Cara Editing Video Pada Smartphone Android

Cara Editing Video Pada Smartphone Android – Kembali lagi kita akan membahas bagaimana cara editing video pada smartphone android sobat semua. Karena sekarang ini sudah bukan hal yang tidak biasa lagi bagi pencinta smartphone android untuk bisa mengabadikan momen-momen seru yang pernah kita alami, misalkan seperti reuni, pernikahan, juga mungkin tamasya.
Cara Editing Video Pada Smartphone Android

Bahkan sekarang ini ada satu kegiatan yang sudah mulai ramai oleh pengguna media sosial dari kalangan muda yang mengabadikan momen-momen serunya (yang kadang juga tidak seru sih) diabadikan dalam bentuk Vlog (video blog)

Nah, oleh sebab itu saya disini akan berbagi Cara Editing Video Pada Smartphone Android, mengapa dengan android, kenapa tidak menggunakan kamera profesional atau mungkin handycam?
Ya, karena dengan smartphone android justru lebih simple, alasannya dapat dibawa kemana mana tanpa harus menyiapkan peralatan khusus lainnya juga memang selalu ada di saku celana kita.

Tetapi tentunya kita juga menginginkan hasil yang maksimal dong dari proses pengambilan videonya (shooting), maksud saya dalam hal kualitas gambar yang bagus loh. Ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan untuk dapat mengambil/merekam (shooting) gambar.

Cara Edit Video Di HP Android

1. Lensa kamera smartphone android.

Sudah pasti ini menjadi hal yang paling utama ya, karena kita pastinya tidak ingin kualitas video kita pecah-pecah serta tidak jelas (karena fokus yang tidak bagus) biasanya diatas 6 Mega pixel itu sudah bagus.

2. Kapasitas memory yang besar.

Hal ini sangat penting juga agar proses pengambilan video (shooting) tidak tersendat-sendat atau macet bahkan membuat smartphone android kita restart karena terlalu berat.

3. Audio yang bagus.

Karena kita fokus pada pengambilan video (shooting) maka kita juga harus memperhatikan kualitas audio yang bagus agar apa yang kita rekam terdengar degan jelas.

4. Teknik pengambilan gambar video.

Saat kita mulai mengambil setiap adegan yang kita inginkan, cobalah untuk melakukannya secara stabil (pergerakannya harus tidak terburu-buru) maka kita akan mendapatkan kualitas gambar yang baik, tidak hanya gambar sekelebatan dari sebuah objek dalam adegan yang kita inginkan.

Ok, 4 hal dasar diatas adalah hal penting yang harus benar2 diperhatikan saat pengambilan video (shooting). Setelah itu semua terpenuhi atau kita miliki barulah kita mulai proses pengambilan gambar video melalui smartphone android kita.

Setelah pengambilan gambar sudah selesai kita masuk dalam tahapan editing video. Dalam hal ini saya juga akan membagikan beberapa teknik editing video agar menjadi video yang bagus.

Ada beberapa hal sebagai tambahan, yang dian taranya adalah:

1. Gunakan aplikasi video editor yang bagus, saran saya gunakanlah aplikasi yang sistem navigasi editingnya banyak pilihannya seperti:
Bisa menambahkan banyak video ataupun gambar sebagai tambahan dalam video kita.

  • Bisa menambahkan kata-kata dalam bentuk kalimat
  • Bisa menambahkan efek transisi dari video 1 dengan video lainnya
  • Bisa memberikan/menambahkan suara baik itu suara lewat perekaman langsung pada aplikasi video editor atau penambahan suara dalam bentuk file jadi (seperti backsound ataupun lagu) yang nantinya akan kita jadikan intro/outro dari video kita.

Dan ini semua ada pada aplikasi video editor KINEMASTER yang bisa anda dapatkan di google playstore

2. Gunakan aplikasi compress video.
Aplikasi ini sangat berguna untuk memperkecil ukuran video yang sudah kita edit sedemikian rupa (tentunya dengan hasil yang maksimal bagus)
Hal ini untuk mempermudah kita dalam proses penguploadan di media sosial kita atau di channel youtube yang kita miliki.

Nah sekarang kita tinggal mengedit video yang telah kita buat tetapi masih dalam bentuk pengalan-penggalan video (scene)
Berikut adalah langkah-langkah dalam Cara Editing Video Pada Smartphone Android:

1. Buka aplikasi kinemaster yang sudah disiapkan terlebih dahulu.
2. Klik lambang tambah (+) lalu klik empty project.
Pada bagian dalam ini tetdapat 4 tombol navigasi
– Media browser
Untuk menambahkan:

  • Background sebagai latar.
  • Gambar
  • Video

-. Audio
Panel ini berfungsi untuk menambahkan suara serta efek-efeknya

-. Voice.
Panel ini berfungsi sebagai perekam suara, apabila kita menginginkan bentuk vokal narasi dalam video kita

-. Layer
Panel ini berfungsi untuk menambahkan:

  • Layer gambar pada adegan video yang sudah ditambahkan.
  • Layer efek pada video
  • Layer Overlay pada video
  • Layer Teks sebagai intro, subtitle atau outro

3. Silahkan klik media browser pada bagian panel-panel navigasi, lalu tambahkan foto atau video yang mau kita jadikan video yang full.
4. Lalu tambahkan audio sebagai musik latar untuk video kita
5. Lalu buat lah outro atau adegan akhir dari video kita.

#Peunutup

Setelah semua proses editing selesai silahkan save video yang telah kita buat tadi, jika menurut anda video tersebut terlalu besar ukuran filenya, gunakan video compresor yang telah anda download.

Demikianlah Cara Editing Video Pada Smartphone Android
Semoga video editannya semakin bagus lagi dari sebelumnya ya.

Baca Juga: Cara merekam video call smartphone android

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป