Penjelasan Fungsi Dual OIS di HP Samsung Galaxy Note 8

Penjelasan Fungsi Dual OIS di HP Samsung Galaxy Note 8 – Para pengguna Samsung Galaxy Note 8 pasti tidak heran dengan fitur kameranya yang begitu canggih. Salah satunya telah didukung oleh fitur optical image stabilizer (OIS) di Smartphone Samsung Galaxy Note 8 yang notabennya fitur tersebut terdapat di kamera DSLR ataupun camera mirrorless.
Penjelasan Fungsi Dual OIS di HP Samsung Galaxy Note 8

Fitur OIS berguna untuk mengurangi guncangan yang membuat gambar menjadi buram atau kabur. Lalu apa sih fungsi dari fitur OIS di Galaxy Note 8 tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini?

Pengertian OIS (optical image stabilizer)

OIS adalah singkatan dari Optical Image Stabilization di mana jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah pengstabil gambar optik. Fitur OIS ini juga biasa dikenal dengan istilah IS (image stabilizer) atau OSS (Optical SteadyShot) atau bisa juga AntiShake. Jadi dengan adanya fitur OIS tersebut, maka gambar yang akan dihasilkan dari kamera akan jauh lebih stabil.

Anda pasti pernah memotret dengan hasil foto yang blur karena kamera goyang atau tidak stabil waktu take foto? Apalagi jika saat seseorang mengambil foto dengan pencahayaan yang minim atau gelap. Secara otomatis kamera akan menurunkan shutter speed menjadi lebih lambat agar foto dapat terlihat lebih terang.

Fungsi OIS di Samsung Galaxy Note 8

Menjadi sebuah kelebihan yang ada di Samsung Galaxy Note 8 di mana smartphone ini menggunakan fitur OIS. Samsung Galaxy Note 8 sendiri mempunyai dua fitur OIS karena kameranya yang mempunyai dua lensa, yakni wide dengan ukuran 26 milimeter dan telephoto 56 milimeter.

Dengan sangat rumitnya fitur OIS pada sebuah kamera maka bisa dikatakan OIS merupakan fitur yang cukup sulit jika disematkan pada kamera handphone. Karena perusahaan harus membuat sistem motor dan kecepatan geraknya terlebih dahulu sehingga kedepannya bisa menetralkan gerakan atau guncangan-guncangan.

Jadi ketika tangan pengguna bergerak dan bergoyang ke kanan saat sedang memotret maka OIS bisa langsung meresponsnya. OIS akan membuat motor bergerak ke kiri secara otomatis untuk membuat kamera smartphone selalu stabil.

Pada perangkat OIS di Samsung Galaxy Note 8 terdiri dari dua sistem yang terpisah di mana kamera utama dijuluki “Wide“. Tapi kamera di Samsung ini sebenarnya hanyalah sebuah lensa normal sebagaimana pada ponsel-ponsel Samsung lainnya. Sementara itu pada kamera kedua adalah pilihan “Telephoto“.

Dual OIS di Samsung Galaxy Note 8

Telephoto ini menyuguhkan fitur zoom optik 2x lebih lebar dari umumnya. Ya, kedua kamera pada Samsung Galaxy Note 8 ini menggunakan sensor 12 MP dengan teknologi Dual Pixel yang sama yang ditemukan pada Galaxy S8 dan S8 Plus.

Sementara itu Lensa yang ada pada Wide mempunyai aperture f / 1.7. Adapun untuk Telephoto sendiri berjalan dengan f / 2.4 lebih lambat. Sehingga lensa telephoto membutuhkan cahaya yang lebih bila dibandingkan dengan lensa Wide agar bisa mencapai kualitas yang sama.

Fungsi OIS pada Samsung Galaxy Note 8 juga sangat berperan penting dalam hal meng- zoom-in dan zoom-out gambar yang ingin dibidik para pengguna. Bukan itu saja, fitur OIS juga membantu dalam hal perekaman video timelapse, slow motion, serta saat menggunakan kamera dalam mode Telephoto.

#Penutup

Bagi Anda yang hobi bikin video, dengan adanya OIS di smartphone juga akan memudahkan Anda dalam perekaman video. Anda bisa melakukan zoom-in dan zoom-out karena kamera smartphone ini tidak akan mudah goyang. Jelas, dengan disematkannya fitur dual OIS di Samsung Galaxy Note 8 akan memanjakan kamu untuk bisa merekam video yang sangat berkualitas dan stabil hanya dengan handheld.

Demikian artikel kali ini mengenai fitur OIS di Samsung Galaxy Note 8. Semoga wawasan Anda bertambah.

Baca juga:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »