Cara mengatasi smartphone android lag

Cara mengatasi smartphone android lag – Smartphone android yang lag ataupun sering macet disaat menjalankan aplikasi maupun game tertentu. Membuat pengguna android menjadi sedikit jenuh, kami disini akan berbagi solusi tips seputar cara mengatasi smartphone android yang lag secara tiba-tiba.
Smartphobne Andorid lag

Faktor penyebab smartphone android lag atau macet.

Penyebab dari smartphone android yang, salah satunya yang sering terjadi ialah ketika RAM penuh. Karena sering kali secara bersamaan smartphone android membuka aplikasi yang banyak seperti aplikasi BBM, aplikasi Line, aplikasi WhatsApp, Facebook, Instagram, serta UC Browser. berikut kami jelaskan beberapa faktor penyebab smartphone android bisa lag ataupun macet saat menjalankan aplikasi.

  • Banyak menggunakan aplikasi yang berjalan di smartphone android sehingga penggunaannya menjadi macet.
  • Banyak install aplikasi pada android sehingga ram tidak memiliki kapasitas yang besar dan mengakibatkan smartphone jadi lag.
  • Terjadinya penumpukan cache browser yang berlebihan.
  • Memori RAM smartphone android melebihi kapasitas atau penuh.
  • Wallpaper, animasi serta tema yang berlebihan ukuran gambarnya.
  • Root yang tidak sempurna di smartphone android.
  • Terdapat virus didalam smartphone dan menyerang operasi sistem android.

Baca juga: Cara Flash Smartphone OS Android Menggunakan SP Flash

Bagaimana cara mengatasi smartphone android lag atau macet.

1. Bersihkan cache smartphone android.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus cache pada smartphone android. Cara menghapusnya bisa mengunakan Aplikasi Clean Master atau CCleaner, dengan menjalankan aplikasi tersebut secara otomatis semua proses pembersihan akan berjalan. Silahkan hapus juga history aplikasi browser yang sudah dipergunakan.

2. Hapus aplikasi dan game pada perangkat smartphone Android.

Aplikasi serta game yang sudah tidak pernah dipergunakan lebih baik dihapus saja atau uninstall aplikasi tersebut. Agar memori internal dan eksternal smartphone android memiliki banyak ruang yang kosong. Cara menghapus aplikasi di smartphone android yaitu silahkan menuju pengaturan, kemudian masuk ke folder aplikasi didalam pengaturan smartphone, pilih aplikasi yang ingin dihapus, copot pemasangannya untuk dapat menghasup aplikasi tersebut.

3. Menggunakan wallpaper yang ringan pada smartphone android.

Ketika menggunakan tema untuk smartphone android, gunakan wallpaper yang ringan. Apabila smartphone android mempunyai kapasitas RAM 1gb tidak akan mengalami masalah lag, tetapi bila dibawah kapasitas 1gb tersebut nanti akan mengalami lag atau macet. Saran kami lebih baik tidak memakai tema yang berat yang akan membuat smartphone bekerja dengan lemot.

4. Install anti virus di smartphone android.

Dengan menggunakan anti virus yang bagus untuk mewaspadai ketika virus akan menyerang sistem operasi android. Dan ini mencegah virus yang masuk ke sistem dan aplikasi sehingga membuat android terasa lag dan berat sehingga akan macet. Beberapa macam anti virus untuk smartphone android yang baik antara lain ialah Avast Mobile Security, Avg Antivirus Security, CM Security, seyrta Kapersky Internet Security.

Baca juga: Cara Menjadikan HP Sebagai Modem

5. Menggunakan aplikasi seeder di smartphone android.

Perangkat aplikasi seeder tentu dapat mengoptimalkan smartphone android supaya bisa bekerja lebih maksimal. Download aplikasi Seeder, dan pasang pada smartphone android. Agar dapat menggunakan aplikasi ini silahkan hidupkan tombol mati menjadi nyala (On). Kemudian di bagian Light, ubah menjadi Aggressive. Cara tersebut hanya bisa digunakan pada smartphone android yang telah Root.

6. Update smartphone os android.

Ketika sistem operasi android terjadi keasalahan (error) atau terdapat banyak kerusakan sebaiknya melakukan update os android. Bertujuan agar kesalahan tersebut bisa diatasi. Kelebihan daru update os android ini tentunya akan ada fitur terbaru pada smartphone android.

7. Factory reset di smartphone android.

Ketika semua cara tidak bisa dilakukan, bisa melalui (Factory Reset) dengan mengembalikan smartphone android kedalam kondisi semula. Sebelum melakukannya lebih baik backup semua data pada perangkat komputer ataupun kartu memori yang di pergunakan supaya nanti semua file yang tidak ikut terhapus. Cara melakukan factory reset silahkan menuju menu pengaturan smartphone, kemudian buat cadangan dan setel ulang, selanjutnya kembalikan ke setelan pabrik, langkah terakhir silahkan setel ulang telepon anda.

Penutup

Demikian cara mengatasi smartphone android lag, yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bila ada pertanyaan silahkan isi form komentar yang sudah tersedia sekian dan terima kasih.

Baca juga:Google Meluncurkan Google Play Protect, Apa itu?

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป