memori antara lain:

  • Jika file tersebut berupa photo atau gambar maka kemungkinan file tersebut tertutupi oleh file berextensi “.nomedia”
  • Sama halnya dengan file yang berupa gambar maka untuk file vidio yang tidak terlihat digaleri atau kartu memory biasanya juga tertutupi oleh file yang berextensi “.nomedia”
  • File tersebut sengaja di”hiden” atau disembunyikan namun anda lupa

Dan beberapa faktor lain juga bisa membuat memori tiba-tiba kosong maupun file tidak tampak digaleri, misalnya terkena virus. Namun tiga poin diatas adalah yang paling dominan terjadi pada kasus sd card atau kartu memori tiba-tiba kosong.

Untuk dapat mengembalikan data berupa koleksi photo, musik dan video yang hilang di memory card android tersebut maka anda bisa mencoba beberapa solusi dibawah ini:

Bagaimana cara untuk mengembalikan file yang hilang.

1. Gunakan Rescan Media.

Rescan Media adalah sebuah aplikasi Khusus android yang berfungsi untuk mencari dan mendata ulang file-file yang terdapat pada kartu memory/ SD card, Cara menggunakan Rescan Media ini juga sangat mudah.

  • Download Rescan Media di google play store, lalu install sampai selesai.
  • Setelah terinstall maka anda tinggal menjalankannya dan biarkan aplikasi Rescan Media ini menyelesaikan tugasnya.
  • Setelah selesai, diamkan beberapa menit sebelum anda melihat kembali apakah file yang tiba-tiba hilang tadi sudah kemali.

Cara ini terbukti sukses dalam menangani permasalahan mengembalikan file yang tiba tiba hilang di memory card android.

2. Rescan Media (ROOT)

Aplikasi ini sebenarnya sama dengan Rescan Media biasa, cuma bedanya kalo Rescan Media (ROOT) telah ditambahak beberapa fitur yang lebih komplek/lengkap di bandingkan Rescan Media biasa. Namun untuk bisa menggunakan Rescan Media (ROOT) ini android anda telah mengalami proses ROOT.

Untuk cara penggunaannya sama antara aplikasi yang pertama dan yang kedua ini, bedanya yang kedua ini bisa lebih detail ketimbang yang pertama.

3. Gunakan explorer/ file manager

Aplikasi explorer ini merupakan aplikasi yang akan menampilkan file-file yang tersimpan di dalam memori external maupun di di SC card/kartu memori secara detail dan untuk beberapa pengguna hanphone aplikasi ini sudah biasa digunakan.

Anda bisa mendownload explorer ini di playstore secara gratis, dan cara Menggunakan explorer untuk mengembalikan file yang hilang atau tidak tampak digaleri adalah sebagai berikut:

  • Download Aplikasi explorer di google play store dan install explorer (jika belum punya)
  • Kemudian coba cari file yang biasanya anda gunakan untuk menyimpan gambar/video.
  • Coba cari file yang berekstensi “.nomedia” (tanpa tanda kutip)
    Jika sudah ketemu langsung hapus saja file tersebut.
  • Cari terus hingga tidak ada lagi file yang berekstensi “.nomedia”
    Setelah dirasa tidak adalagi extensi tersebut maka langkah terakhir adalah merestrat hanphone atau Reboot HH.

4. Gunakan StudioKUMA

StudioKUMA merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari file berekstensi “.nomedia” yang seringkali membuat file koleksi anda yang berupa video, lagu atau bahkan foto tidak tampak di galeri terutama yang tersimpan di SD card atau kartu memori.

StudioKUMA akan bekerja dengan baik untuk memindai file “.nomedia” kecuali untuk android 4.2 (Android Jelly Bean) Tidak akan bekerja/berfungsi dan untuk Android 3.2 (Khusus vendor samsung) tidak bisa menjangkau SD card.

Cara menggunakan StudioKUMA cukup mudah, anda tinggal menjalankan aplikasi tersebut dan mengembalikan data yang hilang di memory card android karena disebabkan “.nomedia”

#Penutup

Nah, Demikanlah cara mengembalikan data yang hilang di memory card android dengan mudah. ingat file yang hilang tersebut bukan karena dihapus, karena cara mengembalikan data yang hilang di memory card android ini hanya untuk file yang tiba-tiba hilang atau tidak tampak saja.

Baca juga:
5 Fitur Rahasia Android Semua Versi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป