Cara membedakan kartu memori asli dan palsu

Cara membedakan kartu memori asli dan palsu – Bagaimana cara membedakan kartu memori yang asli dengan yang palsu? memang tidak bisa dipungkiri perbedaan barang asli dan barang palsu saat ini sekilas akan sangat sulit sekali, terutama untuk barang sekecil kartu memori atau memori SD yang akan kita beli.
Kartu memori asli dan palsu

Fungsi Kartu Memori

Fungsi dari kartu memori adalah untuk menyimpan file seperti lagu, film dan sebagainya, agar nantinya mempermudah untuk memutarnya tanpa harus terkoneksi dengan internet lagi seperti halnya ketika mendengarkan musik di youtube atau menonton film di youtube. Apalagi jika memori internal hp memiliki kapasitas yang kecil, tentu fungsi dari kartu memori sangat penting sekali untuk menyimpan kumpulan file tersebut agar tidak memakan ruang dari memory internal.

Nah, sebelum anda tertipu dengan membeli kartu memori palsu berikut kami bagikan cara membedakan kartu memori yang asli dan yang palsu sebagai bekal pengetahuan anda ketika akan membeli kartu memori atau memory SD dimana pun.

Bagaimana cara membedakan kartu memori yang asli dan palsu.

1. Cek harga

Barang palsu sangat identik dengan harga murah, meskipun barang murah tidak selalu akan mendapatkan barang palsu. demikian juga dengan kartu memori palsu biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kartu memori asli.

2. Bentuk fisik

Mungkin sekilas kartu memori palsu dengan kartu memori asli tidak ada perbedaannya, namun kartu memori yang asli memiliki bentuk yang lebih kokoh dan ditunjang dengan tanda pengenal yang lebih jelas entah itu logo yang tercetak pada body kartu memori asli atau tulisan timbul yang rapi dan bahkan stiker hologram yang lebih rapi.

Sedangkan kartu memori palsu biasanya tampilannya lebih rapuh jika anda benar-benar memperhatikan karena memang terbuat dari bahan yang lebih murah dibandingkan dengan kartu memori asli, serta logo yang disertakan seolah apa adanya dan bahkan cuma ditandai dengan sebuah stiker yang desain dan warna tidak rapi.

3. Kemasan

Kartu memori palsu biasanya dikemas mirip sekali dengan kartu memori asli, Namun jika anda cermati dengan seksama kemasan kartu memori palsu tidaklah serapi kemasan kartu memori asli yang memang telah dikemas secara profesional sesuai standart pasar.

4. Kapasitas penyimpanan.

Kartu memori yang palsu biasanya memiliki daya tampung yang tidak sesuai dengan apa yang dilampirkan pada kemasan kartu memori, misalnya di kemasan tertera kapasitas penyimpanan file sebesar 2GB ternyata setelah dipake kapasitas penyimpanannya cuma 1.5GB.

5. Daya tahan

Kartu memori palsu mayoritas sangat mudah rusak ketika digunakan beberapa bulan, sedangkan kartu memori yang asli lebih tahan lama.

6. Gunakan aplikasi.

Jika anda sudah terlanjur membeli kartu memori namun ingin sekali mengetahui apakah kartu memori tersebut asli atau palsu? maka anda bisa memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama SD Insight, aplikasi ini bisa anda donwload di google play store.

Cara menggunakan aplikasi SD Insight ini sangat mudah sekali, setelah anda download filenya makan anda instal di hp android yang anda miliki. Setelah itu coba cek kartu memori yang ada di hp android anda, Maka disana akan di tampilkan hasil dari scanner memori yang ada di android tersebut.

Penutup

Nah, demikianlah sedikit ulasan tentang bagaimana cara membedakan kartu memori palsu dan kartu memori asli yang bisa dijadikan patokan ketika akan membeli kartu memori untuk android anda, Apalagi saat ini banyak sekali ditawarkan memori dengan harga baru sangat murah meriah dengan kapasitas yang sangat besar. agar tidak tertipu maka cobalah melihat dengan teliti sebelum membelinya, terima kasih.

Baca juga:
5 perbedaan android oreo vs nougat
Apa perbedaan antara Update dan Upgrade?
Perbedaan antara Google Maps dan Google Earth

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป