4 Tips Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer

4 Tips Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer – Kita akan merasa sangat panik apabila data terhapus di Komputer atau Laptop, bagaimana pun itu. Kepanikan ini semakin memuncak jika ternyata data tersebut adalah data yang sangat penting. Awalnya kita santai saja sebelum kita menyadari bahwa file tersebut sudah tidak ada di Komputer. Ketika kita sadar bahwa file tersebut tidak ada dalam komputer kita begitu panik.
Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer

Jangan berprasangka buruk dulu bahwa data tersebut sudah benar-benar hilang dan beranggapan bahwa tidak mungkin dikembalikan lagi. Mungkin tips di bawah ini dapat membantu anda agar mengembalikan data yang sudah terhapus.

Berikut 4 tips Mengembalikan Data Terhapus di Komputer atau Laptop

4 tips dibawah ini sebagai solusi dalam mengembalikan file terhapus di Komputer atau Laptop, yakni :

1. Periksa Recycle Bin Komputer atau Laptop

Semua komputer atau laptop yang menggunakan Operasi Sistem Windows secara default sudah terpasang Recycle Bin. Fungsi dari Recycle Bin ini ialah tempat berkumpulnya file-file yang sudah kita hapus, dengan kata lain Recycle Bin ini adalah bagaikan tempat sampah dalam Komputer atau Laptop.

Berhubung cara kerja penghapusan data di komputer setelah kita menghapus file maka akan dipindahkan kedalam folder Recycle Bin. Fungsi Recycle Bin untuk memeriksa data yang terhapus tersebut.

Apabila Anda mengecek Recyle Bin dan data tersebut ada, Anda tinggil klik kanan pada data yang ingin diselamatkan lalu klik pilih Restore. Maka data yang terhapus akan pindah ketempat semula dan Anda sudah bisa menggunakan lagi data itu.

2. Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Versions

Coba Anda buka Folder yang awalnya tempat data tersebut berada. Lalu klik kanan di Folder tersebut dan klik pilih Restore previous versions. Mengikuti langkah ini bisa memungkinkan kita untuk mengembalikan data yang sudah terlanjur terhapus.

3. Memeriksa File Didalam Data Backup File

Apakah Anda sebelumnya pernah melakukan backup data kedalam media cadangan eksternal seperti Harddisk, Flashdisk, CD/DVD, dan sebagainya? Kemungkinan data yang terhapus di Komputer atau Laptop dapat ditemukan di dalam eksternal data. Bila pernah silakan Anda cek seluruh media eksternal tersebut.

4. Manfaatkan Software Khusus Yang Mempunyai Fungsi Sebagai Recovery File

Apabila semua cara sudah dilakukan tapi tidak berhasil juga, maka silakan Anda lakukan langkah terakhir ini, yaitu menggunakan software. Ada banyak varian software yang dapat kita nikmati secara gratis. Bahkan ada software portable, artinya kita menggunakan software tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu di Komputer atau Laptop.

Anda bisa menggunakan software Recuva untuk mengembalikan data yang hilang. Kita bisa dengan bebas menggunakan software ini yang kita simpan di Flashdisk tanpa harus menginstalnya. Recuva berfungsi merecovery data lama yang secara tidak sengaja Anda hapus, telah support NTFS5, NTFS, exFat, FAT12, FAT16, FAT32, NTFS + EFS File Systems.Interfacenya juga lumayan sederhana.

Lalu, Anda juga bisa menggunakan software Undelete 360. Software Undelete 360 bisa kita nikmati secara gratis dan mudah dalam mengoperasikannya. Solusi lain Anda bisa menggunakan software MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

#Penutup

Tapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua software data recovery memulihkan data yang telah terhapus secara 100%.

Demikian penjelasan tentang 4 tips mengembalikan data yang terhapus dari komputer/laptop. Semoga tips kali ini bisa menyelematkan file-file penting Anda yang sebelumnya terhapus.

Baca juga:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป