Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik

Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik – Apabila Anda membutuhkan banyak aplikasi untuk dapat dipergunakan setiap hari, dapat melakukannya dengan satu klik agar bisa menggunakan berbagai aplikasi di windows, tentunya dengan tehnik yang akan kami berikan disini. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menjalankan berbagai aplikasi dengan satu klik yang digunakan untuk sistem operasi windows.
Aplikasi Windows

Apa itu Batch File

Batch ialah sebuah script yang terdapat dari Sistem OperasiWindows, Banyak perintah yang akan dieksekusi pada command line. Dalam setiap script sebenarnya bisa diterapkan secara langsung dengan command prompt (CMD) milik Anda di Sistem Operasi Windows. Anda bisa menambahkan beberapa fungsi operasi sistem dalam file ini. Misalnya fungsi looping (FOR), percabangan (IF – ELSE) dan lainnya. Fungsi ini tidak lain adalah agar lebih mudah melakukan suatu pekerjaan yang berulang kali secara otomatis. Contoh misalkan pada saat ingin melakukan cek koneksi internet atau pemanggilan sebuah aplikasi yang sering dipergunakan.

Beberapa macam file batch serta extensinya.

  • File berjenis .bat, dengan eksistensi ini mampu berjalan pada semua versi OS Windows. File tersebut akan langsung dapat dijalankan pada command prompt windows.
  • File berjenis .cmd, sama dengan file jenis .bat. Akan tetapi terdapat perbedaan, untuk beberapa OS Windows versi lama tidak akan bisa melakukan pembacaan pada file ini.
  • File berjenis .btm, file berjenis ini hanya dapat dipergunakan terbatas pada setiap Operasi Sistem Windows.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan pemanggilan beberapa aplikasi melalui batch file. Tentunya akan membuat memepersingkat waktu kinerja Anda dalam satu klik di perangkat komputer yang dipergunakan.

Bagaimana Cara Membuat File Batch.

Yang harus dilakukan pertama adalah membuat batch file terlebih dahulu agar bisa melakukan pemanggilan aplikasi yang akan dipergunakan. Dalam pembuatannya tidak perlu melakukan instalasi aplikasi lain, cukup mempergunakan notepad maupun wordpad yang terdapat pada Operasi Sistem Windows.

@echo off
cd “C:\Program Files\Sublime Text 2”
start sublime_text.exe
cd “C:\Program Files (x86)\Steam”
start Steam.exe
exit

Script tersebut akan dapat melakukan secara otomatis pada aplikasi Steam dan Sublime Text. Bisa juga dengan melakukan secara sendiri yang pada aplikasi lain secara otomatis. Ketika script tersebut sudah ditulis didalam notepad maupun wordpad kemudian simpan dengan format nama.bat.

Pengertian Script Batch

  • (@echo off) – Perintah ini dapat dipergunakan agar tidak dapat menampilkan window command prompt ketika sebuah perintah akan dijalankan.
  • (cd C:\Program Files (x86)\Steam) – Merupakan sebuah perintah yang dapat dilakukan untuk perpindahan direktori. Agar dapat melakukan pemanggilan untuk aplikasi lain, kita harus mengubah file direktori yang akan dinstall pada aplikasi tersebut.
  • (start Steam.exe)Perintah yang satu ini adalah sebuah perintah yang dapat dipergunakan untuk melakukan pemanggilan aplikasi berdasarkan direktori file yang sudah ada dalam perintah sebelumnya.
  • (exit) – Perintah akhir.

Untuk memepergunakan Batch, kita dapat menggantinya dengan ICON yang menarik dan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Pemilihan ICON tersebut bisa menggunakan icon default dari sebuah aplikasi maupun mempergunakan icon lain yang dibuat sendiri. Agar dapat menempatkan aplikasi batch dalam desktop, yang akan membuat shortcut file lebih mudah. Caranya dengan klik kanan kemudian pilih NEW – Shortcut. Berikutnya, klik kanan pada Shortcut. Beberapa pilihan yang sudah ada seperti properties harus di pilih. Yang terdapat dalam windows properties, ubah targetnya pada lokasi dimana ingin menyimpan file.bat.

#Penutup

Agar bisa mengubah ICON tampilan, pilih tombol Change Icon. Silahkan untuk menentukan sesuai dengan keinginan Anda pada operasi sistem tersebut maupun memilih Icon lain didalam perangkat komputer yang dipergunakan.

Demikian pembahasan tentang Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Satu Klik, semorga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca juga:

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »