4 Penyebab Utama Layar Handphone Menjadi Bergaris

4 Penyebab Utama Layar Handphone Menjadi Bergaris – Masalah yang paling sering dialami oleh para pengguna smartphone yaitu umumnya pada bagian layar. Sebenarnya layar smartphone di jaman sekarang ini merupakan bagian yang rentan mengalami kerusakan.
Penyebab Utama Layar Handphone Menjadi Bergaris

Salah satunya adalah masalah pada layar smartphone yang seringkali terjadi adalah munculnya garis-garis pada layarnya. Banyak sekali penyebab layar smartphone menjadi bergaris. Akan tetapi hal tersebut dikarenakan oleh penggunaan smartphone yang tidak sesuai dengan pemakaiannya.

Pengen tau apa saja yang biasanya menjadi penyebab munculnya layar HP bergaris? Jika Anda ingin mengetahui permasalahan apa saja yang biasanya menyebabkan layar smartphone hingga mengeluarkan garis vertikal maupun horizontal, anda bisa simak lebih lanjut di bawah ini.

Beberapa Penyebab Layar Handphone Menjadi Bergaris

Masalah layar smartphone yang sampai muncul garis vertikal atau horizontal memang bisa dikatakan sebagai suatu masalah yang cukup serius.

Berikut dibawah ini beberapa faktor penyebab layar HP bergaris:

1. Smartphone Terjatuh

Smartphone biasa terjatuh dalam posisi layar terlebih dahulu
Seperti yang sudah diuraikan diatas, layar memang merupakan bagian smartphone yang paling rawan mengalami kerusakan. Benturan berulang kali saja sudah cukup membuat layar sebuah smartphone tidak akan bisa berfungsi seperti biasa atau normal.

Salah satu penyebab layar HP bergaris yang paling utama adalah sering terjatuh, dan saat terjatuh posisinya layar terlebih dahulu. Apabila smartphone Android sering terjatuh secara tidak disengaja dan layar terlebih dahulu yang mengalami benturan, Nah ini menjadi faktor layar smartphone android akan timbul garis.

Itu disebabkan oleh karena adanya beberapa pixel layar yang mengalami kerusakan dan tidak bisa berfungsi secara normal lagi karena sering mengalami benturan tersebut.

2. Bagian layar smartphone sering tertekan

Smartphone yang jarang terjatuh juga bisa saja mengalami kerusakan pada layarnya seperti munculnya garis. Hal tersebut bisa terjadi kemungkinan dikarenakan layar smartphone tersebut sering mendapatkan tekanan.

Hal ini biasa terjadi pada smartphone yang sering dimasukkan di dalam kantong celana ketat maupun di dalam tas yang berisi barang-barang berat.

Sewaktu layar smartphone anda tertekan, akan secara otomatis pixel pada layar smartphone juga berisiko mengalami kerusakan atau timbulnya garis-garis horizontal dan vertical.

3. Konektor layar smartphone mulai longgar

Masalah ketiga munculnya garis di bagian layar smartphone juga bisa disebabkan karena malfungsi pada konektor layar.

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan banyak faktor seperti misal cacat produksi, smartphone terlalu sering dipakai hingga panas berlebihan atau overheat, dan juga sering terjatuh.

Konektor layar smartphone itu sangat rentan mengalami kerusakan karena ketebalannya hampir sama seperti kertas. Wajar saja bahwa konektor layar smartphone sangat rentan mengalami kerusakan.

4. Kerusakan pada GPU smartphone

Faktor penyebab layar ponsel bergaris yang lain ialah disebabkan oleh adanya kerusakan di bagian GPU smartphone android. GPU sendiri merupakan komponen smartphone yang tugasnya mengatur tampilan layar.

Apabila GPU pada smartphone mengalami gangguan, secara otomatis tampilan layar juga akan mengalami masalah seperti contohnya munculnya garis vertikal maupun horizontal pada layar smartphone.

Layar smartphone yang mengalami kerusakan akan cukup sulit untuk diperbaiki. Biasanya jika memang layar sebuah smartphone sudah mengalami masalah, jalan satu-satunya adalah mengganti layar smartphone dengan layar baru. Dengan Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

#Penutup

Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai mengurangi serta menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab layar HP bergaris yang telah dijelaskan di atas sehingga smartphone Anda tidak sampai mengalami masalah pada bagian layarnya. Saran Admni adalah pakailah softcase dan pelindung layar (screenguard) agar lebih meminimalisir terjadinya benturan.

Demikian penjelasan kali ini tentang Penyebab Utama Layar Handphone Menjadi Bergaris. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan Anda.

Baca Juga:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป