Ini Cara Upgrade Prosesor Laptop yang Mudah

Pernahkah Anda bertanya, apakah prosesor laptop bisa diupgrade seperti halnya komputer? Jawabannya, tentu saja bisa jika laptop tersebut menggunakan prosesor dengan socket yang kaki-kakinya bisa dibongkar pasang. Untuk laptor dengan prosesor Intel, socket seperti ini biasanya disebut socket PGA. Lantas, bagaimana cara upgrade prosesor laptop? Simak informasinya berikut.

Seperti yang tadi penulis jelaskan bahwa jika prosesor yang digunakan pada laptop Anda bisa dibongkar pasang, kemungkinan besar Anda bisa meng-upgrade prosesor laptop tersebut dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding yang sebelumnya. Berikut ini beberapa cara upgrade prosesor laptop yang bisa Anda lakukan.

Cek Jenis Socket

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek jenis socket prosesor yang digunakan. Pastikan socket prosesor laptop Anda bisa dilepas dan dipasang (misalnya socket PGA pada prosesor Intel). Untuk pengecekan, Anda bisa mengandalkan informasi di google. Carilah informasi tentang spesifikasi laptop Anda. Apakah menggunakan socket yang bisa dilepas atau tidak.

Siapkan Prosesor Pengganti

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan prosesor pengganti yang sesuai dengan jenis socket prosesor yang digantikan. Anda harus hati-hati dalam hal ini, Jangan sampai salah. Untuk menemukan prosesor pengganti yang sesuai, Anda bisa mencarinya baik itu secara offline maupun secara online. Biasanya prosesor laptop yang dijual bukan barang baru karena prosesor laptop ini tidak diperjualbelikan secara umum. Anda bisa mencari prosesor copotan (bekas). Pastikan prosesor yang Anda beli masih dalam kondisi yang bagus dan mulus. Saat ini banyak toko online yang menjual barang bekas komponen komputer atau copotan dari komputer atau laptop.

Baca juga  Cara menginstall Turbo Pascal pada Windows 64 Bit

Update BIOS Laptop

Sebelum meng-upgrade laptop, ada baiknya Anda meng-upgrade BIOS laptop. Hal ini dilakukan untuk menambah kemampuan system pada laptop. Bisa juga sebagai persiapan agar laptop dapat menangani prosesor yang baru dengan baik. Update BIOS laptop ini sifatnya opsional, bisa dilakukan atau tidak juga tidak apa-apa. Memperbarui BIOS laptop ini juga bisa dilakukan sebelum maupun sesudah mengganti prosesor.

Mulai Upgrade Prosesor

Setelah semuanya siap, Anda bisa langsung melakukan upgrade prosesor.  Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka case atau penutuo laptop di bagian belakang. Untuk yang satu ini rasanya bisa Anda lakukan dengan mudah, bukan?
  • Cari pengunci socketnya, kemudian putar pengunci socket ke arah kiri hingga prosesor terangkat.
  • Lepaskan prosesor, kemudian pasangkan prosesor yang baru. Jangan lupa gunakan pasta prosesor (thermal paste). Anda bisa membelinya di toko-toko peralatan komputer.
  • Jika sudah selesai, pasangkan kembali komponen-komponen yang tadi dilepas dan tutup case laptop.
  • Nyalakan laptop dan lihat hasilnya.

Perhatikan Ini!

Pada saat laptop dinyalakan pertama kali setelah penggantian prosesor, terkadang ada  laptop yang hanya akan menyala sebentar (bahkan tidak sampai ke boot windows), kemudian mati lagi. Jika hal ini terjadi pada Anda, tidak usah panic. Ini biasanya terjadi karena adanya penyesuaian hardware pada BIOS. Jika laptop ternyata mati, hidupkan lagi laptop sampai bisa menyala dengan normal. Bukan itu saja, Anda juga harus menunggu beberapa lama sampai windows memang benar-benar mengenali hardware (prosesor) yang baru dengan baik.

Nah, itulah cara upgrade prosesor laptop. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu Anda yang tengah bingung ingin mengganti prosesor laptop dengan prosesor yang lebih tinggi spesifikasinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga  Cara mematikan paksa Update Windows 10 menggunakan Command Prompt (CMD)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »