Pengertian Jenis Dan Kelebihan Virtual LAN

Pengertian Jenis Dan Kelebihan Virtual LAN – Virtual LAN merupakan sebuah model jaringan yang dapat membagikan jaringan secara logikal ke dalam beberapa VLAN yang berbeda. Virtual LAN tidak terbatas pada kondisi fisik jaringan seperti pada LAN, viurtual lan juga dapat di konfigurasi secara virtual tanpa harus melihat kondisi peralatan yang ada. Karena VLAN mempunyai fleksibilitas di dalam pengaturan sebuah jaringan dan memudahkan administrator jaringan dalam membagikan jaringannya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan keamanan jaringan tersebut.
Virtual LAN

Bagaimana Cara kerja Virtual LAN

Virtual LAN dapat disesuaikan dengan metode yang akan digunakan, bisa menggunakan dengan port, MAC Address dan lain sebagainya. Seluruh informasi yang sudah terdapat didalam virtual lan akan tersimpan ke dalam sebuah database, apabila penandaan port tersebut yang akan dipergunakan, tentunya database harus mencari port yang akan dipergunakan oleh Virtual LAN.

Agar dapat mengaturnya maka dapat digunakan switch atau bridge yang bisa di atur. Fungsi dari switch atau bridge untuk menyimpan semua informasi pada sebuah Virtual LAN, dan dapat dipastikan semua switch atau bridge telah mempunyai informasi yang sama. Switch akan menentukan kemana arah data akan diteruskan dan sebagainya. atau dapat juga dipergunakan suatu software pengamatan yang berfungsi mencatat dan menandai suatu Virtual LAN beserta jaringan yang berada didalamnya agar dapat menghubungkan antar Virtual LAN dibutuhkan sebuah router.

Jenis Virtual LAN beserta keuntungannya.

  • Default Virtual LAN adalah virtual lan yang sudah ada waktu pertama kali switch dihidupkan, sebelum di konfigurasikan ke semua port yang ada dalam switch akan tergabung ke dalam default Virtual LAN dan dapat terhubung disetiap port. Pada cisco, default virtual lan adalah Virtual LAN 1.
  • Data Virtual LAN adalah virtual lan yang hanya dapat mengatur trafik sebuah data pada Virtual LAN
  • Native Virtual LAN adalah virtual lan yang dikembalikan ke sebuah port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged.
  • Voice Virtual LAN adalah virtual lan yang mendukung VOIP dan di khususkan untuk komunikasi sebuah data suara pada Virtual LAN
  • Management Virtual LAN adalah virtual lan yang di konfigurasi untuk management switch.

Beberapa keuntungan menggunakan Virtual LAN

  • Virtual LAN dapat meningkatkan keamanan jaringan.
  • Virtual LAN dapat mengurangi trafik data broadcast apabila sebelumnya sudah mempunyai jaringan LAN yang cukup besar serta dapat dibagikan dengan Virtual LAN, trafik broadcast tersebut hanya akan dikirim sesuai dengan setiap Virtual LAN yang ada.
  • Virtual LAN memudahkan dalam pengelolaan jaringan.

#Penutup

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Jenis Dan Kelebihan Virtual LAN yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan dapat membantu Anda yang sedang mencari indormasi tentang Virtual LAN, semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป