Begini Cara Membersihkan Laptop yang Benar!

Apakah secara berjangka Anda sering membersihkan laptop? Laptop yang jarang dibersihkan tentu tidak akan nyaman digunakan lantara debu atau kotoran yang menumpuk. Kotoran atau debu yang menumpuk ini akan menjadi salah satu penyebab laptop cepat panas. Nah, pertanyaannya sekarang. Tahukah Anda bagaimana cara membersihkan laptop yang benar dan mudah? Dalam artikel kali ini penulis akan berbagi informasi seputsr cara membersihkan laptop yang benar dan mudah.

Dalam membersihkan laptop, ada beberapa bagian yabg herus Anda perhatikan. Bagian-bagian tersebut adalah layar lcd, case laptop, keyboard port, touchpad, dan kipas angin. Dengan membersihkan bgaian-bagian ini performa laptop Anda akan menjadi lebih baik. Berikut ini tahap-tahap membersigkan laptop.

cara-merawat-laptop

Persiapan

Sebelum Anda membersihkan laptop, ada baiknya Anda mengecek panduan perawatan laptop terlebih dahulu. Setiap merek laptop tentu memiliki panduan perawatan tersendiri. Jika tidak ada, Anda bisa mencarinya di internet. Setelah Anda membaca bukh panduan, lakukan persiapan, antara lain:

  • Lepaskan laptop dari sumber daya, lalu lepadkan baterainya.
  • Siapkan cauran pembersih laptop, air kompresor kalebgan, kain pembersih yang lembut. Basahi kain dengam cairan pembersih hanya sampai lembab saja.
  • Ingat, jangan menyemprotkan apapun ke bagian laptop. Untuh membersihkan cukup semprotkan cairan ke kain, kemudian lap bagian yang ingin dibersihkan.

Membersihkan Case Laptop

Jika Anda memahami bagaimana cara membuka case laptop, Anda bisa membersihkannya sendiri. Membuka case laptop harusbdilakukan dengan benar dan hati-hati. Jika tidak, Anda bisa merusaknya lantaran dilakukan secara paksa. Berikut ini cara membersihkan case laptop.

  • Gunakan kain biasa yang bersih untuk membersihkan debu yang menempel.
  • Bersihkan case laptop bagian luar engan kain pembersih khusus yang sudah disemprot cairan pembersih.
  • Setelah selesai membersihkan bagian luar, bersihkan bagian dalamnya dengan membuka penutup laptop. Bersihkan juga area keyboard.
Baca juga  Tips mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Yang Hilang Setelah Upgrade Windows 10

Membersihkan Layar

Untuk membersihkan layar lcd, caranya hampir sama dengan membersihkan case laptop. Bedanya Anda harus lebih hati-hati. Pertama, bersihkan LCD dari debu, kemudian bersihkan dengan menggunakan kain pembersih khusus dengan gerakan searah. Lap secara perlahan dan jangan menekan LCD. Jika tidak, Anda bisa membuat LCD pecah.

Membersihkan Touchpad dan Keyboard

Untuk membersihkan touchpad, Anda cukup mengelapnya dengan kain pembersih saja. Sementara untuk keyboard, Anda bisa menggunakan kompresor udara kalengan untuk membersihkan keyboard baik itu dari debu atau partikel kecil yang terselip pada tombol-tombol keyboard. Jika keyboard Anda sangat kotor, Anda bisa melepaskan tombol keyboard satu persatu kemudian mengelap bagian yang kotornya. Tapi, pastikan dulu tombol keyboard Anda bisa dibuka/dilepas.

Membersihkan Kipas dan Port

Sama halnya dengan membersihkan keyboard, membersihkan kipas dan port bisa Anda lakukan debgan kompresor udara kalengan. Semprotkan kompresor udara tersebut pada lubang port dan kipas angin agar debu-debu keluar. Khusus untuk kipas angin, tahan agar kipas tidak berputar saat dibersihkan. Anda bisa melakukannya dengan cotton bud atau tusuk gigi untuk mengganjalnya. Jika tidak, Anda bisa merusak kipas angin tersebut.

Jika hal-hal tersebut sudah dilalukan, tunggulah hingga cairan pembersih yang tadi digunakan untuk membersihlan bagian-bagian laptop mengering. Setelah itu, Anda bisa memasangkan baterai dan mengoperasikan laptop seperti biasa.

Itulah informasi tentang cara membersihkan laptop yang benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป