Cara mengatasi laptop freeze

Cara mengatasi laptop freeze – Kondisi sebuah laptop yang tidak sempurna terkadang membuat kita jenuh, sebenarnya kondisi ini di pengaruhi dua faktor yang pertama ialah faktor Hardware dan faktor Software. Apabila sering kali mengalami Freeze yang dimana ketika sebuah program tidak merespon dan tidak bisa digerakan sedikitpun biasanya mengalami stop working atau not responding.
laptop freeze

Faktor penyebab laptop freeze

Biasanya juga terjadi crash yang di pengaruhi oleh sebuah software yang kurang prima ataupun kondisi hardware yang kurang stabil seperti kepanasan, overclock dan lain sebagainya. Tidak stabil inilah dalam setiap program mengalami dua faktor seperti yang kami sebutkan di atas, sering crash, not responding terkadang harus restart juga sepertinya masalah ini sangat mengganggu.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara untuk mengurangi sebuah laprop yang freeze agar bisa normal kembali seperti sedia kala, berikut langkah cara mengatasi laptop freeze.

Langkah cara mengatasi laptop freeze

1. Cara mengatasi laptop freeze dengan uninstall aplikasi yang tidak dipergunakan

Terkadang pengguna laptop yang suka download lagu, aplikasi dan sebagainya tidak mengerti ketika mereka sedang download sebuah aplikasi yang secara sengaja di berikan dari situs referral, file aplikasi ini juga mengandung malware, virus maupun trojan fungsinya apa lagi kalau bukan merusak atau mencuri data laptop kita.

Apabila terdapat aplikasi yang sangat tidak jelas yang tidak pernah dipergunakan lebih baik aplikasi tersebut di uninstall atau hapus, dengan cara klik menu START kemudian klik CONTROL PANEL setelah itu pada bagian Program pilih Uninstall a program lalu cari aplikasi yang tidak pernah dipakai kemudian setelah ketemu klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Uninstall atau Change.

2. Cara mengatasi laptop freeze dengan hapus aplikasi yang tidak perlu

Setelah hapus aplikasi tidakpernah dipergunakan kemudian kita hapus juga menu installer, installer ini biasanya terdownload secara tidak sengaja dan berada pada folder Download, hapus juga folder kosong atau file yang tidak di perlukan lagi, jika memang file sudah benar tidak di perlukan setelah di hapus kemudian kosongkan recycle bin.
Baca juga: cara mudah memaksimalkan daya tahan battery pada windows 10

3. Cara mengatasi laptop freeze dengan bersihkan cache
Dalam membersihkan cache bukan sekedar untuk browser saja tetapi Operasi Sistem yang dipakai meninggalkan sisa cache dari aplikasi yang pernah dibuka, untuk dapat menghapusnya silahkan download aplikasi pembersih seperti CCleaner.

4. Cara mengatasi laptop freeze dengan Instal Antivirus.
Silahkan install antivirus seperti Eset Nod 32, Kaspersky dan Microsoft Windows Defender. Apabila sudah melakukan langkah tersebut ternyata hasilnya kurang memuaskan sebelum masuk cara terakhir coba cek komputer kalian overheat.

5. Cara mengatasi laptop freeze dengan Instal ulang Operating System
Langkah terakhir yang bisa dipergunakan adalah dengan mencoba install ulang Windows sendiri dengan mempergunakan CD Instaler apabila kurang paham bisa memangggil jasa perbaikan komputer atau tukang service komputer.

6. Cara mengatasi laptop freeze dengan membersihkan hardware
Pada bagian ini dimana dengan membersihkan hardware agar kinerja pada laptop akan normal kembali seperti pada waktu pertama kali membelinya. Ibaratkan sebuah mesin motor bila tidak di bersihkan maka akan terasa berat, sama hal nya dengan membersihkan hardware pada perangkan laptop atau komputer agar kinerja nya semakin baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara mengatasi laptop freeze semoga bermanfaat untuk Anda jangan lupa silahkan tinggalkan komentar sekian dan terima kasih.

Baca juga: Google Meluncurkan Google Play Protect, Apa itu?

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป