Tips Screenshot Di Android, Gampang Dan Cepat

Tips Screenshot Di Android, Gampang Dan Cepat – Tips untuk mengambil screenshot di android sebenarnya banyak sekali, salah satunya diantaranya dengan menggunakan aplikasi screenshot Android, sampai dengan cara yang paling mudah yakni dengan menekan kombinasi tombol pada smartphone itu sendiri.
Tips Screenshot Di Android, Gampang Dan Cepat

Namun, screenshot Android berbeda-beda antara hp satu dan hp lainnya, tergantung dari merk dan modelnya. Misalnya samsung mempunyai cara yang berbeda untuk dapan melakukan screenshot. Berbeda dengan smartphone android lainnya seperti Oppo, maupun buatan China seperti Evercross dll.

Beberapa cara untuk mengambil screenshot:

1. Menggunakan kombinasi tombol

Biasanya sudah hampir semua tipe dan jenis android mendukung cara ini. Untuk mengambil screenshot di beberapa hp Samsung dapat menggunakan kombinasi tombol power+tombol menu. Tekan dan tahan kedua tomol tersebut secara berbarengan hingga keluar suara seperti anda mengambil foto pada kamera.

Apabila diatas untuk hp samsung saja, sekarang kita akan bahas cara untuk screnshoot semua jenis Android. Hmm, Gimana caranya? caranya sangat mudah, masih dalam menggunakan kombinasi tombol. Tetapi tombol yang digunakan berbeda dari yang diatas. Yakni dengan menekan tombol power+volume bawah selama 3 detik hingga keluar suara seperti mengambil foto.

Tetapi jika tidak bisa dengan kedua tombol diatas, anda dapat menggunakan tombol power+volume atas tahan secara bersamaan selama 3 detik hingga keluar suara seperti mengambil foto.

2. Menggunakan Tombol Power

Cara ini sangatlah mudah untuk docoba, beberapa smartphone Android dengan merk tertentu sudah mendukung fitur screenshot ini. Prosesnya hanya dengan menekan tombol power selama kurang lebih 3 detik lalu akan muncul sebuah pop up. Jika mendukung maka akan ada menu yang menyertakan fungsi untuk mengambil screenshot

3. Menggunakan Aplikasi khusus Screenshot

Cara ini untuk yang masih menggunakan hp android dengan OS Android dengan versi 2.3 kebawah. Cara screenshotnya hanya dapat dilakukan dengan mengandalkan aplikasi. Banyak sekali aplikasi yang dapat anda gunakan untuk melakukan screenshot di Android.

4. Memanfaatkan Tombol Sytem UI

Dari beberapa ponsel android khususnya yang memakai OS Android Jelly Bean, Kitkat dan OS android terbaru. Cara screenshot Android dapat dilaukan hanya dengan sekali klik saja, hanya dengan menyapu layar atas saja sehingga muncul tombol-tombol, kemudian anda hanya tinggal mencari tombol screenshot disana lalu menekannya.

Semua aplikasi tersedia di Google Playstore dari mulai gratis hingga berbayar, silahkan anda cari sendiri dengan kata kunci “screenshot”atau “screen capture”.

Salah satu aplikasi screenshot gratisan yang dapat anda coba adalah aplikasi NoRoot Screenshot Lite buatan Mobikasa.

Aplikasi screenshot populer yang lainnya selain NoRoot adalah adalah Screen Capture Shortcut, Screenshot Easy, OK Screenshot atau aplikasi Screenshot UX (untuk hp Android yang telah di root).

Tambahan :

Untuk cara screenshot ini Anda yang menggunakan produk Samsung, tips ini dengan memanfaatkan fitur motion gesture yang disediakan oleh hp Samsung terutama keluaran terbaru. Manakala belum aktif juga, terlebih dahulu lalukan pengaturan untuk menggunakan Screenshot di hp Samsung dengan palm swipe seperti berikut ini:

Masuk ke menu setting atau pengaturan. Kemudian tap menu motion dan pilih “Palm Swipe To Capture”. Aktifkan.

Setelah Palm Swipe sudah aktif, segera lakukan capture atau screenshoot dengan cara menyapu atau mengusap layar smartphone sampai terdengar suara jepretan seperti sedang mengambil foto.

Itulah beberapa Tips Screenshot Di Android, Gampang Dan Cepat. Semoga bisa membantu Anda.

Baca Juga: 5 Smartphone Android Dual Camera Terbaik

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »